Hotlin Ompusunggu : Dokter Gigi & Pelestari Hutan

image

Seorang dokter gigi di Indonesia mesti menangani lebih dari 20 ribu warga. Itu kalau manut data 2013. Jika Hotlin Ompusunggu ingin memanfaatkan kondisi demikian, ia pasti sudah hidup nyaman. Tapi, sang dokter lebih memilih untuk mendamba hidup dengan cara tinggal di pedalaman Kalimantan.

Dari negeri jauh. Organisasi amal konservasi Inggris, Whitley Fund for Nature (WFN) mengganjarnya dengan hadiah utama. Penghargaan itu disampaikan kepadanya karena Hotlin dianggap berjasa terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat. Dan semua pencapaiannya berhulu dari satu hal, yakni insentif, pada 2007.

Pada tahun termaksud, Hotlin bersama rekan, Romi Beginta, mendirikan lembaga swadaya masyarakat Alam Sehat Lestari (ASRI). Misinya, memutus lingkaran setan kemiskinan dan penebangan hutan secara liar di kawasan taman nasional Gunung Palung, Kalimantan Barat. Inspirasi untuk mendirikan LSM itu datang dari seorang dokter asal Amerika Serikat yang mengungkapkan gagasan mengenai pelestarian “hutan dengan cara membantu kesehatan masyarakat sekitarnya.”

Daerah itu jadi pilihan karena dianggap masyarakatnya dianggap masih mengalami kondisi kesehatan, pendidikan, dan ekonomi rendah. Namun, ujarnya kepada Femina, “hutan di sana kaya akan keanekaragaman flora dan fauna yang perlu dijaga.”

Dilansir BBC Indonesia, saat ASRI belum hadir, kondisi taman nasional dengan luas 90 ribu hektare itu dilaporkan memprihatinkan. Pemicunya, pembalakan liar. Sejak 1988 sampai 2002, diperkirakan 38 persen lahan hutan itu berkurang. Padahal hutan ini merupakan habitat orang utan dilindungi yang jumlahnya diperkirakan bersisa 2.500 ekor.