HootSuite, Tools Manajemen Akun Media Sosial Terbaik. Bagaimana Bisa menjadi Seperti ini?


HootSuite merupakan sebuah situs layanan manajemen konten yang menyediakan layanan media daring yang juga terhubung dengan berbagai situs jejaring sosial lainnya, seperti : Facebook, Twitter, LinkedIn, Foursquare, MySpace, dan WordPress. HootSuite ini juga merupakan salah satu dari klien Twitter yang resmi. Situs ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 oleh pendirinya Ryan Holmes.

Layanan ini membantu perusahaan untuk menggunakan media sosial berupa situs yang dapat digunakan untuk meluncurkan kampanye pemasaran, mengidentifikasi dan menambah khalayak, dan menyampaikan pesan yang ditargetkan di beberapa saluran media.

Beberapa aplikasi yang cukup populer di kalangan pengguna internet juga disertakan dalam HootSuite, di antaranya Instagram, MailChimp, Reddit, Storify, Tumblr, Vimeo dan YouTube.
(Wikipedia)


Mungkin beberapa orang akan kurang familiar ketika mendengar nama aplikasi ini. Akan tetapi, dalam beberapa situs yang mengenai tools manajemen akun sosial media terbaik, HootSuite sering mendapatkan urutan nomor 1 dan banyak digunakan oleh orang-orang diseluruh dunia. Apa yang menjadi kelebihan HootSuite dibanding tools sejenis?

2 Likes

Hootsuite telah mencapai 2 juta pengguna disaat sosial media lain seperti twitter mulai tersingkir. Meningkatnya pengguna Hootsuite merupakan pencapaian yang cukup tinggi dan hampir menyamai perusahaan Stellar yang cukup terkenal yang juga merupakan bagian dari Software as a service/ dunia bisnis free-mium. Pertumbuhan Hootsuite juga hampir sama dengan Evernote dan Dropbox yang menggambarkan keberhasilan signifikan dari model bisnis SaaS.

Berikut data pengguna Hootsuite, Evernote, Yammer, Dropbox:

HootSuite beta Launch: December 2009
HootSuite 1 Million: November 2010
HootSuite 2 Million: June 2011
Evernote Launch: June 2008
Evernote 1 Million: May 2009
Evernote 2 Million: December 2009
Yammer Launch: September 2008
Yammer 1 Million: July 2010
Yammer 2 Million: Feb 2011
Dropbox Launch: April 2008
Dropbox 1 Million: May 2009
Dropbox 2 Million: Sept 2009

source: https://thenextweb.com/apps/2011/07/06/hootsuite-a-software-as-a-service-success-story/#.tnw_63Yh42uU

Data tersebut menunjukkan bahwa Software as a Service merupakan solusi yang tepat untuk mendapatkan banyak pengguna. Hal itu juga menjadikan pertanda bahwa Hootsuite memungkinkan menjadi satu-satunya pihak ketiga dari klien sosial media yang kedepannya dibiarkan berdiri sendiri karena telah menjalankan dan meneruskan bisnis.

2 Likes

Alasan kenapa orang suka memakai HootSuite


1. Monitor Multiple Streams in One Place

Memungkinkan kita untuk mengatur beberapa jejaring sosial yang berbeda, seperti

  • Twitter
  • Facebook dan pages
  • LinkedIn dan pages
  • Google+ Pages
  • Foursquare
  • Instagram
  • WordPress blog
  • Vimeo, tumblr, evernote, flickr, mailchimp, slideshare, storify (via 3rd party apps)
    Dan masih banyak lagi

2. Mengatur Tim di Social Media

Hal ini berguna jika ada lebih dari satu orang yang mengelola bisnis di sosial media kita. hootSuite memungkinkan kita untuk menyerahkan tanggung jawab pada anggota yang bebeda.

Misalnya, jika kita menerima 20 mentions tiap harinya, administrator bisa menyerahkan tiap mention pada orang yang berbeda. Ketika anggota sudah login mereka akan melihat tugas mana yang diserahkan kepadanya.

3. Mengatur layanan konsumen pada twitter

Jika salah satu pekerjaan kita adalah mengatur layanan konsumen pada Twitter, HootSuite sudah menyediakan layanan yang memungkinkan untuk menyerahkan tanggung jawab pesan konsumen kepada anggota tim lain. Juga memungkinkan untuk menyimpan draft pesan yang bisa di post ketika sering mendapat pertanyaan yang sama.

4. Cross Post pada halaman Google+

Saat ini, hanya ada satu cara untuk memposting pada profil Google+ kita dengan menggunakan website Google+ atau mobile app. Google+ API hanya terbatas untuk sebuah halaman (page) bukan personal profile. Akses secara penuh hanya diberikan pada beberapa partnernya, salah satunya adalah HootSuite.

5. Cross platform

Salah satu keuntungan membuat HootSuite web app adalah mudah digunakan pada Mac OSX, Windows, Linux, dan mobile platform. Selain itu juga bisa digunakan pada semua modern browser.

6. Mendapat laporan melalui email secara gratis

Tiap minggu para penggunanya akan mendapat email berupa file .pdf yang berisi jumlah klik perhari, informasi geografis dari orang yang melakukan klik tersebut, referrer tertinggi, dan link paling popular

7. Terkoneksi dengan beberapa layanan secar bersama-sama

Memnungkingkan memposting sesuatu secara cepat dan real-time pada berbagai sosial media tadi. Menggunakan Scheduling feature (Hootlet feature) kita menyingkat waktu untuk memposting di sosial media yang satu ke yang lainnya.


Sumber :Alasan menggunakan HootSuite

2 Likes

Hootsuite merupakan salah satu tool manajemen media sosial yang popular dan sudah banyak digunakan oleh berjuta-juta orang di dunia. Mengapa Hootsuite bisa menjadi sukses seperti ini? Menurut saya, kesuksesan Hootsuite didapatkan karena adanya peningkatan layanan yang diberikan pihak developer sesuai kebutuhan pengguna-nya dari awal perilisan sampai dengan saat ini. Hootsuite sendiri dapat terhubung dengan berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook, Google+, LinkedIn, Foursquare, WordPress dan Mixi. Tool ini memungkinkan kita untuk mengelola hampir segala aspek posting media sosial. Selain itu, tampilan hootsuite yang berbasis multi stream view, memudahkan pengguna untuk melihat banyak aspek tentang interaksi di media sosial.

Namun, untuk versi gratis Hootsuite, hanya dibatasi untuk menampung tiga akun sosial media. Apabila menginginkan lebih dari jumlah akun tersebut, kita harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk membeli paket-paket yang tersedia.

2 Likes

Hootsuite juga mungkin populer karena mampu mengelola hampir semua aspek posting media sosial dan menawarkan layanan untuk:

  • Mempublikasikan dan menjadwal konten, termasuk penjadwalan otomatis.

  • Dapat mengidentifikasi konten yang menarik.

  • Bekerjasama dengan beberapa komunitas.

  • Dapat melihat banyak aspek tentang interaksi di media sosial dengan multi stream view

  • Dapat melihat progres dan menganalisis konten yang diposting.

Kelebihannya dibandingkan dengan manajemen tools lain antara lain:

  • Memberikan customer support yang baik
  • Harga cukup terjangkau sehingga mendukung bisnis kecil maupun menengah.
  • Terdapat fitur anlalisis UTM yang synchronize dengan Google Analytics.
2 Likes