[Hoax] Thermo Gun dapat merusak otak

Saat ini, alat yang kerap digunakan untuk mengukur suhu adalah Thermo Gun. Banyak masyarakat bertanya-tanya tentang alat pengukur suhu yang berbentuk pistol laser yang diarahkan ke dahi. Tidak hanya itu, ada beberapa masyarakat yang khawatir jika Thermo Gun dapat merusak jaringan otak dikarenakan terdapat laser yang sebenarnya digunakan untuk mengukur suhu pada kabel panas, bukan untuk temperatur manusia. Apakah terdapat laser didalam Thermo Gun atau sebuah radiasi sinar infra?

Menurut saya, berita yang menyebutkan bahwa thermo gun merusak otak adalah salah. Boleh dibaca di [ https://turnbackhoax.id/2020/07/20/salah-laser-dari-termometer-gun-akan-merusak-struktur-otak/ ] . Disitu dijelaskan bahwa laser yang digunakan pada thermo gun memiliki energi yg kecil yang tidak akan merusak jaringan kulit manusia, apalagi sampai menembus kedalam otak.

1 Like

Saya rasa tidak, sama seperti USG atau rontgen, aman saja sampai saat ini, dan juga isu ini sudah dijawab oleh pemerintah.

Sumber : https://tirto.id/fSv7

Beredar informasi di masyarakat yang menyatakan termometer dahi atau thermal gun dapat merusak otak karena mengandung radioaktif. Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto menepis hal tersebut, ia mengatakan thermal gun tidak berpengaruh terhadap otak. Secara ilmiah, kata Achmad, para ahli mengatakan, informasi thermal gun dapat merusak otak tidak benar. Fungsi thermal gun adalah mengukur suhu tubuh dengan paparan sinar infra merah.