[Hoax] : SMS Berhadiah, Benarkah Memangkah Berhadiah?

  • Itu Fakta
  • Itu Hoax

0 voters

Saudara saya sering memperoleh SMS yang memberikan Iming-iming hadiah yang sangat menarik-menarik tidak jarang pula hadiah tersebut sangtlah mahal dan membuat tergiur untuk memperolehnya dengan mengklik suatu link, namun bukan hanya saudara saya yang memperoleh SMS seperti itu, teman-teman saya juga memperoleh SMS yang sama. Apakah pesan SMS itu berisi Fakta atau Hoax?, berikan pendapatmu…

Saya cukup sering menjumpai pesan dengan bunyi senada di perangkat saya. Pesan-pesan ini biasa dikirimkan oleh orang asing yang mengabarkan penerima memperoleh hadiah dan diharuskan untuk memproses secepatnya. Pesan dikirimkan melalui nomor telepon asing, bukan website/email resmi dari perusahaan yang disebut sebagai penyelenggara. Kasus semacam ini biasa menjadi modus penipuan untuk menjerat pengguna setelah mengklik link tersebut. Bahkan bisa menjadi alat phising dan spamming atas informasi yang diberikan kepada penipu.

1 Like

SMS tersebut merupakan penipuan, jadi termasuk dalam kategori hoax. Seharusnya, jika memang ingin menginformasikan suatu hal diinformasikan melalui web atau situs resmi.

jelas hoax karena banyak orang yang memanfaatkan teknologi modern saat ini untuk mendpaat keuntungan yang besar. operator yang digunakan di sms berhadiah juga operator tidak resmi. maka bisa dipastikan hal tersebut hoax.