[Hoax] Sinar Matahari Dapat Membunuh Virus Corona

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Beredar informasi yang menyatakan bahwa virus Corona akan musnah di bawah sinar ultraviolet (UV) atau pada suhu panas. Hal ini berdasarkan beberapa penelitian yang menyatakan bahwa sinar UV dan suhu panas di atas 56oC dapat membunuh sejumlah virus, seperti virus SARS, flu burung, dan influenza. Apakah hal tersebut Fakta atau Hoax?

Menurut artikel resmi dari kominfo, pernyataan yang menyebutkan bahwa virus corona akan hilang saat terkena sinar matahari adalah tidak benar. Wakil Kepala Bidang Penelitian Fundamental Lembaga Biologi Molekular Eijkman, Herawati Sudoyo menjelaskan belum ada penelitian mengenai hal tersebut. Ia juga menambahkan bahwa virus tersebut bisa mati pada suhu 56 derajat selama 30 menit. Namun ia meragukan apabila dikatakan virus tersebut akan hilang jika terkena sinar matahari. Ia juga menjelaskan bahwa suhu di Indonesia tidak sampai 56 derajat celsius. Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia juga menjelaskan bahwa lampu sinar ultraviolet sekalipun tidak mampu membunuh virus corona.

Sumber :
https://www.kominfo.go.id/content/detail/24817/disinformasi-virus-corona-bisa-mati-karena-terkena-sinar-matahari/0/laporan_isu_hoaks

menguti dari kompas.com mengenai virus corona WHO memiliki pandangan yaitu “Menurut badan Kesehatan dunia World Health Organization (WHO), belum ada sinar UV, termasuk UVC, yang bisa membunuh virus corona Covid-19. Selain itu, lampu sinar UV yang biasanya digunakan sehari-hari, ternyata malah menyebabkan kulit teriritasi”

Sumber : https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/15/180935220/benarkah-sinar-uv-dapat-membunuh-virus-corona?page=all