[Hoax] Minum Air Es Bisa Bikin Perut Buncit


Es adalah air yang dibekukan menjadi bentuk padat. Banyak rumor beredar bahwa air es bisa membuat perut buncit, bahkan hal ini cukup banyak dipercaya oleh masyarakat. Apakah benar hal tersebut?

  • Hoax
  • Fakta

0 voters

tidak benar apabila minum air es dapat menyebabkan buncit selama tidak dicampur dengan suatu tambahan. Murni hanya air putih saja tentu kalorinya tidak ada sama sekali

Menurut saya tergantung apa yg anda makan. Jika anda makan makanan yg berlemak, kemudian anda minum air es. Maka lemak yg anda makan akan membeku sehingga sulit di proses. Demikian sebaliknya.
Untuk membuktikannya, ambil es batu, lalu masukkan kedalam mie ayam atau makanan yg mengandung minyak atau lemak. Lihat perubahan yg terjadi pada lemak atau minyak tersebut.
Lemak itu akan memadat.

1 Like

Menurut saya, informasi mengenai minum air es dapat membuat perut buncit adalah hoax. Karena, selama yang diminum adalah air es asli tanpa dicampur sesuatu, seperti es teh, es campur, dll hanya memiliki 0 kalori. Hal tersebut didukung oleh hal yang diutarakan oleh dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM), Diana Sunardi, yang menyampaikan bahwa air minum yang bersuhu dingin seperti air es itu tidak akan membuat gemuk, tersedia di [Cek Fakta Kesehatan: Sering Minum Air Es Bikin Gemuk dan Perut Buncit - Health Liputan6.com].