[Hoax] Meninggal setelah makan indomie dan coklat

image

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Masih dalam seputar mie yang saya bahas, mie adalah makanan yang terbukti aman dikonsumsi sesuai dengan beberapa kali kita mengonsumsinya, sedangkan coklat adalah makanan dengan rasa manis yang dapat memberi kebahagiaan bagi setiap orang yang mnyukainya. namun, sempat ada berita viral pada tahun 2017 ini, dikatakan bahwa seorang wanita mendadak meninggal dengan kelima panca indera mengeluarkan darah. Hal ini dikatakan terjadi karena wanita tersebut makan coklat setelah makan mie goreng yang disampaikan melalui pesan. Jadi, apakah berita yang sempat menggemparkan dikalangan sosial media merupakan fact or hoax?

1 Like

Ini termasuk kedalam Hoax. Dalam referensi yang saya baca, percampuran antara indomie dengan coklat bukan menyebabkan keracunan, hal ini sudah ditelusuri lebih lanjut oleh seorang ahli gizi yang menyebutkan bahwa faktor yang menyebabkan kematiannya adalah obesitas, sebab seperti yang kita tahu bahwa indomie dan coklat memiliki kalori yang tinggi.
Referensi: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4710130/hoax-makan-cokelat-setelah-mie-tak-bikin-meninggal

Dilansir dari kominfo.go.id, detikHealth(sumber laman sama dengan yang dicantumkan @agnes_priscilla) Victoria menegaskan bahwa informasi ini hoaks, tidak benar jika disebutkan makan cokelat setelah makan mie bisa memicu keracunan, bahkan sampai meninggal mendadak. Menurutnya, efek samping yang timbul justru lebih ke arah obesitas. Sebab baik mie maupun cokelat diketahui memiliki kalori yang cukup tinggi melakukan wawancara dengan ahli gizi Leona Victoria Djajadi, MND, terkait kebenaran informasi tersebut. Victoria menegaskan bahwa informasi ini hoaks, tidak benar jika disebutkan makan cokelat setelah makan mie bisa memicu keracunan, bahkan sampai meninggal mendadak. Menurutnya, efek samping yang timbul justru lebih ke arah obesitas. Sebab baik mie maupun cokelat diketahui memiliki kalori yang cukup tinggi.

Sumber: https://www.kominfo.go.id/content/detail/16191/hoaks-pesan-berantai-wanita-meninggal-setelah-makan-mie-goreng-mengandung-arsenic/0/laporan_isu_hoaks#:~:text=Victoria%20menegaskan%20bahwa%20informasi%20ini,memiliki%20kalori%20yang%20cukup%20tinggi.