[ Hoax ] Menggunakan sterilisasi UV C dapat membunuh COVID 19

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

belakangan ini sedang menjadi perbincangan hangat, bahwa sinar UV C bisa membunuh COVID 19. oleh karena itu banyak di jual lampu UV C untuk menyeterilkan ruangan agar terhindar dari COVID 19. apakah manusia juga bisa dipaparkan sinar UV C saja agar terhindar dari Covid 19?

UVC memang baik digunakan untuk mendisinfeksi barang-barang atau benda mati seperti uang, gagang pintu dll… bahkan belakangan cukup dikenal alat untuk mensterilkan botol susu bayi dan alat makan lainnya dengan sinar UVC. akan tetapi sinar tersebut bukan untuk manusia, telah dijelaskan dalam https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-52082567 sinar UVC bias membakar kulit manusia hanya dalam beberapa detik saja, berbeda dengan UVB yang ada dalam matahari yang memerlukan waktu berjam-jam.

1 Like

seperti yang dijelaskan oleh Yusuf Nur Wijayanto Peneliti bidang Teknologi Radio dan Optik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bahwa “Jika UV-C terkena oleh manusia maka bisa mengakibatkan kanker kulit dan merusak mata jika sering terpapar. Karena makhluk hidup termasuk manusia terdiri dari sel sel kecil yang ada di dalam tubuh. Jadi UV-C mempunyai sifat merusak untuk kehidupan”
jadi sebaiknyya tidak menggunakan sinar UVC ke manusia atau belakangan digunakan sebagai bilik sterilisasi dengan sinar UVC karena dapat menyebabkan kanker kulit dan merusak mata.

untuk lebih lanjut bisa membaca di https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200618194529-199-514944/lipi-ungkap-beda-sinar-uvc-pembunuh-corona-dengan-yang-palsu

1 Like

Just for clarify based on researcher that i found its true UVC can reduce in the ambient level of airborne virus .
As i quote on journal :Thus continuous airborne disinfection with far-UVC light at the currently regulatory limit would provide a major reduction in the ambient level of airborne virus in occupied indoor environments.Buonanno, M., Welch, D., Shuryak, I. et al. Far-UVC light (222 nm) efficiently and safely inactivates airborne human coronaviruses. Sci Rep 10, 10285 (2020).
Can it be more discuss more not just based in artikel thats explain about UVC but the real research about the effect of UVC on virus. I think its more be clear again before sub category as HOAX

saya rasa sudah ada juga beberapa penelitian yang menyatakan bahwa radiasi UV-C memang berbahaya untuk manusia. salah satunya dapat menyebabkan kanker kulit dan merusak mata akibat dari paparan radiasinya yang memang lebih tinggi. salah satu artikel yang saya baca ini https://core.ac.uk/download/pdf/296272687.pdf

meskipun demikian memang UVC baik digunakan untuk mensterilkan benda mati (uang, botol minum, dll) namun kemarin memang marak dibicarakan terkait penggunaan sinar UVC untuk tubuh manusia agar terhindar dari covid19.