[ Hoax ] Jika mengkonsumsi micin akan membuat kita bodoh

images
Sumber foto : Liputan6.com

MSG atau yang biasa disebut micin tersebut. MSG ( Monosodium Glutamat ) atau yang biasa kita sebut dengan micin merupakan garam yang terbentuk dari sodium dan Glutamat. Micin biasa digunakan sebagai penyedap rasa pada masakan yang tentunya membuat rasa tambah nikmat. Namun Apakah dengan mengkonsumi micin akan membuat kita bodoh fakta atau hoax?

  • Hoax

  • Fakta

0 voters

1 Like

kandungan dalam MSG itu sendiri sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh kita, apalagi membuat seseorang menjadi bodoh setelah mengkonsumsi micin tersebut.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mencari fakta dari pernyataan tersebut namun tidak ada bukti yang pasti bahwa makan micin bisa membuat bodoh. Memang micin tidak berbahaya bagi tubuh tapi jangan sampai mengkonsumsi micin terlalu berlebihan, konsumsi saja sewajarnya. Namun jika kamu merupakan salah satu orang yang hipersensitif maka kamu bisa saja mengalami gatal, pusing, mual, dan keringat dingin.

Lagi pula saat ini kita tidak akan bisa terhindar sepenuhnya dari MSG, walau kamu tidak menggunakan micin pada saat memasak atau tidak membeli makanan yang mengandung MSG, banyak bahan makanan yang sebenarnya mengandung MSG namun MSG yang terkandung merupakan MSG alami. Beberapa contoh MSG alami yakni kaldu ayam, kentang, bawang putih, kecap, kentangm wortel yang akan mengeluarkan kandungan monosodium glutamat pada saat proses pemasakkan.

sumber: https://www.kompasiana.com/windywindya/5bdc216012ae945153171b05/makan-msg-atau-micin-bisa-jadi-bodoh-fakta-atau-mitos

1 Like

Hal ini tentunya hoax karena kandungan glutamat sangat diperlukan oleh tubuh. Tubuh memerlukan glutamat baik sintesis maupun secara alami. Akan tetapi sesuatu yang berlebihan tentulah tidaklah baik untuk dikonsumsi.

mononatrium Glutamat, Monosodium Glutamat (MSG) atau yang lebih dikenal dengan micin adalah salah satu asam amino non-esensial yang terbentuk secara alami. Sehingga, kandungan ini tidak membuat bodoh apabila digunakan secukupnya dan tidak berlebihan.
https://lifestyle.bisnis.com/read/20200211/106/1199806/5-fakta-micin-tidak-bikin-bodoh#:~:text=Menurut%20penjelasan%20mereka%2C%20mononatrium%20Glutamat,digunakan%20secukupnya%20dan%20tidak%20berlebihan.
.

Menurut saya, sejak di sekolah dasar selalu ditegaskan bahwa MSG memang tidak begitu baik jika dikonsumsi terlalu sering oleh tubuh. Karena dapat bersifat karsinogenik atau pemicu kanker. Namun, untuk kebodohan mungkin bisa saja terjadi karena menurut saya karena jika itu bisa memicu kanker, bukan tidak mungkin MSG dapat merusakkan sel - sel otak yang menghambat kerja maskimal otak, sehingga daya kerja otak menjadi tidak maksimal.