[Hoax] Jambu Biji Dapat Menyebabkan Usus Buntu

Mitos kesehatan memang sangat berkembang di masyarakat dewasa ini. Ada yang memang benar, ada pula yang ternyata keliru atau hanya sebatas mitos yang tidak benar faktanya.

Salah satu mitos kesehatan yang mungkin kalian pernah dengar adalah mengenai biji jambu yang disebut dapat menyebabkan usus buntu. Lalu, apakah hal tersebut termaksuk fakta? atau hoax?

1 Like

Hoax. Jambu biji memiliki ukuran biji yang kecil dan ketika masuk ke dalam tubuh akan hancur oleh asam lambung dan enzim pencernaan.
Bahkan menurut penelitian yang dipublikasikan di Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, sangat kecil risikonya bagi jambu biji (yang bentuk bijinya notabene sama kecil dengan biji cabe) ataupun biji buah lainnya untuk menyebabkan usus buntu. Studi yang dilakukan oleh Omer Engin dan timnya ini bahkan hanya menemukan satu kasus radang usus buntu yang disebabkan oleh biji buah, dari total hampir 2000 kasus yang diteliti. Itu artinya, risiko untuk mengalami usus buntu akibat makan jambu biji atau biji buah lainnya (baik sengaja maupun tidak) hanyalah 0,05 persen.

Hoax. Efek dari biji jambu biji tidak mempengaruhi terjadinya usus buntu. Dilansir dari doktersehat.com, pakar kesehatan dan gizi bernama Inge Permadhi menyebutkan bahwa tanpa sengaja menelan biji jambu atau biji cabai ternyata tidak akan menyebabkan masalah usus buntu. Faktanya, penyakit ini disebabkan oleh kurang dalam mengonsumsi makanan berserat serta kurang minum air putih sehingga kotoran dalam makanan menyumbat saluran pencernaan yaitu usus buntu

Menurut saya ini Hoax. Beedasarkan karya ilmiah karya Omer Engin dkk yang dipublikasikan Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine (APJTB) pada 2011, sebagian besar orang pernah makan biji buah dan pada umumnya tidak mengembangkan radang usus buntu.

Biji buah yang ditelan pada umumnya dapat dikeluarkan dari tubuh secara alami. Ini karena sistem pencernaan manusia sudah punya cara khusus untuk melumatkan makanan yang dimakan.

Setelah dikunyah di dalam mulut, makanan akan dihancurkan oleh enzim-enzim pencernaan.

sumber : https://health.kompas.com/read/2020/07/06/060100168/benarkah-makan-jambu-biji-bisa-jadi-penyebab-usus-buntu-?page=all