[Hoax] Apakah Gunting Kuku Di Malam Hari Dapat Menimbulkan Petaka?

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Kepercayaan di daerah saya jika potong kuku di malam hari akan menyebabkan ibunya menjadi pendek umur atau mendapat mala petaka, tetapi bukan di daerah saya saja di negara lain seperti Jepang dan India mempercayai hal tersebut dimana tidak boleh memotong kuku pada malam hari dan kepercayaan tidak boleh memotong kuku di hari kamis atau sabtu. Apakah hal tersebut fakta atau hoax?

1 Like

Tiap daerah memiliki mitos dan kepercayaan masing-masing dalam aktivitas dan kegiatannya. Larangan menggunting kuku di malam hari berasal dari kekhawatiran orang tua terhadap suasana yang, pada masa itu, gelap dan masih menggunakan pisau sebagai alat pemotong kuku. Seiring perkembangan zaman dengan penemuan lampu dan alat pemotong kuku, seharusnya kekhawatiran ini sudah sirna.

Menurut saya pribadi ini lebih ke mitos atau kepercayaan tertentu. Namun ada artikel yang membahas dan memberikan penjelasan tentang ini sebagai berikut :

Sebenarnya hal ini adalah larangan zaman dulu sebelum alat potong kuku dan lampu yang gampang dicari saat ini.

Dulu jika ingin memotong kuku, mereka menggunakan pisau.

Jika dilakukan di malam hari dengan penerangan yang minim maka bisa melukai tangan mereka.

Maka dari itu orang tua zaman dulu membuat mitos larangan kepada anak-anak mereka dengan disertai sanksi.

Sumber :

saya pribadi menyebut berita ini adalah hoax karena, berita ini lebih mengarah kepada kepercayaan budaya leluhur disetiap daerah masing-masing. sebagai pembaca berita tersebut walau saya menganggap berita ini hanya hoax, namun saya menghargai atau bertoleransi dengan adanya unsur-unsur mitos (kepercayaan) yang masih kental terjadi dibeberapa daerah.

Mitos sih itu Setau aku boleh dipercaya atau ngg itu balik lagi dengan budaya dan orang tersebut. Tapi yang aku tau mitos tersebut saat ini belum valid

menurut saya, hal ini hoax, tetapi sama seperti komentar teman - teman yang lain, bahwa ini balik lagi sama kepercayaan masing- masing yang masih menganggap adanya mala petaka saat gunting kuku malam2.

Saya rasa ini adalah mitos saja, yang disebabkan karena kepercayaan budaya leluhur daerah setempat yang secara turun temurun menjadi kepercayaan masyarakat luas. Namun, saya sangat menghargai apabila ada yang mempercayai terkait hal ini, karena memang banyak daerah di Indonesia yang masih percaya akan mitos dan kental akan budayanya.

Mitos, mungkin dikarenakan pada saat malam hari penerangan di zaman dahulu tidak sebagus sekarang maka dikhawatirkan memotong kuku akan menimbulkan luka jika dilakukan di malam hari.