[Hoax] Apakah Benar Micin Dapat Membuat Bodoh?

Informasi ini saya dapatkan dari sebuah channel youtube yang membahas mengenai bahaya mengonsumsi micin atau MSG. Di dalam video tersebut dijelaskan 5 bahaya menggunakan micin dalam makanan, diantaranya : obesitas, asma, sakit kepala, hipertensi, dan kerusakan sel saraf otak. Kerusakan sel saraf otak inilah yang membuat micin disebut sebut dapat membuat bodoh apabila dikonsumsi tidak sesuai takaran.

Bagaimana menurut pendapat kalian? Apakah infromasi ini fakta atau hoax?

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Menurut saya micin dapat membuat bodoh bahkan bukan hanya bodoh yang pastinya akan menyebabkan beberapa penyakit lainnya dikemudian hari. Apapun makanan yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik

Namun, dari artikel yang saya baca menyatakan bahwa stigma mengenai micin yang membuat bodoh dan kemunduruan kecerdasan, hanyalah hasil dari ilmu kira-kira yang belum terbukti secara ilmiah (selama penggunaan dalam batas normal). Reputasi buruk terkait MSG atau micin ini muncul dimulai pada tahun 1968, yang mana Jurnal Kesehatan New England menerbitkan surat yang berisi keluhan kesehatan seorang dokter setelah makan di sebuah restoran chinese food yang saat itu terkenal kerap menggunakan MSG. Setelah itu orang-orang menjadi lebih waspada terhadap zat kimia yang ditambahkan pada makanan mereka, dan “Sindrom Restoran Chinese Food” pun lahir. Orang-orang menghindari masakan yang ber-MSG karena percaya akan efek buruk yang dihasilkan. Tersedia di [https://www.idntimes.com/science/discovery/danti/ini-lho-bukti-ilmiah-bahwa-micin-gak-bikin-kita-bodoh/4]

Menurut saya hoax mengatakan apabila micin saja dapat menyebabkan kebodohan. Tentu saja pasti ada faktor penunjang lain selain micin yang menyebabkan hal tersebut.

menurut saya hoax, karna hal ini muncul karena adanya pesaing atau munculnya produk pengganti yg melakukan strategi marketing.

selama belum ada pernyataan resmi mengenai penggunaan micin yang merupakan salah satu penyebab kebodohan maka saya katakan itu hoax. kebodohan bisa datang darimana saja, bisa saja kebiasaan atau apapun itu. jika patokannya adalah micin, maka tidak logis

Pernyataan yang telah menjadi stigma masyarakat ini ternyata Hoaks. Hal ini terbukti bahwa belum ada ilmuwan yang menyatakan hal pasti kalau MSG dapat menyebabkan kebodohan. Selain itu, apabila se-berbahaya itu hingga mengakibatkan kebodohan, Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat FDA (Food Drug Administration) yang merupakan lembaga standar tertinggi internasional pun tidak membenarkan hal itu dan menyatakan bahwa MSG adalah bahan penyedap yang aman untuk dikonsumsi.

Menurut saya micin itu engga bikin bodoh. Kenapa? Micin atau MSG merupakan kependekan dari Monosodium Glutamat. Penyusun utama dari micin ini adalah asam glutamat. Asam glutamat ini merupakan salah satu jenis dari asam amino. Sedangkan asam amino sendiri merupakan komponen penyusun protein. Nah, asam glutamat ini engga hanya didapat dari micin tapi dari berbagai makanan lain kaya tomat, keju, sama kecap. Bahkan, rata-rata manusia mengonsumsi asam glutamat hingga 10-20 gram tiap harinya. Di sisi lain, makanan ringan yang produksinya dicampur micin, kandungannya cuma kurang dari 0,5 gram. Bahkan, melalui siklus krebs, tubuh kita memproduksi asam glutamat sebanyak 50 gram per harinya. Jadi sebenernya micin ini ngga berbahaya bagi tubuh selama dia ga dikonsumsi berlebihan (well, semua makanan kalo dikonsumsi berlebihan bahaya sih).