HIROSHI MIKITANI - Founder, CEO and Chairman of Rakuten

Biografi, Hiroshi Mikitani


Pekerjaan
Chairman, CEO and President and Representative Director of Rakuten

Afiliasi lainnya

Tempat dan Tanggal Lahir
Kobe, Hyogo, Japan, 11 Maret 1965

Kewarganegaraan
Jepang

Pendidikan
Master of Business Administration, Harvard University

Total Kekayaan
$5.9 Billion (2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 29 Richest In Tech (2016)
  • 5 Japan’s 50 Richest (2016)
  • 228 Billionaires (2016)

Riwayat Hidup

Hiroshi Mikitani lahir di Kobe, Hyogo, Jepang. Ayahnya bernama Ryoichi Mikitani seorang econom dan juga profesor di Kobe University dan Yale University. Ibunya bernama Setsuko adalah pekerja di perusahaan perdagangan, ibunya mengenyam pendidikan dasar di New York dan merupakan lulusan dari Yale University. Saudara perempuannya, Ikuko adalah Dokter (MD di Osaka University) dan saudara laki-lakinya Kenichi adalah seorang profesor biologi di Tokyo University.
Hiroshi Mikitani menikah dengan Haruko Mikitani, yang memiliki 11% saham dari MSCI World Reteil Index dan memiliki dua anak yang tinggal di Tokyo, Jepang.
Timeline :
1965 Lahir di, Kobe, Japan
1972 keluarga Hiroshi Mikitani pindah ke Amerika Serikat selama 2 tahun
1988 Hiroshi Mikitani lulus dari Hitotsubashi university dan kemudian bekerja di Bank Industrial Jepang (sekarang bernama Mizuho Corporate Bank)
1993 Belajar di Harvard Business School
1995 Pada saat itu, kota Kobe, di mana Hiroshi Mikitani tumbuh, hancur oleh apa yang kemudian salah satu gempa bumi terburuk dalam sejarah Jepang. Mikitani menggambarkan melihat kehancuran-dikombinasikan dengan hilangnya kerabat dan teman-teman. “Itu membuat saya menyadari bahwa saya ingin merevitalisasi perekonomian Jepang”, katanya, mengingat keputusannya untuk mengundurkan diri dari Bank Industri Jepang (IBJ) dan memulai usaha sendiri.

Riwayat Karir
1996 Hiroshi menjadi Presiden dan wakil dari Crimson Group, Inc.yang ia dirikan sendiri setelah keluar dari Bank Industri Jepang
1997 Hiroshi memulai menjadi Pendiri dan Presiden dan Direktur perwakilan dari Rakuten karena ia ingin membantu pemilik usaha kecil, serta masyarakat Jepang secara keseluruhan akibat kehancuran gempa bumi di Jepang.
2001 Ketua dan Presiden dan Direktur perwakilan dari Rakuten
2004 Chief Executive Officer (CEO) Rakuten
2005 Rakuten membeli Linkshare, sejak itu berganti nama menjadi “Rakuten Linkshare” yang menawarkan program analisis kinerja penjualan dan pemasaran
2006 Ketua dan Direktur perwakilan dari Crimson Football Club, Inc.
2008 Ketua dan Direktur perwakilan dari Rakuten Baseball, Inc.
2010 Direktur perwakilan dari Japan e-business Association
Rakuten membeli ritel daring Perancis yakni PriceMinister, membeli ritel daring Amerika Serikat Buy.com dan usaha patungan dengan Baidu di China (Lekutian)
2011 Ketua dari Tokyo Philharmonic Orchestra
pada tahun ini Rakuten meluncurkan perusahaan patungan Rakuten Belanja Online di Indonesia. Mengakuisisi perusahaan e-commerce Brasil - Ikeda - sejak itu berganti nama menjadi Rakuten Brasil. Pada bulan Juli, ia membeli perusahaan e-commerce Jerman, Tradoria yang berganti nama menjadi Rakuten Deutschland serta pengecer online dan pasar e-commerce Inggris, Play.com. pada bulan September.Rakuten mengambil saham toko online Rusia Ozon.ru, dijuluki sebagai ‘Amazon Rusia’,
2012 Direktur Kobo Inc. (Rakuten Kobo Inc.)
Rakuten membeli perusahaan pembaca e-book asal Kanada, Kobo. Menjadi pemimpin investor terbesar Pinterest, Investasi tersebut juga menandai awal kemitraan strategis antara Rakuten dan Pinterest untuk membantu ekspansi di Jepang dan di 17 pasar global Rakuten lainnya.
2012 Ketua, Direktur perwakilan dan tim pemilik Rakuten Baseball, Inc.
2013 Rakuten mengakuisisi saham mayoritas di situs “citizen commerce” dan sejak itu berganti nama menjadi The Grommet.
2014 Ketua dan Direktur Kobo Inc. (Rakuten Kobo Inc.)
2015 Direktur Lyft, Inc.

Fakta-fakta

  1. Mikitani memulai Rakuten karena prihatin dengan kondisi lingkungan di Jepang akibat gempa
  2. Ayah Mikitani adalah seorang ekonom dan profesor di Kobe University dan Yale University
  3. Sebelum mendirikan Rakuten, Mikitani bekerja di Bank Industri Jepang. dimana menurut orang jepang lulusan sarjana sangat tidak cocok bekerja di bank Industri.
  4. Misi Rakuten adalah menjadi nomor satu perusahaan Internet di dunia
  5. Mikitani dirinya belajar bahasa Inggris pada usia tujuh tahun ketika keluarganya menghabiskan dua tahun di Connecticut sementara ayahnya mengajar ekonomi di Yale Unversity.
  6. Saat awal Rakuten berdiri, Mikitani didekati oleh seorang petani yang ingin menjual telur segar secara online
  7. Mikitani berharap Rakuten menjadi lebih seperti bazaar, di mana pemilik banyak toko-toko kecil dan berinteraksi secara pribadi dengan pelanggan
  8. Mikitani menyadari bahwa belanja online akan menjadi biasa suatu hari nanti.
  9. Pada Rakuten, Passionately profesional adalah salah satu dari Lima Prinsip kami Sukses
  10. Mikitani juga telah dianugerahi Legion of Honour, penghargaandari pemerintah prancis

Quotes

We plan to build Japan’s biggest auction business. We believe we can build a very strong partnership.- Hiroshi Mikitani

[details=Referensi]https://hbr.org/2013/11/rakutens-ceo-on-humanizing-e-commerce
https://www.linkedin.com/in/mikitani
https://techcrunch.com/2010/06/17/rakuten-to-acquire-frances-priceminister-for-approximately-e200-million/
http://www.digitalspy.com/media/news/a341548/playcom-bought-by-japanese-firm-rakuten-for-25m/
https://en.wikipedia.org/wiki/Hiroshi_Mikitani
http://www.quotehd.com/quotes/author/hiroshi-mikitani-quotes[/details]

Internet saat ini sangat menjadi sumber informasi yang bisa di akses semua orang. Banyak sekali orang yang membuat berbagai aplikasi ataupun website yang bisa digunakan oleh banyak orang, sehingga bisa membuat orang itu menjadi kaya. Salah satu orang tersebut adalah Hiroshi Makutani. Hiroshi Makutani berasal dari Jepang. Ia membuat sebuah perusahaan yang bernama Rakuten. Rakuten ini merupakan perusahaan yang membidangi bisnis online retailer dan perusahaan besar di Jepang yang bersaing ketat dengan perusahaan raksasa seperti Amazon dan e-Bay.

Hiroshi mendirikan Rakuten berawal dari kehancuran Jepang yang diakibatkan karena gempa bumi saat itu. Hiroshi ingin membantu para pedagang kecil, serta masyarakatnya untuk membangun kembali keadaan saat itu. Pada tahun itu, bisa dibilang aksi lulusan Harvard Business School dan bertitel MBA 1993, agak nekat karena belum banyak orang Jepang yang melihat online shopping sebagai bisnis yang menguntungkan. Apalagi dari sekian banyak penduduk Jepang, baru 5 juta orang itu yang menggunakan internet, itu pun kebanyakan hanya untuk mengirim e-mail. Tak heran jika saat itu hiroshi diragukan banyak orang. Mikitani tak menyerah begitu saja. Dia mewujudkan mimpinya. Menjadikan Rakuten sebagai bisnis online nomor satu, tak hanya di Jepang tetapi juga merambah ke negara lain.

Yang bermula hanya 13 toko yang bersedia bergabung, tetapi dalam waktu tiga tahun, sebanyak 2 ribu toko kini bergabung dengan rentang produk yang beragam. Dan hebatanya dalam 10 tahun terakhir, kini menjadi 18 ribu toko online. Setelah sukses dengan bisnis mallonline-nya, kini Rakuten Group, yang membawahi 6 jasa internet, antara lain e-commerce. kredit dan pembayaran, portal dan media , travel , sekuritas dan sport profesional (mengelola tim baseball, merencanakan dan menjual merchandise-nya).

Mikitani memiliki skill yang bagus dalam complex problem solving karena ia mendirikan perusahaan dan memiliki mitra yang banyak dalam pelayanan usahanya, critical thinking karena ia ingin Rakuten menjadi perusahaan yang unik dari perusahaan lainnya, dan terakhir mikitani memiliki skill coordinating with the others karena mikitani tidak hanya menerima karyawan orang jepang , tetapi dari berbagai negara dan ia mampu untuk bekerja sama dengan orang tersebut.

“It’s not just about money but how to make intersting.”- Hiroshi Mikitani

Jepang. Negara yang selalu memiliki versi nya sendiri dari sebuah objek yang banyak dipakai di dunia, dan juga berkembang pesat. Contoh saja Rakuten, sebuah e commerce yang dapat disederhanakan sebagai sebuah gabungan dari eBay dan Amazon. Saat ini Rakuten memiliki berbagai homebase di hampir 15 negara di luar Jepang. Rakuten Ichiba adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh Hiroshi Mikitani.

Hiroshi Mikitani mendirikan Rakuten didasari pada keinginannya untuk membangun kembali Jepang setelah peristiwa Kobe 1995. Tahun 1997 muncul lah e-commerce yang bernama MDM, inc yang sekarang berganti nama menjadi Rakuten, Inc. Sepuluh tahun setelah berdirinya Rakuten, Mikitani mengubah arah pandangan Rakuten menjadi sebuah perusahaan yang bersifat global. Perluasan ini dilakukan dengan mengakuisisi e-commerce di luar Jepang.

Tidak hanya Rakuten, Mikitani juga ikut menjaga kondisi Kobe setelah peristiwa gempa 1995 dengan mempertahankan tim sepakbola Kobe yang saat itu tidak memiliki pengurus yang dapat menjaganya. Tim tersebut dibeli oleh perusahaannya. .

Quote favorit
“English is not an advantage anymore – it is a requirement”

Refrensi :
Wikipedia

Hiroshi Mikitani adalah pendiri raksasa bisnis online Rakuten. Orang-orang yang suka belanja online pasti telah familiar dengan merek perusahaan ini. Rakuten merupakan perusahaan retailer yang melayani penjualan secara online. Brand ini sangat populer di Jepang dan beberapa negara lain di dunia. Rakuten merupakan salah satu kompetitor bagi Amazon dan eBay.

Saat ini, Rakuten termasuk dalam jajaran 10 besar perusahaan internet dunia dengan pendapatan tahunan mencapai US$5 miliar atau lebih dari 50 triliun rupiah. Pada tahun 2014 ini, majalah Forbes menobatkan sang pemilik sebagai salah satu sosok pengusaha terkaya di jagad raya dengan total aset hartanya mencapai US$9,5 miliar.

Untuk terus dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan sejenis, Mikitani atau yang akrab disapa Mickey terus melakukan ekspansi atau perluasan jaringan bisnis, bukan saja di dalam negerinya saja, tetapi ke beberapa negara di Asia dan negara barat. Mikitani yang menyukai golf ini telah mengeluarkan lebih dari US$ 1 miliar dalam beberapa tahun terakhir untuk membeli Buy.com dari Amerika Serikat, Play.com dari Inggris, dan Kobo, sebuah perusahaan pembuat komputer tablet asal Kanada. Linkshare yang merupakan sebuah perusahaan bidang analisis kinerja penjualan dan pemasaran yang berbasis di New York juga telah diakuisisi.Pada bulan Oktober tahun 2005 lalu, para pebisnis di Jepang dikejutkan dengan keputusannya untuk membeli 15,46% saham Tokyo Broadcasting System. Selanjutnya Mikitani juga berinvestasi di perusahaan sosial media, Pinterest senilai US$100 juta. Semua itu dilakukan untuk memperkuat sayap bisnisnya.

Ketika ia memulai bisnis di dunia internet, banyak orang yang merasa pesimis. Banyak orang menganggap dan memprediksi bahwa apa yang tengah dirintisnya tak akan membuahkan hasil. Tak sedikit orang yang juga mengatakan padanya bahwa konsep mall internet sudah berakhir dan takkan berkembang. Namun, berkat kegigihannya, ia berhasil membuktikan gurihnya berbisnis di dunia maya. Bisnis e-commerce saat ini tengah tumbuh pesat, dan Rakuten menjadi salah satu brand yang populer di internet.

Refrensi:
Hiroshi Mikitani, Sosok Dibalik Kesuksesan Rakuten