Hijau dan Bersihnya Taman Tebet Jakarta

Taman Tebet Honda (kadang disebut Taman Tebet atau Taman Honda) merupakan taman seluas 1.800 m2 yang diresmikan oleh gubernur DKI Jakarta (waktu itu) Fauzi Bowo tanggal 28 Juli 2010. Taman ini dulunya merupakan hutan kota tak terawat sehingga bagian dalamnya sempat menjadi permukiman liar dan kumuh sementara bagian luarnya digunakan sebagai tempat usaha oleh warga sekitar. Adalah upaya Pemprov DKI yang kemungkinan bekerja sama dengan produsen motor Honda untuk mengembalikan fungsi taman ini, dan mereka berhasil.

Taman Tebet dibangun tahun 1960, taman ini sempat tertunda di tahun 1970 dan jadi pemukiman liar sampai tahun 2006. Dahulu, namanya Taman Honda. Bukan tanpa alasan, dinamakan demikian karena restorasi taman ini dilakukan atas kerjasama PT Honda Prospect Motor dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Taman seluas 1.800 m2 yang diresmikan oleh gubernur DKI Jakarta (waktu itu) Fauzi Bowo tanggal 28 Juli 2010. Merupakan ruang terbuka hijau yang dapat dimanfaatkan warga Jakarta untuk beraktivitas. Berada di antara jalan Tebet Barat Raya dan jalan Tebet Timur Raya Kecamatan Tebet, Kotamadya Jakarta Selatan. Kawasan taman memiliki anak sungai yang mengalir dari arah Pasarminggu menuju ke Manggarai.

Taman Tebet juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti arena bermain untuk anak dan tempat berolahraga. Untuk arena olahraga sendiri, ada bulu tangkis dan jogging track. Taman yang dirawat oleh petugas ini juga menyediakan musala, kamar mandi, gazebo, dan fasilitas terapi refleksi.

References

Hijau dan Bersihnya Taman Tebet Honda, Jakarta Halaman 1 - Kompasiana.com
JakartaTourism