Hijab Pashmina VS Segi Empat, mana yang Kamu Sukai?

Sebagai seorang wanita muslim, saya salah satu yang menggunakan hijab. Saya termasuk orang yang tidak mau ribet, pada awalnya saya hanya menyukai hijab segi empat karena efisien dan penggunaannya yang mudah. Tetapi, pada akhirnya saya mencoba untuk menggunakan pashmina karena melihat orang turki menggunakannya dan terlihat simpel rapih.

Untuk itu, saat ini saya menggunakan keduanya tergantung kondisi dan waktu yang saya miliki untuk bersiap-siap. Meskipun demikian, terkadang saya merasa wajah saya lebih cocok jika menggunakan pashmina dari pada hijab segi empat. Apakah Youdics ada yang merasakan hal tersebut juga?

nah, kalau Youdics lebih suka menggunakan yang mana? boleh berbagi mengenai jenis kain hijab yang lebeih disukai juga ya…

Jujur saya pribadi lebih menyukai menggunakan hijab segi empat.

Sama seperti kak Auliya saya pun merasa seperti itu. Bahan kerudung segi empat biasanya lebih tebal dan lebih mudah diatur. Hal itu juga yang membuat saya lebih menyukai kerudung segi empat. Selain itu, memang model kerudung pashmina kurang cocok diwajah saya yang bulat dan memiliki pipi tembem. Jadi saya pun merasa lebih percaya diri jika menggunakan kerudung segi empat.

Sebenarnya saya ingin sekali bisa percaya diri dan pandai memakai kerudung pashmina. Dari dulu saya merasa tidak cocok, karena memang bahan untuk kerudung pashmina itu lebih licin dan juga lebih susah diatur daripada bahan kerudung segi empat. Namun, semenjak muncul model kerudung pashmina plisket saya mulai berani untuk mencoba dan menggunakan kerudung pashmina. Saat ini saya memiliki beberapa kerudung pashmina, namun cukup jarang saya gunakan karena saya masih merasa ribet untuk menggunakan kerudung pashmina, jadi hanya saya gunakan di saat tertentu saja.

1 Like

wah, terima kasih kak @nanazz atas tanggapan dan kisahnya!

memang benar permasalahan itu dimiliki oleh hampir seluruh wanita yang memiliki wajah bulat dan pipi chubby, tetapi saat ini sudah banyak sekali tutorial menggunakan hijab pashmina untuk menutupi pipi chubby tersebut. Tutorial tersebut seringkali dijadikan acuan bagi teman-teman saya yang memiliki masalah serupa.

tetapi, menurut saya pada intinya jika ingin menutupi pipi yang chubby dapat dilakukan dengan tidak menonjolkan tulang rahang secara tegas, sehingga kalau melipat kain pashmina di bagian pelipis ditariknya agak ke depan menutupi bagian pipi mungkin sekitar 4-5 cm dari telinga.

Karena dengan memperlihatkan tulang rahang atau menariknya terlalu dekat dengan telinga itu akan semakin menonjolkan pipi yang chubby. Cara ini sangat cocok digunakan untuk mereka yang kurus dan memiliki pipi yang tirus tetapi ingin terlihat sedikit tembem.

untuk selebihnya bisa dilihat di youtube, karena saat ini telah banyak sekali tutorial yang beredar bisa mencari dengan kata kunci ini "Tutorial Hijab Pashmina Untuk Wajah (sesuaikan dengan kondisi wajah) atau “Tips Menggunakan Pashmina Untuk Wajah (sesuaikan dengan kondisi wajah)”

terkait hal ini, sebenarnya saya juga merasakan hal yang sama tetapi pashmina yang saya sukai adalah yang bahannya jatuh sehingga lebih mudah untuk dibentuk. tetapi memang akan sangat licin jika tidak menggunakan dalaman hijab, dalaman hijab yang cocok pun yang rajut menurut saya karena ada dalamna hijab yang juga licin sehingga tidak membantu sama sekali. selain itu biasanya yang bahannya jatuh bahannya tipis jadi tidak panas untuk dililit-lilit agar tidak menerawang untuk penggunaan sehari-hari.

Wah terima kasih kak untuk tipsnya. Bisa banget buat dipratekkan nanti. Saya sendiri memang agak pemilih terkait bahan kerudung :sweat_smile:, jadi saya masih berusaha beradaptasi dengan kerudung pashmina. Menurut saya kerudung pashmina lebih cocok digunakan di acara semi formal hingga formal, namun bukan berarti tidak bisa digunakan dalam sehari-hari. Untuk penggunaan dalam hijab juga, saya juga sedikit memiliki masalah dengan hal tersebut. Hal ini karena ada beberapa bahas dalam hijab yang ketika digunakan malah membuat kepala pusing dan tidak nyaman.

1 Like

Saya pribadi memilih pashmina, selain banyak motif dan bahan yang bisa dipadupadankan dengan berbagai busana. Juga, pashmina memiliki ukuran panjang dan lebar.untuk kalangan hijab pada umumnya, yang bisa dibentuk sesuai mode yang kita mau. Pashmina sendiri juga dapat dijadikan sebagai hijab penutup dada untuk para wanita muslimah yang tetap ingin tampil modis tanpa terlihat lekukan tubuh.

1 Like

Saya pribadi lebih menyukai hijab segi empat meskipun saya memiliki beberapa kerudung pashmina. Saya merasa bahwa memakai pashmina lebih ribet daripada memakai kerudung segi empat. Kerudung pasmina sendiri menurut Saya juga lebih membuat gerah karena terdiri dari beberapa lilitan dan kurang cocok digunakan di kegiatan sehari-hari yang membutuhkan banyak pergerakan. Hijab segi empat sendiri memiliki pemakaian yang simple tanpa harus memikirkan berbagai macam gaya yang sangat berbeda ketika ingin mengenakan kerudung pashmina.

Kalau saya pribadi lebih menyukai hijab segi empat daripada pashmina. Selain modelnya yang simple dan elegan, menurut saya segi empat sangat cocok untuk saya yang sering beraktivitas di luar dan bergerak kesana kemari karena ukurannya tidak sepanjang hijab pashmina sehingga lebih mudah diatur. Kemudian hijab segi empat juga lebih cocok untuk bentuk muka saya yang bulat dan memiliki pipi yang tembem, jika memakai pashmina menurut saya tidak cocok dan malah membuat saya menjadi lebih kelihatan bulat. Saya juga tipe orang yang sering berkeringat, jika memakai pashmina membuat saya merasa lebih gerah daripada memakai hijab segi empat. Mungkin karena lilitan pashmina itu yaa…