Hidup Terasa Indah dengan Mencintai Diri Sendiri

Untitled design (3)

Makna Quote

Tidak ada manusia yang sempurna, karena kesempurnaan itu hanyalah milik Allah SWT.

Kalimat ini tentu sudah diketahui oleh banyak orang. Memang diakui, tidak ada manusia yang sempurna, baik secara fisik mauoun nonfisik.

Begitupun saya, yang tentunya jauh dari kata sempurna. Jika melihat orang lain, pasti ada saja sesuatu yang berbeda dengan diri sendiri. Yang saya yakini, setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sikap kita adalah bagaimana menerima, mensyukuri, dan membuat kira merasa cukup atas apa yang kita miliki.

Ketidaksempurnaan pada diri manusia bukanlah suatu kekurangan. Dibalik ketidaksempurnaan itu pasti ada emas yang kita miliki. Hal yang harus dilakukan ialah menemukan emas yang ada di diri kita. Memang perlu waktu untuk menemukannta. Tapi, proses menemukan itulah yang menjadi bagian terpentingnya. Jika kita belum menemukan emas pada diri kita, apakah kita harus benci dengan diri kita? Tidak.

Yang perlu kita lakukan adalah mencintai diri sendiri. Berawal dari mencintai diri sendiri, pasti kita akan merasa bersyukur terhadap apa yang kita miliki. Segala sesuatu yang kita syukuri akan berbuah positif terhadap kita. Hidup akan terasa senang, gembira, dan indah jika kita “cinta diri sendiri”. Tak lupa, jika bahagia maka hati kita juga bahagia. Dan hati kita tidak akan merasa tersakiti.

Seperti yang telah dikatakan oleh alm. B.J. Habibie, sosok yang sangat menginspirasi banyak orang.

Tak perlu seseorang yang sempurna. Cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia. Dan membuatmu berarti lebih dari siapapun.

Artinya, manusia tak ada yang sempurna, karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan semata. Seperti yang telah saya katakan di awal. Konsep kesempurnaan yang dimiliki manusia hanyalah berpikiran bahwa hari ini harus lebih baik daripada kemarin, tak lebih dari itu.

Begitu juga kata bijak oleh Michelle Obama, yang merupakan seorang penulis dan mantan ibu negara Amerika Serikat ke-44.

Always stay true to yourself and never let what somebody else say distract you from your goals.

Artinya, Selalu jadi dirimu sendiri dan jangan biarkan orang lain merusak tujuanmu. Kamu harus tahu siapa dan bagaimana dirimu. Hanya karena seseorang terlihat lebih menarik, bukan berarti kamu harus mengikutinya dan meninggalkan dirimu sendiri. Jadilah dirimu sendiri. Yang tidak terpengaruh dengan orang lain. Apalagi membiarkan orang lain merusak tujuanmu.

Mencintai diri sendiri. Kalimat yang simpel namun sangat bermakna. Mudah untuk diucap, namun sulit untuk dilakukan. Ya, kekurangan yang kita miliki terkadang membuat kita menjadi down dan pesimis. Dan terkadang kita terlalu melihat jauh di atas. Hal inilah yang membuat kita merasa selalu merasa kurang dan memikirkan untuk menjadi orang lain. Oleh karena itu, janganlah melihat kelebihan orang lain.

Seperti yang telah dikatakan Michelle Obama, janganlah orang lain merusak tujuanmu. Dalam artian ini, sebenarnya yang merusak bukanlah orang lain itu sendir, tapi diri kita sendiri. Kita yang melihat orang lain dengan begitu jauh sampai melupakan diri kita sebenarnya. Sehingga, pandangan kita terhadap orang lain membuat mimpi/tujuan kita lenyap. Maka, diri sendirilah yang harus mengontrol pandangan kita.

Mulai sekarang, mulailah menyadari kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Jadikanlah kekurangan sebagai penyemangat untuk berubah menjadi lebih baik. Bersikaplah positif dan selalu menebar kebaikan. Karena apa yang kita tanam, akan kita tuai. Hiduplah mulai dengan mencintai diri sendiri. Hiduplah dengan selalu menebar kebaikan. Dengan begitu, hidup kita akan terasa indah dan hati kita akan bahagia.

-AQM, 1 Mei 2020

1 Like