Hidup Bukan Kompetisi

Upaya untuk meraih keunggulan adalah upaya seseorang untuk menjadi makhluk yang lebih berkualitas. Apakah youdics pernah ketika kalian mencoba untuk menjadi seseorang yang superior? hal itu cenderung untuk menganggap sebagai hasrat dan menjadi lebih unggul dari yang lain. Believe it or not , hal ini sama saja ketika kalian sedang mendaki gunung yang tinggi dan kalian menendang orang yang lain untuk terjatuh.

Namun jika kalian menerapkan seperti sedang mendaki gunung yang tinggi dengan level kedudukan yang sama, ada orang-orang yang melangkah maju dan ada juga yang melangkah maju di belakang itu artinya kalian memiliki pola pikir yang maju. Bukan untuk bersaing dan mengharuskan diri lebih dominan dari yang lain.

Hidup bukanlah sebuah perlombaan, hidup juga bukan soal tentang siapa yang paling hebat, siapa yang paling juara, dan siapa yang memiliki kedudukan tinggi. Kita sebagai manusia harus menikmati proses sesuai standard yang Maha Kuasa sudah berikan. Bukan berarti hasilnya harus terus yang terbaik, melainkan bagaimana kalian bisa menghargai proses bertumbuh dan memaknai disetiap langkah.

Kunci nya adalah terus melangkah maju tanpa bersaing dengan siapa pun. Yang paling terpenting adalah tidak ada gunanya jika kalian terus membandingkan diri kalian dengan orang lain. Itu tidak akan membuahkan hasil dan hanya menjadikan diri kita tidak berkembang. Benar adanya, bahwa manusia diciptakan dengan berbeda. Tapi, jangan menggabungkan hal yang baik dan buruk. Apapun perbedaannya, manusia adalah setara.