Hewan apa saja yang dapat menghasilkan listrik yang tidak kita sangka dapat membahayakan kita?

Banyak hewan yang tidak kita sangka dapat membahayakan kita saat bepergian ke alam. Apa saja hewan yang pada umumnya kita ketahui sepert tidak berbahaya tetapi sangat mematikan karena kekuatan listriknya ?

a. Ikan Belalai Gajah
Ikan Belalai Gajah memiliki mulut yang panjang menyerupai bentuk belalai gajah. Ikan ini dilengkapi dengan organ khusus, yang disusun oleh ribuan sel electropax, pada bagian ekor yang mampu menghasilkan listrik statis bertegangan tinggi. Sel electroplax merupakan sel yang menghasilkan muatan negatif pada bagian dalam dan muatan positif pada bagian luar saat ikan belalai gajah dalam keadaan beristirahat. Arus listrik akan muncul pada saat otot ikan berkontraksi, pada saat itu pula ikan mampu mendeteksi keberadaan predator dan mangsa.

b. Ikan Pari Elektrik
Jika kita bermain Monster shooter maka salah satu lawannya adalah ikan pari elektrik ini. Ikan pari elektrik adalah jenis ikan pari yang mampu mengendalikan tegangan listrik yang ada pada tubuhnya. Kedua sisi kepala ikan pari elektrik mampu menghasilkan listrik hingga sebesar 220 volt. Besar tegangan ini sama seperti besar tegangan listrik yang ada di rumah yang sepertinya cukup untuk membunuh orang dewasa. Oleh karena itu jika anda berenang dan melihat ikan pari elektrik ini jauhi saja kecuali jika anda mempunyai senjata seperti tokoh di monster shoote**r maka tembak saja.

c. Hiu Kepala Martil
Hiu martil atau Hiu milik rangers biru di Power Rangers Wild Force ini memiliki ratusan ribu elektroreseptor atau sel penerima rangsang listrik. Hiu kepala martil mampu menerima sinyal listrik hingga setengah milyar volt. Hiu kepala martil biasa menggunakan kemampuan mendeteksi sinyal listrik untuk mengetahui letak mangsa di bawah pasir, menghindari keberadaan predator, dan untuk mendeteksi arus laut yang bergerak sesuai medan magnet bumi.

d. Echidnas
Echidna. Hewan berduri yang masih satu keluarga dengan landak ini memiliki moncong memanjang yang berfungsi sebagai mulut dan hidung. Moncong ini mengirim sinyal-sinyal listrik untuk menemukan serangga (mangsanya), mangsa yang sering diburu echidnas ini berupa semut dan rayap serta serangga kecil lainnya. Elektroreseptor Echidnas terus menerus dibasahi agar lebih mudah untuk menghantarkan listrik. Hal inilah yang menyebabkan ke banyakan hewan yang memiliki sistem elektroreseptor berasal dari perairan.

e. Belut Listrik
Belut listrik adalah hewan yang paling terkenal diantara semua hewan yang memiliki kekuatan listrik. Belut listrik biasanya ditemukan di perairan Amerika Selatan atau lebih tepatnya Sungai Amazon. Penelitian menunjukkan bahwa belut listrik dapat menghasilkan kejutan tanpa lelah selama satu jam. Besarnya jumlah energi listrik yang dihasilkan tersebut diyakini dapat membunuh manusia dewasa serta membunuh seekor buaya besar atau aligator.

f. Lele Elektrik
Lele air tawar yang berasal dari perairan tropis di Afrika ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan listrik hingga sebesar 350 volt. Besarnya energi yang dihasilkan lele elektrik sama seperti energi listrik yang diperlukan untuk menyalakan komputer selama 45 menit jika kalian ingin bermain game di komputer tanpa harus memikirkan biaya listrik maka pelihara saja lele ini.