Hewan Apa Saja yang Bisa Bersin?


Ketahui bagaimana proses gajah bersin, juga hewan apa saja yang pernah bersin dan batuk.
Belalai gajah tak hanya berfungsi sebagai alat untuk bernafas, atau lengan untuk membantunya makan, minum, dan mengambil sesuatu. Belalai itu juga berfungsi untuk membantunya bersin.


Bill Milsom, seorang fisiologis komparatif dari University of British Columbia mengatakan bahwa gajah, layaknya mamalia lain, melakukan proses bersin dan batuk dari tenggorokan dan lubang hidung. Khusus pada gajah, proses itu terjadi lebih lama karena panjang lubang hidung yang tak seperti mamalia lain. Dengan begitu, bunyi yang ditimbulkan pun akan lebih besar dan heboh.

Menurut Milsom, proses bersin yang terjadi baik pada manusia dan gajah membutuhkan proses pengeluaran udara dari dalam paru-paru, yang dirancang untuk membersihkan sumber iritasi.

Tak hanya hewan darat saja yang bisa bersin dan batuk.

Iguana laut bersin untuk membantunya mengeluarkan garam dari kelenjar hidungnya. Paus dan lumba-lumba memompa air keluar dari tubuhnya sebelum bisa mengambil napas. Hal itu, menurut Milsom, sama dengan proses bersin pada manusia. Ikan pun melakukan hal yang sama untuk mengeluarkan partikel kecil yang terperangkap di insangnya.

Satu-satunya kelas hewan yang tak melakukan proses bersin dan batuk, adalah serangga. Seorang fisiologi serangga Allen Gibbs menjelaskan bahwa hewan invertebrata memang bisa mengusir partikel kecil keluar dari alat pernapasannya menggunakan udara yang ada, namun hal itu masih belum bisa dikategorikan sebagai proses bersin seperti halnya yang dilakukan mamalia.