[Hate Speech] Menilai fisik Seseorang Termasuk Hate Speech

image

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

Banyak sekali orang-orang yang masih saja membicarakan fisik orang lain, baik itu dari bentuk tubuh, warna kulit, mata, rambut dan lain sebagainya. Apa pendapat kalian mengenai hal tersebut ? Menurut kalian apakah tindakan tersebut termasuk Hate Speech ?

Sumber Gambar : https://www.google.com/imgres?imgurl=http%3A%2F%2Fyayasanpulih.org%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F07%2Fbody-shaming-1024x1024.jpg&imgrefurl=http%3A%2F%2Fyayasanpulih.org%2F2020%2F07%2Fstop-body-shaming%2F&tbnid=aAQACxVr0k6uKM&vet=12ahUKEwiC9ZTyuZPrAhWb53MBHf68AXYQMygCegUIARCmAQ..i&docid=oWPm0UgpxvDIaM&w=1024&h=1024&q=body%20shaming&safe=strict&ved=2ahUKEwiC9ZTyuZPrAhWb53MBHf68AXYQMygCegUIARCmAQ

2 Likes

Termasuk dalam hate speech karena menebar ujaran kebencian. Karena dengan mengomentari seseorang dalam hal fisiknya dapat menganggu orang tersebut. Lebih parahnya lagi hate speech bisa berdampak buruk bagi korban dalam kehidupaannya.

Menilai fisik seseorang termasuk hate speech, karena orang akan menjadi insecure dan tidak bisa menerima dirinya sendiri apa adanya. Perkataan tersebut juga dapat menggiring opini orang untuk turut membenci si korban.

Menurut saya termasuk hate speech, karena melalui definisi saja sudah termasuk ke dalamnya. Hate speech meliputi komentar negatif mengenai tubuh, ras, dll dari seorang manusia.

sumber : https://www.bulelengkab.go.id/detail/artikel/hate-speech-definisi-hate-speech-66

Menurut saya menilai fisik seseorang termasuk hate speech. Sebab, peruatan seperti itu dapat membunuh karakter seseorang. Parahnya, apalagi kalau perbuatan tersebut sampai dapat menyebabkan korban menjadi insecure yang berlebihan dan akhirnya memberikan dampak yang sangat buruk terhadap korban.

Saya sangat setuju dengan pendapat mbak @HamidatulKhofifah, Karena perkataan seperti itu dapat membunuh karakter seseorang, sehingga dapat menyebabkan insecure yang berlebihan yang akan menyebabkan dampak yang tidak baik.