[Hate Speech] Mengatakan Idol Korea sebagai "Plastik" adalah Hate Speech

image

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

Idol Korea identik dengan visual tampan dan bersinar yang kerap menarik perhatian orang lain, terutama dari penggemarnya. Namun, sebagian masyarakat justru menganggap visual luar biasa yang dimiliki oleh para idol ini sebagai “plastik”. Apakah hal ini termasuk hate speech? Ungkapkan pendapatmu di kolom komentar!

Hi zzarrafii :wave:t4: :grin:

Menurut saya hal tersebut adalah Hate Speech

Alasannya karena menurut saya sebutan “Plastik” menjurus kedalam tindakan menghina.

Ucapan kebencian atau ujaran kebencian (Inggris: hate speech ) adalah tindakan komunikasi yang dilakukan oleh suatu individu atau kelompok dalam bentuk provokasi, hasutan, ataupun hinaan kepada individu atau kelompok yang lain dalam hal berbagai aspek seperti ras, warna kulit, etnis, gender, cacat, orientasi seksual, kewarganegaraan, agama, dan lain-lain.

Sumber : :https://id.wikipedia.org/wiki/Ucapan_kebencian#:~:text=Ucapan%20kebencian%20atau%20ujaran%20kebencian,gender%2C%20cacat%2C%20orientasi%20seksual%2C

1 Like

Ya, menurut saya itu Hate speech. Karena sebutan “Plastik” merujuk pada sesuatu yang negatif jika dikaitkan dengan wajah seseorang, dimana plastik adalah bahan sintesis yang sangat melenceng jauh dengan wajah. Bahkan, seseorang mengatakan begitu pun tanpa didasari fakta dan kebenaran. Itu adalah ungkapan kebencian yang dilontarkan seseorang/sekelompok orang karena tidak menyukai manusia lain.

1 Like