[Hate Speech] Komentar Terhadap Pak Jokowi Dalam Postingan di Facebook Berikut Merupakan Hate Speech

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

Banyak saya temukan akun-akun bodong yang memposting hal-hal seperti diatas dengan komentar-komentar negatif yang sepertinya mengarah dan mengajak orang lain untuk ikut melontarkan kata-kata negatif, menurut saudara apakah komentar-komentar tersebut mengarah kepada hate speech atau bukan? berikan pendapatmu…

Menurutku ini termasuk kedalam hate speech. Garis bawahi “kayak mo minta sumbangan” , kata-kata ini terkesan melecehkan. Dari kata-kata itu yang tersinggung bukan hanya pak jokowi, bisa saja orang yang profesinya berhubungan dengan sumbangan akan tersinggung.

1 Like

Ya,menurut saya itu merupakan contoh hate speech. Dimana salah satu indikator sesuatu dikatakan hate speech adalah ketika hal tersebut memprovokasi seseorang/kelompok orang. Kalimat pada caption tersebut takutnya menyinggung orang-orang di luar sana yang bertugas dalam meminta sumbangan untuk bantuan tertentu.

Termasuk hate speech karena kaliamat dalam postingan facebook itu terkesan mengejek dan menghina sosok Jokowi yang sedang bertemu dengan Raja Arab Saudi. Jika dilihat dalam konteks diplomasi, tindakan Jokowi merupakan wujud diplomasi dan negosiasi untuk mengajak kerja sama dengan mitra kerjanya dalam memenuhi kepentingan negara.