[Hate Speech] benarkah mengatakan "ih badanlu bau banget" dengan ketus termasuk hate speech?

setiap orang memiliki bau badan yang berbeda-beda. bau badan merupakan hasil keturunan dari orang tua kita. ada orang yang memiliki bau badan yang harum, hingga ada juga orang yang memiliki bau badan yang bau. tapi pernah nggak sih ada orang yang mengatakan “badanlu bau banget sih” dengan ketus.

apakah hal tersebut termasuk hate speech?

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

Pertama kita harus paham arti hate speech. Hate Speech (Ucapan Penghinaan/atau kebencian) adalah tindakan komunikasi yang dilakukan oleh suatu individu atau kelompok dalam bentuk provokasi, hasutan, ataupun hinaan kepada individu atau kelompok yang lain dalam hal berbagai aspek seperti ras, warna kulit, etnis, gender, cacat, orientasi seksual,kewarganegaraan, agama, dan lain-lain. hate speech dapat berupa tindak pidana yang diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), yaitu: Penghinaan, Pencemaran nama baik, Penistaan, Perbuatan tidak menyenangkan, Memprovokasi, Menghasut, Menyebarkan berita bohong

Semua tindakan di atas memiliki tujuan atau bisa berdampak pada tindak diskriminasi, kekerasan, penghilangan nyawa, dan/atau konflik sosial..
Dari kalimat " Ih badanu bau banget" jika dimaknai, kalimat ini termasuk dalam bentuk hate speech bentuk penghinaan. Namun yg perlu digaris bawahi adalah ciri hate speech menarah pada tindakan yg lebih ekstrim seperti konflik sosial. sedangkan kalimat “ih badanlu bau banget” tidak mengarah kepada konflik sosial/diskriminasi/penghilangan nyawa/kekerasa. Sehingga menurut saya dapat disimpulkan kalimat “Ih badanlu bau banget” BUKAN HATE SPEECH.