[Hate Speech atau Bukan] Apakah Mengomentari Kemampuan Bernyanyi Idol Termausk Hate Speech?


Banyak netizen yang mengomentari talenta seorang idol dalam bernyanyi. Ada idol tertentu yang dinilai kurang pandia bernyanyi oleh netizen. Apakah ini termasuk hate speech?

  • Hate Speech
  • Hoax

0 voters

mengomentari tidak selalu mengandung kebencian, kadang juga mengomentari agar lebih baik dan menunjukkan part yang salah agar lebih baik.

Termasuk hate speech, karena seharusnya penyanyi tersebut sudah tahu bagaimana kemampuannya mungkin lewat pelatihnya atau juri atau teman sesama idol. Kita yang tidak memiliki kemampuan atau pengetahuan tentang bernyanyi sebaiknya tidak ikut memberi komentar yang menyinggung perasaannya. Apalagi kita tidak pernah kenal atau bahkan bertemu.

Tidak termasuk Hate Speech. Hal ini termasuk ke dalam free speech dimana mengandung kritik (mengomentari kemampuan bernyanyi) yang dapat membangun Idol itu sendiri supaya menjadi lebih baik dan berkualitas dari sebelumnya

Saya setuju dengan @Larsfhns, mengomentari kemampuan bernyanyi idol termasuk free speech karena merupakan kritik atau menyampaikan pendapat, kecuali orang tersebut memang sengaja atau memiliki tujuan untuk membenci si idol tersebut baru bisa dikatakan hate speech.

1 Like