[Hate Speech] Apakah Memanggil orang papua dengan sebutan Monyet termasuk Hate Speech?

  • Hate Speech
  • Bukan hate Speech

0 voters

Saat kita menyamakan orang dengan makhluk lain akan muncul masalah, misalnya saat fans olahraga menyebut makian [rasis], atau Donald Trump menyebut Presiden Suriah Bashar al-Assad seekor binatang, atau saat mahasiswa Papua diduga disebut monyet di Surabaya, Jawa Timur, belum lama ini.
Orang mengggunakan perbandingan dengan hewan untuk berbagai ekspresi, banyak di antaranya yang positif. Hewan yang imut dan kecil, misalnya, dipakai sebagai nama kesayangan untuk anak-anak atau kekasih.Banyak metafora hewan yang terang-terangan menghina—alih-alih menyamakan sifat tertentu. Menyebut orang babi, tikus, kera, monyet, anjing, belatung, atau lintah memiliki makna derogatif serta tudingan emosional dan moral yang keras.
Apakah termasuk Hate Speech atau Bukan?

1 Like

Termasuk hate speech sih kalo menurutku. Karena gini, hate speech adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh suatu individu atau kelompok dalam bentuk provokasi, hasutan, ataupun hinaan kepada individu atau kelompok yang lain dalam hal berbagai aspek seperti ras, warna kulit, etnis, gender, cacat, orientasi seksual. Ketika seseorang mengolok-olok orang Papua dengan sebutan monyet udah jelas disini dia posisinya ingin menghina ras dari si orang Papua karena dia melanesia dan warna kulitnya yang hitam. So, yes ini termasuk hate speech. Be kind folks!!!

1 Like

Sudah jelas kata tersebut mengandung ujaran yang merendahkan suatu ras, suku, yaitu suku Papua. Pun apabila ini tidak terjadi kepada suku Papua, atau kepada seseorang tanpa memperhatikan konteks individu atau kelompok yang dituju, ini tetap merupakan Hate Speech

Menurut saya sudah jelas bahwa ini termasuk hate speech karena berupa penghinaan yang ditujukan untuk suatu suku, etnis. Padahal semboyan kita Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu, tapi masih ada saja ditemukan komentar seperti ini. Sangat disayangkan sih…

1 Like

Menurut saya termasuk hate speech karena melakukan penghinaan terhadap suatu etnis atau ras tertentu. Sangat diasayangkan masih ada saja kasus seperti ini. Think before you act, respect, and be kind to everyone!

1 Like

Menurut aku ini termasuk hate speech, karena sudah menghina suatu ras dan juga menghina fisik seseorang. Seharusnya hal tersebut tidak perlu terjadi, kita sebagai negara yang beranekaragam suku, ras, agama, bahasa. Harus menghargai satu sama lain.

1 Like