Hasso Plattner : Pelopor Software SAP

Biografi, Hasso Plattner


Pekerjaan
Pengusaha, filantropis dan pendiri perusahaan perangkat lunak SAP SE, menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas dari SAP

Tempat Tanggal Lahir
Berlin, Jerman, 21 Januari 1944 (72 tahun)

Kewarganegaraan
Jerman

Pendidikan
Master of Science, University of Karlsruhe

Pasangan
Sabine Plattner (m. 1978)

Orang tua
Horst Plattner

Afiliasi lainnya
• Hasso Plattner Institute
• SAP AG

Total Kekayaan
US$10.8 billion dollar – 145 Triliun Rupiah (November 2016)

Peringkat berdasarkan forbes
• 20 Richest In Tech (2016)
• 22 Richest In Tech (2015)
• 113 Billionaires (2016)
• 10 in Germany

Riwayat Hidup


Hasso Plattner dilahirkan di Berlin, Jerman pada 21 Januari 1944 (usia 72 tahun) dan dibesarkan di Bavaria. Ayahnya Hasso Plattner adalah Horst Plattner (1918 – 2001) merupakan seorang dokter mata yang berasal dari Rumania di Transylvania. Hasso Plattner belajar di Universitas Karlsruhe dan lulus pada tahun 1963.

Setelah lulus dari pendidikan Hasso menikah dengan Sabine Plattner. Hasso dan Sabine memiliki dua anak dan tinggal di Altenbach di Odenwald.

Hasso juga seorang pemain golf yang handal, selain itu ia juga seseorang yang gemar berlayar, musim gugur terakhir ia memenangkan kejuaraan Naga Jerman, dengan orang 3 awak termasuk Hamish Lada seorang pelaut Selandia Baru Olympic.[1]

Hasso juga memiliki hubungan yang kuat dengan Afrika Selatan, ia juga menghabiskan sebagian waktunya tinggal di Afrika Selatan dengan berpartipasi dalam kegiatan amal, untuk memeringai AIDS, ia juga mendukung Universitas – universitas di KwaZulu Natal dan Cape Town.

Hasso pada musim semi tahun 2005 mengikuti konser amal 46664 yang diadakan di lapangan golf di George, Afrika Selatan untuk mempromosikan perjuangan anti – AIDS.

Riwayat Karir


Karir Hasso dimulai dari tahun 1968, Hasso Plattner bekerja sebagai System consultan di IMB Deutschland, Jerman. Pada tahun 1972 ia bersama 4 rekan kerjanya di IMB meninggalkan IMB dan menderikan perusahaan SAP (Systems, Applications, and Products in Data Processing) bersama dengan 4 rekannya. Pada tahun 1979 Hasso menerima tanggung jawab keseluruhan untuk bidang teknologi.

Pada tahun 1980 menjadi CEO SAP dan tahun 1988 SAP go public. Pada tahun 1997 – 2003 Hesso menjabat sebagai ketua dewan eksekutif dan CEO SAP. Pada tahun 2003, setelah pensiun dari operasi sehari – hari SAP Hasso terlibat sebagai Ketua badan Pengawas SAP. Dia dianggap “salah satu promotor ilmu swasta paling penting di Jerman”.[2]

Pada tahun 1998 ia mendirikan Hasso Plattner Institute untuk Software Systems Engineering di University of Potsdam. Awal Oktober 2005 Hasso menjadi profesor di Hasso Plattner Institute untuk Sistem IT Teknik.

Dia juga memiliki inkubator bisnis dan modal dana ventura yaitu Hassi Plattner Ventures untuk mendukung pengusaha muda di bidang IT dan juga yayasan yang telah membuat kontribusi kepada lembaga – lembaga di Afirika Selatan untuk mendukung penelitian medis tentang HIV/AIDS dan mempromosikan pendidikan kesehatan.[3]

Hasso Plattner pada tahun 2003 juga yang mempromosikan ilmu pengetahuan dan pada musim gugur ia menyumbang sepuluh juta euro untuk ekstensi ke perpustakaan di Universitas Mannheim.

Hasso juga mendukung perang untuk melawan AIDS. Program “Isombululo” merupakan sebuah program untuk pencegahan dan juga pengobatan penyakit dengan imun. Ia juga menyumbangkan 6 juta euro pada tahun 2004 dan proyek bantuan sekitar 360.000 orang di wilayah Cape.

Zeit-Verlag ditandatangani pada bulan November 2008 di layar guest house: "Hari ini Plattner adalah salah satu sponsor swasta pengetahuan terbesar ".[4] Hasso juga sangan aktif sebagai dermawan di bidang penelitian teknologi. Ia talah diterima sebagai doktor kehormatan tahun 1990 dan profesor kehormatan di Sistem Informasi tahun 1994 dari Universitas Saarland, Saarbrücken. Pada tahun 2002 ia menerima doktor kehormatan dan tahun 2004 ia juga menerima profesor kehormatan dari University of Potsdam.

November tahun 2007, Hasso menymbangkan € 20.000.000 untuk rekonstruksi Potsdamer Stadtschloss yang telah rusak selama Perang Dunia II. Pada April 2012 diketahui ia menyediakan kota Kunsthalle Postdam, GDR seni akan ditampilkan di pameran sementara beserta koleksi pribadi Plattner. Dan Kunstalle dibuka kembali pada tahun 2017 sebagai Museum Barberini Palace.

Di Februari tahun 2013 Hasso mengumumkan bahwa dia akan bergabung dengan kampanye The Giving Pledge dan memberikan setengah dari perkiraan $ 5000000000. [5] Pada tahun 2013, ia membeli dua dari mitra di SJS & E, dan mulai melayani sebagai Dewan Wakil Gurbenur untuk Hiu 'di National Hockey League.[6]

Fakta-fakta


  1. Hasso Plattner merupakan pelopor Software SAP.
  2. Hasso Plattner pernah menjadi CEO SAP
  3. Hasso Plattner pernah bekerja di IBM
  4. Hasso Plattner dilahirkan di Berlin, dan dibesarkan di Bavaria.
  5. Hasso pertama kali bekerja sebagai System consultan di IMB Deutschland, Jerman tahun 1968.
  6. Ayah Hasso seorang dokter mata.
  7. Total kekayaan Hasso pada November 2016 mencapai US$10.8 billion dollar atau145 Triliun Rupiah.
  8. Hasso sangat aktif menjadi dermawan di bidang penelitian teknologi
  9. Hasso menjadi derwaman amal di Afrika Selatan.
  10. Hasso Plattner pernah memenangkan kejuaraan Naga Jerman
  11. Hasso Plattner peduli dengan kegiatan amal untuk memerangkan AIDS
  12. Pendiri Hasso Plattner Institute

Quotes


I believe that whoever is successful should help ensure that the next generation can be successful, too.– Hasso Plattner
Business reporting is not dealing with objects, it is dealing with relationships between objects. – Hasso Plattner
New applications will have to deal with big data. We have to analyze it on the fly, so we have to have a system that is transactional and analytical at the same time. We cannot have a multi-stage system. This is too slow for modern applications. – Hasso Plattner
Kids only learn that the stove is hot when they put their finger on and they burn it. This, unfortunately, is the limitation of our precious brain. – Hasso Plattner

[details=Referensi]1. https://www.ft.com/content/59100f14-97ce-11e3-ab60-00144feab7de
2. http://www.manager-magazin.de/unternehmen/karriere/a-326576.html
3. http://www.forbes.com/profile/hasso-plattner/
4. Bijan Peymani: »Wieder universaler denken«. (PDF; 644 kB) Zeitverlag, 20. November 2008. (Anzeige/Interview)
5. http://www.spiegel.de/international/germany/sap-founder-hasso-plattner-pledges-billions-to-charity-a-884473.html
6. http://www.mercurynews.com/2013/01/30/hasso-plattner-becomes-new-face-of-san-jose-sharks-ownership-group/

https://de.wikipedia.org/wiki/Hasso_Plattner
http://www.forbes.com/forbes/welcome/?toURL=http://www.forbes.com/profile/hasso-plattner/&refURL=&referrer=
https://www.ft.com/content/59100f14-97ce-11e3-ab60-00144feab7de
http://www.azquotes.com/author/87939-Hasso_Plattner
[/details]

Hasso Plattner lahir di Jerman pada 21 Januari 1944, ayahnya seorang dokter mata. Hasso Plattner menempuh pembelajaran di Universitas Karlsruhe dan lulus pada 1963. Setelah lulus ia menikah dengan Sabine Plattner. Hobi Hasso adalah golf dan berlayar. Ia aktif dalam kegiatan kemannusiaan, seperti mempromosikan perjuangan anti AIDS.

Seorang Hasso Plattner tidak pernah melihat masa lalu, ia akan terus menatap masa depan. Ia mengakui bahwa dia memiliki ambisi dan nyentrik sejak muda. “Saya ingin tumbuh di Liverpool dan menjadi rocker. Saya akan mengenakan sepatu bot saya, celana jins dan jaket kulit, dan rambut panjang dan memainkan gitar. Bila Anda memiliki bahasa seperti ini, Anda tidak bisa mulai bernyanyi” Mengatakan hal tersebut dengan aksen bahasa Inggris Jermannya.
Karir Hasso dimulai dari bekerja sebagai System consultan di IMB Deutschland, Jerman. Lalu ia keluar dari IMB dan membentuk perusahaan SAP (Systems, Applications, and Products in Data Processing) bersama dengan 4 rekannya. Pada tahun 1998 ia mendirikan Hasso Plattner Institute untuk Software Systems Engineering di University of Potsdam. Kekayaan Hasso adalah $13B (forbes.com 8 September 2017).

Hasso Plattner sebagai seseorang yang sangat ahli dalam bidang teknologi informasi, dan juga sebagai intreprenuer SAP yang keluar dari zona amannya di perusahaan IMB. Namun, ia selalu ingat dengan sesamanya, ia sangat aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan. Ia iku t serta dalam kegiatan seperti mempromosikan pendidikan kesehatan, mendukung penelitian medis tentang HIV/AIDS, program Isombululo(program untuk pencegahan dan juga pengobatan penyakit dengan imun), dan kegiatan lainnya. Hasso juga tergerak hatinya untuk membangun sebuah lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas pengetahuan IT sehingga terbangunnya Hasso Plattner Institute.

“I’m a Berliner – fast, loud, obnoxious, industrious, brutally open”
~ Hasso Plattner

Sumber :
https://www.forbes.com/profile/hasso-plattner/ (dikutip pada 8 September 2017)
https://en.wikipedia.org/wiki/Hasso_Plattner (dikutip pada 8 September 2017)
Paul Taylor and Chris Bryant.
https://www.ft.com/content/59100f14-97ce-11e3-ab60-00144feab7de (dikutip pada 8 September 2017)

Hasso Plattner

Hasso Plattner lahir pada 21 Januari 1944 di Berlin, Jerman. Ia adalah seorang pengusaha di Jerman. Ia telah berhasil menghubungkan bisnis dan sains selama beberapa dekade. Ia mendirikan perusahaan SAP SE. Sejak 2003, ia telah menjadi ketua dewan pengawas di perusahaan software SAP SE. Tetapi, sejak Hasso Plattner pensiun dari SAP, ia telah aktif sebagai dermawan di bidang penelitian teknologi. Pekerjaannya yaitu menentukan strategi teknologi dan strategi SAP jangka menengah dan jangka panjang.

Pada tahun 2016, ia memiliki kekayaan bersih sebesar $ 10,8 miliar. Ia juga menerima beberapa penghargaan. Salah satunya yaitu Penghargaan Kepemimpinan untuk Integrasi Global kepada “guru teknologi”. Pada tahun 2001, ia juga menempati posisi pertama dalam daftar kepribadian TI yang paling penting dan berpengaruh.

Hasso Plattner menerima diploma di bidang teknik komunikasi dari Universitas Karlsruhe. Dan beberapa tahun terakhir, ia berfokus pada pengajaran dan penelitian di bidang komputasi bisnis dan rekayasa perangkat lunak secara umum. Pada tahun 1998, ia mendirikan Hasso Plattner Institute (HPI) di Potsdam, Jerman.

Awal karir Hasso Plattner yaitu ia bekerja sebagai System consultan di IBM Deutschland, Jerman. Lalu pada tahun 1972, ia meninggalkan IBM dan meluncurkan perusahaan perangkat lunak bahasa Jerman SAP, yang diluncurkan pada tahun 1988. Dia mengundurkan diri sebagai CEO dan menjabat sebagai ketua dewan pengawas SAP. Dia juga memiliki inkubator bisnis dan dana modal ventura, Hasso Plattner Ventures, untuk mendukung wirausahawan muda di sektor TI. Dia juga memiliki yayasan yang mendukung penelitian HIV / AIDS dan telah mempromosikan pendidikan kesehatan dan kesehatan di Afrika Selatan.

Skill yang dimiliki Hasso Plattner yaitu kekreatifan karena telah mendirikan perusahaan software sendiri. Selain itu keahlian yang dimiliki Hasso Plattner yaitu dapat berpikir kritis untuk menentukan strategi apa yang dibutuhkan untuk teknologi dan SAP.

Salah satu quotes dari Hasso Plattner yaitu “Successful companies obviously have people with ideas and energy.” Yang artinya perusahaan yang sukses, dengan jelas memiliki orang dengan ide dan energi.

Sumber:
(https://en.wikipedia.org/wiki/Hasso_Plattner)
(https://hpi.de/plattner/people/prof-dr-hc-hasso-plattner.html)
(https://hpi.de/en/the-hpi/founder.html)
(https://www.forbes.com/profile/hasso-plattner/)
(https://www.brainyquote.com/quotes/quotes/h/hassoplatt680514.html)

Prof. Dr. h.c. mult. Hasso Plattner adalah seorang pengusaha Jerman yang lahir pada 21 Januari 1944. Hasso merupakan salah satu pendiri atau pelopor software SAP. Dia telah menjadi Ketua Dewan Pengawas sejak Mei 2003 yang berkonsentrasi untuk menentukan strategi teknologi jangka menengah dan jangka panjang SAP. Menurut forbes, kekayaan Hasso saat ini mencapai $13B.

Sebelum mendirikan SAP, Hasso bekerja sebagai system consultan di IMB Deutschland, Jerman. Lalu, Hasso dan empat rekannya meninggalkan IBM pada tahun 1972 untuk meluncurkan perusahaan perangkat lunak bahasa Jerman SAP, yang diluncurkan pada tahun 1988.

Hasso sangat aktif sebagai dermawan di bidang penelitian teknologi. Pada tahun 1998 ia mendirikan Hasso Plattner Institute (HPI) untuk IT Systems Engineering di University of Potsdam dengan kontribusi pribadi tunggal terbesar untuk sebuah universitas yang pernah dibuat di Jerman. Dia adalah seorang profesor di HPI untuk sistem perangkat lunak perusahaan. Dia juga memiliki inkubator bisnis dan dana modal ventura, Hasso Plattner Ventures, untuk mendukung wirausahawan muda di sektor TI. Selain itu, Hasso juga aktif dalam kegiatan kemanusiaan. Dia memiliki yayasan yang mendukung penelitian HIV / AIDS dan telah mempromosikan pendidikan kesehatan dan kesehatan di Afrika Selatan.

Hasso palttner merupakan sesorang yang sangat ahli di bidang teknologi informasi. Ia telah berhasil dalam mengembangkan bisnis dan teknologi. Hasso merupakan orang yang memiliki semangat yang tinggi untuk mengembangkan teknologi. Atas komitmennya terhadap ilmu ekonomi dan sains, Plattner telah menerima sejumlah penghargaan. Manajer Jerman magazine memberikan Penghargaan Kepemimpinan untuk Integrasi Global kepada “guru teknologi” dan meresmikannya ke dalam Hall of Fame mereka, yang menghormati mereka yang mempromosikan pembangunan ekonomi dan sosial di Jerman. Pada tahun 2001, Time Magazine Europe menempatkan Plattner ke dalam daftar kepribadian TI yang paling penting dan berpengaruh.

Untuk kedepannya, Hasso berharap agar pemikiran desain digunakan untuk mengatasi masalah ekologis. Atau untuk menjawab pertanyaan mengenai pertumbuhan penduduk. menurutnya, dengan desain berpikir, kita bisa belajar merangkul pertanyaan-pertanyaan itu bersama dan tidak memisahkan diri kita dengan garis disiplin. Hasso berharap menjadi wirausahawan ini akan menjadi pilihan karir bagi kaum muda. Pemikiran desain dapat memainkan peran penting karena mampu mempromosikan kemanjuran dan kreativitas masyarakat.

“We have to be able to adapt to new situation. It’s another form of the definition of intelligent behavior” - Hasso Plattner

Sumber :
(https://en.wikipedia.org/wiki/Hasso_Plattner)
(https://www.forbes.com/profile/hasso-plattner/)
(http://www.braintrainingtools.org/skills/category/quotes/intelligence-quotes/page/3/)
(http://thisisdesignthinking.net/2015/08/ten-years-of-support-for-design-thinking-an-interview-with-hasso-plattner/)
(https://www.sap.com/corporate/en/company/leadership/supervisory-board/hasso-plattner.html)
(https://hpi.de/plattner/people/prof-dr-hc-hasso-plattner.html)

Prof. Dr. h.c. mult. Hasso Plattner adalah seorang pengusaha Jerman yang lahir pada 21 Januari 1944. Hasso merupakan salah satu pendiri atau pelopor software SAP. Dia telah menjadi Ketua Dewan Pengawas sejak Mei 2003 yang berkonsentrasi untuk menentukan strategi teknologi jangka menengah dan jangka panjang SAP. Menurut forbes, kekayaan Hasso saat ini mencapai $13B.
Sebelum mendirikan SAP, Hasso bekerja sebagai system consultan di IMB Deutschland, Jerman. Lalu, Hasso dan empat rekannya meninggalkan IBM pada tahun 1972 untuk meluncurkan perusahaan perangkat lunak bahasa Jerman SAP, yang diluncurkan pada tahun 1988.

Hasso sangat aktif sebagai dermawan di bidang penelitian teknologi. Pada tahun 1998 ia mendirikan Hasso Plattner Institute (HPI) untuk IT Systems Engineering di University of Potsdam dengan kontribusi pribadi tunggal terbesar untuk sebuah universitas yang pernah dibuat di Jerman. Dia adalah seorang profesor di HPI untuk sistem perangkat lunak perusahaan. Dia juga memiliki inkubator bisnis dan dana modal ventura, Hasso Plattner Ventures, untuk mendukung wirausahawan muda di sektor TI. Selain itu, Hasso juga aktif dalam kegiatan kemanusiaan. Dia memiliki yayasan yang mendukung penelitian HIV / AIDS dan telah mempromosikan pendidikan kesehatan dan kesehatan di Afrika Selatan.

Hasso palttner merupakan sesorang yang sangat ahli di bidang teknologi informasi. Ia telah berhasil dalam mengembangkan bisnis dan teknologi. Hasso merupakan orang yang memiliki semangat yang tinggi untuk mengembangkan teknologi. Atas komitmennya terhadap ilmu ekonomi dan sains, Plattner telah menerima sejumlah penghargaan. Manajer Jerman magazine memberikan Penghargaan Kepemimpinan untuk Integrasi Global kepada “guru teknologi” dan meresmikannya ke dalam Hall of Fame mereka, yang menghormati mereka yang mempromosikan pembangunan ekonomi dan sosial di Jerman. Pada tahun 2001, Time Magazine Europe menempatkan Plattner ke dalam daftar kepribadian TI yang paling penting dan berpengaruh.

Untuk kedepannya, Hasso berharap agar pemikiran desain digunakan untuk mengatasi masalah ekologis. Atau untuk menjawab pertanyaan mengenai pertumbuhan penduduk. menurutnya, dengan desain berpikir, kita bisa belajar merangkul pertanyaan-pertanyaan itu bersama dan tidak memisahkan diri kita dengan garis disiplin. Hasso berharap menjadi wirausahawan ini akan menjadi pilihan karir bagi kaum muda. Pemikiran desain dapat memainkan peran penting karena mampu mempromosikan kemanjuran dan kreativitas masyarakat.
“We have to be able to adapt to new situation. It’s another form of the definition of intelligent behavior” - Hasso Plattner
Sumber :
(https://en.wikipedia.org/wiki/Hasso_Plattner)
(https://www.forbes.com/profile/hasso-plattner/)
(http://www.braintrainingtools.org/skills/category/quotes/intelligence-quotes/page/3/)
(http://thisisdesignthinking.net/2015/08/ten-years-of-support-for-design-thinking-an-interview-with-hasso-plattner/)
(https://www.sap.com/corporate/en/company/leadership/supervisory-board/hasso-plattner.html)
(https://hpi.de/plattner/people/prof-dr-hc-hasso-plattner.html)