Haruskah Kita Bersyukur?

Rasa syukur adalah perasaan terimakasih atas respon penerimaan diri terhadap hal-hal yang telah diperoleh serta memberi manfaat positif dari seseorang atau kejadian yang telah terjadi. Namun, sebagai manusia kadangkala diselimuti perasaan kurang atas yang kita miliki atau hal yang kita peroleh.
Lantas, haruskah kita tetap bersyukur?

2 Likes

Tentu bersyukur itu perlu. Bila kita telah dapat mensyukuri apa yang kita miliki, kita akan merasa cukup tanpa ada rasa kekurangan apapun. Bersyukur membuat hati kita lebih tenang dan perasaan kita lebih bahagia. Kita juga akan terhindar dari perasaan-perasaan negatif yang mengundang stress dan depresi.
Namun, benar juga adanya sebagai manusia, makhluk yang banyak keinginan dan ambisinya memang sulit untuk merasa bersyukur. Terlebih bila melihat pencapaian orang-orang yang luar biasa. Entah akan sekadar merasa rendah diri atau justru dapat juga membuat kita mengutuk dunia yang dirasa tidak adil.
Sulit tapi bukan berarti juga hal tersebut tak mungkin bisa dilakukan. Untuk melatih kita bersyukur perlahan-perlahan kurasa kita dapat menuliskan hal-hal baik yang terjadi pada diri kita setiap hari. Lebih baik lagi bila kita mempunyai relasi positif dengan pemikiran baik, bukannya yang suka ngejulid dan ngegosip. Relasi seperti ini akan membantu kita untuk merasa lebih damai dan mensyukuri hal-hal kecil di sekeliling kita.

Yuks stop insecure dan mulai bersyukur :wink:. Terkadang mungkin bukan dunia yang kejam padamu, melainkan pikiranmu yang lebih kejam dan menyiksamu

Kadang terlalu menggebu-gebu untuk melewati hari demi hari untuk mencapai suatu hari yang telah dinantikan atau mungkin terlalu fokus untuk hari ini, membuat kita sering melewatkan hari-hari dengan sia-sia karena lupa bersyukur. Menurut ku “haruskah tetap beryukur?” jawabanya adalah harus, karena banyak alasan mengapa kita harus bersyukur walau kadang sangat sulit di lakukan ketika situasi dan kondisi tidak sesuai dengan apa yang kita mau.
ini beberapa alasan kenapa kita tetap harus bersyukur; bersyukur membuat hidup semakin bahagia, rasa syukur menuntun kita ke hubungan yang lebih bermakna, bersyukur membuat kita lebih sehat, bersyukur bisa ningkatin rasa kepuasan dalam hidup.

Bersyukur merupakan suatu hal yang sepatutnya kita lakukan sebagai manusia. Sebab seringkali kita merasa apa yang telah dimiliki tidak pernah cukup dan selalu menginginkan yang lebih, atau sebut saja manusia memang memiliki sifat yang egois pada dasarnya. Berdasarkan apa yang aku amati, banyak orang yang hidupnya lebih dari cukup namun selalu masih merasa kekurangan. Padahal jika kita lihat orang-orang di luar sana masih banyak yang jauh dari kata cukup, dalam arti lain untuk memenuhi kebutuhan primer saja masih belum dapat terpenuhi. Termasuk aku pun masih seringkali merasakan hal tersebut, yaitu selalu merasa kurang. Terus terang, untuk bisa selalu merasa bersyukur terhadap apa yang kita miliki memang sulit, namun jika hal ini terus dibiarkan maka tentunya memiliki dampak yang tidak baik bagi diri kita maupun orang lain. Contohnya seringkali merasa iri terhadap apa yang dimiliki orang lain, bahkan aku pun mengamati ada orang yang rela menghutang demi membeli barang yang ia inginkan seperti gadget atau kebutuhan sekunder lainnya.

Dengan demikian, jika kita terus mengdepankan ego atau keinginan kita, maka hal tersebut tidak akan pernah ada habisnya. Untuk itu, kita perlu belajar menahan diri dan selalu mensyukuri apa yang telah kita miliki. Sebab belum tentu orang lain memiliki apa yang kita punya. Bukan hanya perihal kebutuhan, namun juga hal-hal lain seperti kebahagiaan, kesehatan, rejeki, dan lain-lain. Dengan kita bersyukur, maka kita akan memiliki hidup yang lebih tenang dan tentram. Dan jika kita merasa apa yang kita butuhkan dapat cukup terpenuhi atau bahkan lebih dari cukup, alangkah baiknya jika kita berbagi kepada orang yang membutuhkan.

Ya, harus. Selain sebagai bentuk perasaan terima kasih atas hal-hal yang telah kita peroleh, bersyukur juga bisa sebagai sumber kebahagiaan kita ketika kita merasa sedih dan tidak puas dengan kehidupan kita. Dimulai dengan mensyukuri beberapa hal sederhana, seperti nafas kehidupan yang masih Tuhan berikan, makan dengan cukup, diberi kesehatan, dan contoh sederhana lainnya. Jadi, dengan bersyukur, kebahagiaan dapat kita rasakan dengan mudah. Dengan begitu, hidup kita akan terasa lebih positif. Dan jika kita merasa selalu kekurangan dan tidak puas, tidak jarang hidup kita akan dipenuhi dengan aura negatif. Jadi, dalam hidup ini janganlah lupa untuk selalu mengucap syukur atas segala hal yang kita peroleh saat ini, maupun itu hal-hal kecil.

Rasa syukur adalah bentuk terima kasih atas segala yang kita dapatkan dalam hidup ini, baik yang berwujud maupun tidak. Dengan bersyukur, secara tidak langsung kita telah berterima kasih atas kebaikan dalam hidup. rasa syukur bisa membantu seseorang merasakan emosi yang lebih positif, menikmati pengalaman yang baik, meningkatkan kesehatan mereka, menghadapi kesulitan, dan membangun hubungan yang kuat. Kita bisa mengungkapkan rasa syukur dengan berbagai cara. Mensyukuri masa lalu dengan mengingat-ingat betapa bahagianya masa kecil, mensyukuri apa yang terjadi saat ini karena hari ini pekerjaanmu berjalan sesuai yang kamu inginkan, juga mensyukuri masa depan dengan tetap optimis memandang sesuatu. Haruskah kita bersyukur? YA TENTU SAJA! Karena bersyukur membuat hidup semakin bahagia, rasa syukur menuntunmu ke hubungan yang lebih bermakna, membuat kita makin sehat, bisa meningkatkan self-esteem meningkatkan kesehatan mental. Daripada mengeluh tentang hal-hal yang menurut kita pantas kita dapatkan, mending luangkan waktu sejenak untuk fokus pada semua yang kita miliki saat ini.

Dalam pandangan saya pribadi, kita harus tetap bersyukur untuk segalanya yang kita miliki dan juga bersyukur itu selain merupakan bentuk ungkapan terima kasih atas anugerah dan rezeki yang kita miliki seperti memiliki tubuh yang lengkap, bisa makan makanan yang lezat, dan lain sebagainya adalah bentuk apresiasi terhadap apa yang kita miliki saat ini. namun terkadang, konsep bersyukur ini suka dilupakan oleh banyak orang yang merasa tidak puas dengan apa yang mereka miliki. Memang betul jika watak manusia salah satunya adalah tidak pernah puas akan sesuatu dan selalu ingin lebih, tetapi banyak orang yang ketika mereka dalam masalah atau kekurangan malah mengutuk keadaan tanpa melihat hikmah yang ada di baliknya yang hanya bisa didapatkan jika kita bersyukur. bersyukur membuat kita dapat memaknai hidup kita kearah yang lebih baik, menyehatkan mental dan menjernihkan pikiran kita, dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa kita dapatkan dari bersyukur.

Bersyukur adakah cara kita mengekspresikan rasa terimakasih setiap hari dan menghargai orang-orang yang hadir di dalam hidup kita. Tindakan sederhana ini sangat kuat untuk membawa diri kita menjauh dari kesedihan dan berakhir di kebahagiaan. Dengan besyukur kita dapat melepas perasaan-perasaan negatif yang tertimbun di dalam diri kita. Bersyukur juga berarti menerima hal-hal yang tidak dapat diubah dengan tindakan apapun. Dengan begitu, kita tidak akan tenggelam dalam rasa sakit ketika kita ingin mengubah suatu hal yang tidak dapat kita ubah.

Bersyukur termasuk bentuk penghargaan terimakasih atas apa yang kita punya atau terima, baik berwujud atau tidak berwujud. Dengan rasa syukur, kita dapat mengakui kebaikan yang ada dalam hidup kita. Rasa syukur merupakan perasaan yang terjadi dalam pertukaran antar pribadi ketika satu orang mengakui menerima manfaat yang berharga dari orang lain.

Rasa syukur juga membantu kita terhubung dengan sesuatu yang lebih besar dari diri kita sebagai individu baik dengan orang lain, alam, atau kekuatan yang lebih tinggi. Beryukur adalah keadaan kognitif-afektif yang biasanya dikaitkan dengan persepsi bahwa seseorang telah menerima keuntungan pribadi yang tidak sengaja dicari, pantas, atau diperoleh melainkan karena niat baik orang lain.

Tentunya kita harus selalu bersyukur. Bersyukur adalah tindakan tanpa pamrih. Bersyukur dilakukan tanpa syarat. Bersyukur mengajarkan kita agar dapat menggunakan rasa terima kasih untuk membentuk hubungan sosial baru atau untuk memperkuat hubungan sosial yang sudah ada. Tindakan syukur dapat digunakan untuk meminta maaf, menebus kesalahan dan membantu memecahkan masalah lain. Di masa seperti ini, cukup bersyukur karena masih hidup adalah cara yang paling tepat untuk memotivasi diri sendiri dalam menjalani hari.

sering kita mendengar kewajiban untuk selalu bersyukur dalam segala kondisi, baik susah maupun senang. Sebenarnya, mengapa kita harus bersyukur? Apa alasannya? Banyak kenikamtan dan hal baik yang telah Allah berikan kepada kita. Maka dengan bersyukur Allah akan memberikan balasan bahkan menambahkan nikmat dari yang kita miliki. Jadi apakah kita harus bersyukur? sudah pasti iya. Apapun kondisi kita saat ini dengan bersyukur membuat hati kita menjadi tenang dan tentram. Alasan lain mengapa kita harus bersyukur adalah karena manusia tak akan pernah berhenti untuk berharap dan berharap. Karena itu, untuk menjaga agar kita tidak menjadi orang yang serakah, bersyukur akan membuat kita lebih menjaga, menyayangi, dan mencintai apa yang sudah kita miliki.

Menurutku, harus. Karena menurutku alasan kita bahagia itu tuh bukan sebanyak apa materi yang kita punya, bukan semegah apa rumah yang menutupi kita dari hujan dan panas tapi bahagia itu ketika kita menysukuri hal-hal kecil yang kita punya. Bersyukur membuat kita menjadi hidup lebih tenang, meskipun hidup pas-pasan kita tetap merasa cukup, nggapernah merasa kurang, nggapernah ada hasrat yang menggebu-nggebu untuk memiliki sesuatu hingga menghalalkan segala cara. Jika kita selalu merasa kurang, menurutku ya karena ukuran atau patokan syukur kita pada hal-hal yang nampak besar, padahal, kita masih bangun menghirup oksigen ketika bangun tidurpun seharusnya kita juga harus bersyukur.

Tentu. Menurutku, bersyukur adalah poin penting dalam menerima kebahagiaan pada kehidupan kita, dan di waktu yang sama, bersyukur sering susah untuk dilakukan.
Kadang seseorang terlalu menggebu-gebu untuk melewati hari demi hari untuk mencapai suatu hari yang telah dinantinya. Atau mungkin terlalu fokus untuk hari itu, sehingga hari-hari lainnya terlewat sia-sia. Ibarat kata, terlalu fokus kepada hasil itu terkadang tidaklah menyenangkan. Proses yang kita lewati satu demi satu seakan tidak menimbulkan makna. Ada banyak hal kecil yang bisa kita syukuri, seperti:

Kita masih diberikan kesempatan untuk hidup. Kematian seseorang tidak akan ada yang mengetahuinya, selain Tuhan. Itu sebabnya, kita harus bersyukur jika hari ini kita masih diberi kesempatan untuk membuka mata dan menjalani aktivitas keseharian kita. Kita masih diberikan kesempatan untuk melihat indahnya dunia, mencari makna hidup, dan juga masih diberi kesempatan untuk menabung pahala atau amal baik.
Dan masih diberi kesempatan untuk mengukir sejarah hidupmu. Kamu juga masih diberi kesempatan untuk berproses dalam hidup. Kamu masih bisa belajar sesuatu yang belum kamu coba, kamu masih bisa mengikuti berbagai perlombaan untuk merain prestasi. Atau membuat sesuatu yang nantinya bisa menjadi ‘riwayat hidup’ kamu.
Juga masih diberi kesempatan memperbaiki kesalahanmu di masa lalu. Jika hari-hari kemarin kamu melakukan kesalahan, maka Tuhan masih memberikan hari ini, supaya kamu bisa setidaknya mencicil untuk menyelesaikan masalahmu. Jika kemarin kamu tidak membuang sampah pada tempat sampah, maka hari ini kamu akan berusaha untuk membuang sampah di tempat sampah.

Saya sangat setuju dengan pernyataan teman-teman diatas, bahwa kita harus bersyukur. Karena jika kita tidak memiliki rasa syukur tersebut, kita tidak akan pernah merasa puas atas apa yang telah diberi kepada kita. Walaupun rasa syukur merupakan hal yang wajib diperlukan oleh setiap orang, namun pada prakteknya hal tersebut cukup sulit dilakukan. Masih terdapat banyak orang yang hanya fokus kepada hal-hal negatif yang terjadi pada dirinya sehingga tidak memiliki rasa syukur tersebut, hal itu dapat mengakibatkan ketidakbahagiaan. Oleh karena itu, perbanyaklah rasa syukur agar hidup kita lebih baik dan terasa tenang.

Di dalam kehidupan memang sering ada cobaan atau rintangan yang membuat manusia menjadi sedih, marah, sakit hati, dan kecewa. Hal ini dapat memicu ketidakbahagiaan manusia. Bersyukur harus dilakukan dalam menjalani kehidupan. Bersyukur dilakukan sebagai bukti keimanan manusia terhadap pemberian Tuhan serta tanda terima kasih atas segala yang telah diberikan-Nya. Dengan bersyukur, seseorang akan merasa lebih bahagia karena menghargai apa yang kita punya. Selain itu, bersyukur dapat membantu mengurasi depresi dan emosi negatif lainnya.

Saya rasa adanya perasaan kurang atas apa yang dimiliki merupakan hal yang wajar. Manusia memang tidak memiliki rasa puas. Namun kita tetap harus beryukur atas segala hal yang telah kita peroleh saat ini, semua suka duka hingga hal-hal kecil seperti menghirup udara segar setiap pagi. Di balik sikap bersyukur atas setiap aspek kehidupan, kita harus dengan ikhlas menerima hal tersebut. Perasaan kurang atas apa yang dimiliki dapat menjadi motivasi untuk mengembangkan diri. Hal itu yang nantinya dapat kita syukuri lagi ketika sudah mendapatkan yang lebih baik. Jadi, mari bersyukur untuk hidup hari ini dan belajar menjadi lebih baik lagi!

kalau dapat pertanyaan kayak gini aku selalu bilang “Iya harus”, sebab dalam hidup yang singkat ini segala sesuatunya datang dari Sang Maha Pencipta. Rasa syukur yang diucapkan dengan hanya mengatakan “terima kasih” saja sudah cukup, sebab rasa syukur itu bagi saya akan membuat saya merasa cukup, meskipun tidak jarang saya juga mengalami insecure dan patah semangat dan pesimis dengan hal-hal yang sudah saya dapat dan sedang lalui. Kata syukur bagi saya bermakna untuk hal-hal kecil, misalnya bersyukur masih bisa bernafas, diberi tempat berteduh, masih bisa tidur siang, istirahat, makan, dan lain sebagainya.

Meskipun tidak bisa dipungkiri terkadang saya memiliki ambisi yang berorientasi pada pencapaian, juga sering melihat progress orang-orang sekitar. Tapi kembali lagi setiap orang memiliki waktunya sendiri dan tentunya berbeda. Percaya saya roda kehidupan itu pasti berputar.

Maka dari itu penting untuk bersyukur, sebab dibalik kesulihat pasti ada kemudahan.
Tetap semangat untuk kita yang sedang berproses…

Dalam agama yang aku dalami, ada banyak manfaat yang timbul apabila kita bersyukur. Salah satunya adalah ditambahkan nikmatnya. Dari sekian banyak manfaat yang bisa dirasakan kita dapat meraskan ditambahkan nikmatnya yang kita punya saat ini. Hal ini bersumber dari Al-quran dan juga dalil dalil yang ada. Semoga saja kita dapat terus bersyukur agar dapat ditambahkan nikmat kita semua.