Haruskah cabut gigi sebelum menggunakan behel?

behel

Haruskah cabut gigi sebelum menggunakan behel? karena gigi perlu untuk menguyah namun behel diperlukan ganjalan

Pencabutan gigi untuk pemasangan behel merupakan hal yang kurang menyenangkan. Sebenarnya, apakah benar-benar harus mengorbankan gigi yang sehat untuk memasang behel guna membuat senyum Anda lebih baik?

Di dalam perawatan orthodontik, salah satu cara untuk memberikan ruang dan untuk memperbaiki kesejajaran gigi adalah dengan pencabutan. Namun, ada juga cara lain yang bisa dilakukan, yakni dengan alat ekspansi yang berfungsi untuk memperbesar lengkung gigi.

Sebagian besar kasus dapat mencapai hasil yang baik tanpa pencabutan. Perawatan gigi dengan behel pada usia dini, yaitu usia 13-15 tahun, akan memiliki hasil lebih baik seiring dengan cepatnya tumbuh kembang pada anak. Perkembangan rahang yang terjadi pada tahap ini terjadi secara alamiah dan cepat, di mana akan menghasilkan perubahan yang permanen dalam struktur rahang dan keseluruhannya. Perubahan inilah yang dibutuhkan untuk perkembangan gigi tetap nantinya.

Bila Anda disarankan untuk melakukan pencabutan sebelum pasang behel, ada baiknya Anda untuk meminta alternatif ke ortodontis lain. Karena pencabutan gigi sifatnya permanen, maka pasien harus benar-benar paham dengan tahap rencana yang akan diberikan. Oleh karena itu, sebelum melakukan pencabutan untuk perawatan orthodontik, jangan lupa untuk menanyakan bagaimana pencabutan ini akan mempengaruhi struktur wajah Anda di masa depan.