Harland David Sanders penemu KFC

Pekerjaan : Pengusaha

Afiliasi lainnya : -

Tempat dan Tanggal Lahir : 9 September 1890, Henryville, Indiana, U.S.

Kewarganegaraan : Amerika

Pendidikan : La Salle Extension University

Total Kekayaan : -

Riwayat hidup

Kolonel Harland Sanders lahir pada tanggal 9 September 1890 di Henryville, Indiana, Amerika Serikat. Pada usia 6 tahun, ayahnya meninggal dan Ibunya sudah tidak mampu bekerja lagi sehingga Harland muda harus menjaga adik laki-lakinya yang baru berumur 3 tahun. Dengan kondisi ini ia harus memasak untuk keluarganya. Di masa ini dia sudah mulai menunjukkan kebolehannya.

Pada umur 7 tahun ia sudah pandai memasak di beberapa tempat memasak. Pada usia 10 tahun ia mendapatkan pekerjaan pertamanya di dekat pertanian dengan gaji 2 dolar sebulan. Selepas itu, ia berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun. Pertama, sebagai tukang parkir pada usia 15 tahun di New Albany, Indiana dan kemudian menjadi tentara yang dikirim ke Kuba. Setelah Ia menjadi pensiunan Angkatan Darat Amerika, Ia hanya hidup dari tunjangan hari tuanya. Hari demi hari, uang tunjangan itu semakin menipis. Ia lalu berpikir tentang apa yang dapat Ia lakukan untuk orang lain. Lalu jawaban pertama yang Ia dapatkan adalah menawarkan resep ayam goreng yang Ia punya.

Temannya menyukai ayam goreng buatannya, dan Ia berpikir bahwa resep ayam goreng itu juga akan disukai oleh banyak orang. Akhirnya, pada usia 65 tahun, Ia mulai menawarkan resep itu ke restoran-restoran. Akan tetapi, banyak orang yang menertawakan dan menolaknya.

Berapa kali Kolonel Sanders ditolak? Ia pernah ditolak 1009 kali!

Ia berjuang selama 2 tahun menjelajahi Amerika dengan mobil tuanya. Tidur di mobil, dan bangun di pagi hari dengan kondisi siap untuk menawarkan resepnya pada restoran baru. Dan akhirnya, idenya diterima dengan sukses besar!! Ia telah mendengar 1009 kata “Tidak” sebelum akhirnya Ia mendengar kata “Ya”.

Pemenang bukanlah orang yang tidak pernah gagal, melainkan mereka tidak pernah menyerah.

Saat ini, KFC telah memiliki lebih dari 18000 outlet yang tersebar di 120 negara dengan penghasilan 15 miliar dollar Amerika setiap tahunnya. KFC telah berkembang menjadi salah satu bisnis waralaba yang paling menguntungkan di seluruh dunia.

Riwayat Karir

1. Menjadi Kuli hingga Tukang Parkir

Pada saat bekerja sebagai kuli dengan hanya mendapat upah tidak lebih dari enam belas sen, Ia juga pernah bekerja sebagai tukang parkir. Di tahun 1906, ia kemudian masuk tentara dan dikirim ke Kuba. Setelah itu ia kemudian pensiun dari angkatan darat. Hidup dengan mengandalkan uang pensiun tidaklah cukup, ia kemudian bergabung menjadi tim pemadam kebakaran kereta api. Pada masa – masa itu juga, Harland Sanders belajar hukum melalui koresponden. Harland Sanders terus menggali kemampuannya hingga akhirnya dia memperoleh ijazah di bidang hukum.

Meskipun dia sudah sering menangani kasus di beberapa pengadilan di Little Arkansas, namun dia merasa penghasilannya sangat jauh dari standar. Oleh karena itu, bagi Harland Sanders ijazah yang telah diperolehnya tidak ada gunanya. Harland Sanders meninggalkan profesi pengacara dan membuka sebuah stand untuk servis mobil pada tahun 1929 di Corbin, Kentucky.

2. Membuka Bisnis Rumah Makan dan Bangkrut

Suatu hari, seorang penjual asongan berkata bahwa di kota ini tidak ada rumah makan yang bagus, sehingga siapa pun bisa makan di dalamnya dengan nyaman. Harland Sanders mengiyakan pendapat itu. Dalam benaknya bergejolak keinginan untuk mendirikan sebuah rumah makan. Tidak satu pun orang yang tahu kalau komentar pedagang asongan tersebut akan menjadi satu titik dalam kehidupan Harland Sanders yang kemudian akan mengubah nasibnya. Rumah makan tersebut melahirkan sebuah gebrakan dalam menyajikan menu makanan tercepat.

Harland Sanders memulai dari sebuah ruangan kecil, yaitu sebuah gudang di belakang stand pelayanan mobilnya. Harland Sanders telah mengubahnya menjadi sebuah rumah makan kecil yang menjual ayam goreng dan sayur segar. Rumah makan Harland Sanders begitu terkenal. Untuk membuka rumah makan, Harland Sanders tidak merasa kesulitan hanya dengan menutup pom bensinnya dan mengubahnya menjadi sebuah rumah makan yang ia beri nama “Café Sanders”.

Pada tahun 1930, usaha Harland Sanders semakin berkembang. Rumah makannya kini dipenuhi seratus empat puluh dua orang. Mengingat cintanya terhadap pengembangan dan pendidikan yang terus menerus dalam hal apa pun, akhirnya Harland Sanders mengikuti sebuah pelatihan tentang manajemen rumah makan dan hotel selama delapan minggu di Universitas Cornell.

Harland Sanders sangat suka ayam goreng, hanya saja tidak memakai cara klasik, yaitu dengan memakai minyak yang tidak bisa menghasilkan rasa seperti yang diinginkannya. Pada tahun 1939, Harland Sanders menemukan cara jitu untuk menggoreng ayam. Salah satu hal yang membantu penemuan barunya tersebut adalah penemuan pressure cooker atau panci bertekanan yang dapat menghasilkan ayam lezat dan segar dalam waktu sepuluh detik dengan cara dikukus di atas uap.

Cara tersebut sangat baik sebab tanpa menghilangkan rasa dan bau serta tidak menggunakan minyak. Setiap tahun, Harland Sanders selalu melakukan percobaan untuk ayam gorengnya hingga akhirnya ia menemukan resep spesial ayam goreng yang terdiri dari rempah – rempah dan bumbu – bumbu yang dikenal dengan ‘Sebelas bumbu rahasia KFC.’

Pada tahun 1949, Harland Sanders menerima pangkat kolonel berkat keberhasilannya di wilayah Kentucky. Akan tetapi, Harland Sanders lebih suka dipanggil bisnisman. Pada tahun 1953, Harland Sanders mendapat tawaran untuk menjual rumah makannya dengan harga seratus enam puluh empat ribu dolar. Meski jumlah ini sangat menggiurkan, akan tetapi Harland Sanders menolaknya.

Selang beberapa tahun, tata letak kota Kentucky mengalami perubahan, sehingga rumah makannya tidak lagi strategis dan menarik pengunjung. Inilah yang menjadi sebab kenapa dia terpaksa menjualnya melalui pelelangan terbuka dengan harga tujuh puluh lima ribu dolar. Jumlah ini belum cukup untuk membayar hutang – hutangnya.

3. 1000 Lebih Penolakan Ketika Menjual Resep Ayam Gorengnya

Sang Kolonel memutuskan untuk pensiun. Dia mendapatkan uang sejumlah seratus lima dolar dari jaminan sosial milik Harland Sanders sendiri dan juga milik istrinya. Meski dengan kondisi jiwa yang remuk dan serba kekurangan, akan tetapi Harland Sanders tidak menyerah. 1000 Lebih Penolakan Ketika Menjual Resep Ayam Gorengnya

Sang Kolonel memutuskan untuk pensiun. Dia mendapatkan uang sejumlah seratus lima dolar dari jaminan sosial milik Harland Sanders sendiri dan juga milik istrinya. Meski dengan kondisi jiwa yang remuk dan serba kekurangan, akan tetapi Harland Sanders tidak menyerah.

Harland Sanders mencoba menjual resep ayam goreng ala KFC ke rumah makan di wilayah Outta, AS. Ia mencoba menawarkan resepnya. Harland Sanders turun ke pasar – pasar untuk mempromosikan ide penjualan ayam KFC-nya, meski sudah tua dan terserang penyakit rematik. Harland Sanders terkadang tidur di dalam mobil demi mencukupi pembayaran hotelnya. Selama dua tahun berkeliling, Harland Sanders hanya dapat memuaskan lima rumah makan saja. Resep ayam yang ia tawarkan lebih banyak di tolak dan ditertawakan.

Selama dua tahun berkeliling menawarkan resepnya ada lebih dari 1000 penolakan yang ia terima. Tanpa kenal menyerah dan yakin akan berhasil, ia terus berusaha. Hingga ketika usia kolonel Harland Sanders menginjak usia tujuh puluh tahun, jumlah rumah makan yang menjadi bagian dari franchise KFC-nya mencapai dua ratus tempat, di USA dan Kanada.

Setelah mencapai jumlah ini, Harland Sanders berhenti berkeliling karena banyak orang yang datang ke tempat tinggalnya untuk berkonsultasi. Akhirnya, dia sepenuhnya membantu sang istri untuk meracik resep makanan yang terdiri dari beberapa jenis tanaman rempah – rempah dan bumbu – bumbu, lalu menjualnya memalui pos. Hingga sekarang, resep tersebut tidak diketahui kecuali segelintir orang yang tidak melebihi jumlah jari satu tangan.

4. Sukses di Usia 70 Tahun berkat Franschise KFC

Pada tahun 1963, jumlah rumah makan yang berada di bawah franchise KFC-nya mencapai enam ratus tempat. Jumlah tersebut terlalu banyak dan tidak mungkin dia memikulnya sendiri. Oleh karena itu, Harland Sanders memutuskan untuk menjual bisnis waralaba KFC-nya kepada Jhon Brown Junior dan seorang milyuner Jack Mass seharga satu juta dolar.

Selain itu, darinya Sanders juga mendapat gaji setiap bulan seumur hidup sebesar empat puluh ribu dolar (kemudian mengalami kenaikan menjadi tujuh puluh lima ribu dolar) sebagai ganti dari peranannya sebagai konsultan, iklan yang telah dia publikasikan, dan jabatannya sebagai direktur utama perusahaan.

Kolonel Harland Sanders meninggal pada tahun 1980 dan dimakamkan di Louisville. Pada tahun 1982, bisnis waralaba KFC menjadi bagian dari anak perusahaan Reynolds dan pada tahun 1986, KFC dibeli oleh perusahaan Pepsi Cola dengan harga delapan ratus empat puluh juta dolar. Pada tahun 1995, jumlah rumah makan tersebut mencapai sembilan ribu. Pegawainya mencapai tujuh ratus lima puluh ribu orang di sembilan puluh dua negara sedunia pada tahun 2005.

Fakta-fakta

  1. Harga bisnisnya 2 miliar USD
  2. Menghina restorannya sendiri
  3. Meninggal pada umur 90 tahun
  4. Sanders mempelajari hukum sebelum keberhasilan besarnya dalam bisnis makanan cepat saji

Quotes

Sungguh, sepintas saya pernah berpikir bahwa sesuatu yang paling mengesankan yang pernah saya lakukan di masa silam adalah memasak. Sebagaimana saya ketika menjual apa yang saya masak, maka masakan saya pasti tidak akan lebih jelek dari masakan para pemilik rumah makan yang ada di kota iní. – Colonel Harland Sanders

Tidak ada apa pun di hadapanmu kecuali satu hal yang bisa dilakukan, yaitu menggoreng ayam. Inilah yang akan engkau lakukan sepanjang hayatmu – Colonel Harland Sanders

You got to like your work. You have got to like what you are doing, you have got to be doing something worthwhile so you can like it - because it is worthwhile, that it makes a difference, don’t you see? - Colonel Harland Sanders

I’ve read hundreds of cookbooks. Most of those cookbooks don’t even tell you how to get a steak ready, how to bake biscuits or an apple pie. - Colonel Harland Sanders

No hours, nor amount of labor, nor amount of money would deter me from giving the best that there was in me. – Colonel Harland Sanders

Rerefensi

HARLAND DAVID SANDERS



Harland David “Colonel” Sanders (lahir 9 September 1890 – meninggal 16 Desember 1980 pada umur 90 tahun) merupakan seorang pebisnis berkebangsaan Amerika Serikat yang ikut mendirikan Kentucky Fried Chicken (KFC). Dia mulai aktif dalam mewaralabakan bisnis ayamnya pada usia 65 tahun. Saat ini, usahanya telah tumbuh menjadi salah satu yang terbesar dalam sistem masakan siap saji di dunia. Tetapi sebelum menuai kesuksesannya, selama 9 tahun Kolonel Sanders berusaha menyempurnakan metode memasak ayam dengan menggunakan sebelas bumbu dan rempah-rempah seperti yang dikenal saat ini. Dengan resep masakan tersebut, daging ayam menjadi sangat empuk, renyah, dan gurih. Dia juga menggunakan pressure cooker yang lebih cepat memasak ayam daripada penggorengan biasa dan meningkatkan cita rasanya, sehingga saat ini dikenal istilah restoran cepat saji atau fast food karena kecepatan memasak ayam dan kelezatan rasanya.


  • Keberhasilan dan Kegagalan

Boleh dibilang kalau masa kecil Sanders sangat sulit. Ia lahir dari keluarga miskin dan merupakan anak tertua dari tiga bersaudara dari pasangan Wilbur David dan Margaret Ann Sanders. Ayahnya cuma pekerja serabutan yang bertugas membantu petani di Henryville. Ibunya juga tidak bekerja dan hanya mengurus anak-anaknya dirumah.

Masalah muncul saat ayah Harland Sanders meninggal dunia. Saat itu tahun 1895, Suatu sore dimusim panas, Ayahnya pulang kerumah karena menderita demam dan meninggal dunia pada hari itu juga. Peristiwa itu terjadi saat Harland masih berumur 6 tahun dan sejak itu hidupnya langsung berubah dramatis. Ibunya kemudian memutuskan bekerja di pabrik pengalengan tomat untuk menafkahi keluarganya sementara sikecil Harland Sanders mesti menjaga dan merawat adik laki-laki dan perempuannya dirumah.

Uniknya, kondisi inilah yang menjadi awal kisah suksesnya. Dengan merawat dan memberi makan adik-adiknya, lambat laun keahlian memasak mulai muncul dalam diri Sanders, dan semua kerabat mengakui bakat Sanders tersebut. Selepas ibunya menikah lagi, Harland tiba-tiba kabur dari rumah akibat dipukuli oleh ayah tirinya. Sanders lalu memalsukan tanggal kelahirannya dan ikut bergabung dengan tentara Amerika Serikat diusia 15 tahun. Sanders lalu bekerja di dunia militer hingga tugas terakhirnya di Kuba. Selama itu pula, Sanders sudah beberapa kali gonta ganti profesi. Mulai dari jadi pilot kapal uap, agen asuransi, petani, dan sebagainya. Akhirnya ia menemukan pekerjaan tetap sebagai petugas pemadam kebakaran di perusahaan kereta api Amerika.

Suatu hari, seorang penjual asongan berkata bahwa di kota ini tidak ada rumah makan yang bagus, sehingga siapa pun bisa makan di dalamnya dengan nyaman. Harland Sanders mengiyakan pendapat itu. Dalam benaknya bergejolak keinginan untuk mendirikan sebuah rumah makan. Tidak satu pun orang yang tahu kalau komentar pedagang asongan tersebut akan menjadi satu titik dalam kehidupan Harland Sanders yang kemudian akan mengubah nasibnya. Rumah makan tersebut melahirkan sebuah gebrakan dalam menyajikan menu makanan tercepat.

Harland Sanders memulai dari sebuah ruangan kecil, yaitu sebuah gudang di belakang stand pelayanan mobilnya. Harland Sanders telah mengubahnya menjadi sebuah rumah makan kecil yang menjual ayam goreng dan sayur segar. Rumah makan Harland Sanders begitu terkenal. Untuk membuka rumah makan, Harland Sanders tidak merasa kesulitan hanya dengan menutup pom bensinnya dan mengubahnya menjadi sebuah rumah makan yang ia beri nama “Café Sanders”.

Pada tahun 1930, usaha Harland Sanders semakin berkembang. Rumah makannya kini dipenuhi seratus empat puluh dua orang. Mengingat cintanya terhadap pengembangan dan pendidikan yang terus menerus dalam hal apa pun, akhirnya Harland Sanders mengikuti sebuah pelatihan tentang manajemen rumah makan dan hotel selama delapan minggu di Universitas Cornell.

Harland Sanders sangat suka ayam goreng, hanya saja tidak memakai cara klasik, yaitu dengan memakai minyak yang tidak bisa menghasilkan rasa seperti yang diinginkannya. Pada tahun 1939, Harland Sanders menemukan cara jitu untuk menggoreng ayam. Salah satu hal yang membantu penemuan barunya tersebut adalah penemuan pressure cooker atau panci bertekanan yang dapat menghasilkan ayam lezat dan segar dalam waktu sepuluh detik dengan cara dikukus di atas uap.

Cara tersebut sangat baik sebab tanpa menghilangkan rasa dan bau serta tidak menggunakan minyak. Setiap tahun, Harland Sanders selalu melakukan percobaan untuk ayam gorengnya hingga akhirnya ia menemukan resep spesial ayam goreng yang terdiri dari rempah – rempah dan bumbu – bumbu yang dikenal dengan ‘Sebelas bumbu rahasia KFC.’

Pada tahun 1949, Harland Sanders menerima pangkat kolonel berkat keberhasilannya di wilayah Kentucky. Akan tetapi, Harland Sanders lebih suka dipanggil bisnisman. Pada tahun 1953, Harland Sanders mendapat tawaran untuk menjual rumah makannya dengan harga seratus enam puluh empat ribu dolar. Meski jumlah ini sangat menggiurkan, akan tetapi Harland Sanders menolaknya.

Selang beberapa tahun, tata letak kota Kentucky mengalami perubahan, sehingga rumah makannya tidak lagi strategis dan menarik pengunjung. Inilah yang menjadi sebab kenapa dia terpaksa menjualnya melalui pelelangan terbuka dengan harga tujuh puluh lima ribu dolar. Jumlah ini belum cukup untuk membayar hutang – hutangnya.

Sang Kolonel memutuskan untuk pensiun. Dia mendapatkan uang sejumlah seratus lima dolar dari jaminan sosial milik Harland Sanders sendiri dan juga milik istrinya. Meski dengan kondisi jiwa yang remuk dan serba kekurangan, akan tetapi Harland Sanders tidak menyerah.

Harland Sanders mencoba menjual resep ayam goreng ala KFC ke rumah makan di wilayah Outta, AS. Ia mencoba menawarkan resepnya. Harland Sanders turun ke pasar – pasar untuk mempromosikan ide penjualan ayam KFC-nya, meski sudah tua dan terserang penyakit rematik. Harland Sanders terkadang tidur di dalam mobil demi mencukupi pembayaran hotelnya. Selama dua tahun berkeliling, Harland Sanders hanya dapat memuaskan lima rumah makan saja. Resep ayam yang ia tawarkan lebih banyak di tolak dan ditertawakan.

  • Dengan kemampuan memasaknya dan sikap pantang menyerah yang dimilikinya, selama dua tahun berkeliling menawarkan resepnya ada lebih dari 1000 penolakan yang ia terima. Tanpa kenal menyerah dan yakin akan berhasil, ia terus berusaha. Hingga ketika usia kolonel Harland Sanders menginjak usia tujuh puluh tahun, jumlah rumah makan yang menjadi bagian dari franchise KFC-nya mencapai dua ratus tempat, di USA dan Kanada.

    Setelah mencapai jumlah ini, Harland Sanders berhenti berkeliling karena banyak orang yang datang ke tempat tinggalnya untuk berkonsultasi. Akhirnya, dia sepenuhnya membantu sang istri untuk meracik resep makanan yang terdiri dari beberapa jenis tanaman rempah – rempah dan bumbu – bumbu, lalu menjualnya memalui pos. Hingga sekarang, resep tersebut tidak diketahui kecuali segelintir orang yang tidak melebihi jumlah jari satu tangan.


  • Quotes :
  1. I’ve only had two rules: Do all you can and do it the best you can. It’s the only way you ever get that feeling of accomplishing something. - Colonel Sanders

  2. There’s no reason to be the richest man in the cemetery. You can’t do any business from there. – colonel sanders

  3. Sitting in a rocker never appealed to me. Golf or fishing isn’t as much fun as working. - colonel sanders

  4. A lot of learned men think people really are the food they’ve eaten. – colonel sanders

  5. Don’t be against things so much as for things. – colonel sanders

sumber :




colonel-sanders-1


MASA KECIL

  • Harland Sanders lahir pada tahun 1890 dan dibesarkan di sebuah peternakan di Indiana.

  • Kolonel Harland David Sanders adalah anak tertua dari tiga bersaudara yang lahir dari Wilbur David dan Margaret Ann. Wilbur memiliki lahan pertanian seluas 80 hektar. Beliau bekerja sampai kakinya patah, dan kemudian menjadi tukang daging.

  • Harland berumur lima tahun saat ayahnya meninggal karena demam. Ibunya mulai bekerja di pabrik pengalengan tomat dan Harland harus menjaga adik adiknya. Dengan kondisi ini beliau harus memasak untuk keluarganya. Di masa ini beliau sudah mulai menunjukkan kebolehannya. Pada umur 7 tahun ia sudah pandai memasak di beberapa tempat memasak.

  • Pada usia 10 tahun beliau mendapatkan pekerjaan pertamanya di dekat pertanian dengan gaji 2 dolar sebulan. Selepas itu, beliau berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun.

  • Setelah ibunya menikah kembali pada tahun 1902, keluarganya pindah ke Greenwood, Indiana. Karena tidak dapat bergaul dengan ayah tirinya, beliau meninggalkan rumah dan sekolah untuk bekerja sebagai pelukis tebu dan kuda.

  • Pada tahun 1906, dengan izin ibunya, beliau meninggalkan Greenwood untuk pergi ke New Albany, Indiana, di mana pamannya, seorang karyawan sebuah perusahaan trem, tinggal. Belia bisa mempekerjakan Harland sebagai konduktor. Pernah juga menjadi tukang parkir dan kemudian menjadi tentara yang dikirim ke Kuba


PERJALANAN HIDUP

Sanders tergabung di Tentara Amerika Serikat pada tahun 1906, setelah memalsukan tanggal lahirnya. Beliau mendapat tugas di kuba dan setahun kemudian diberhentikan secara hormat. Setelah diberhentikan dari tentara Amerika Serikat, Sanders pindah ke tempat tinggal pamannya di Sheffield Alabama.

Setelah itu, Sanders sempat berpindah-pindah tempat tinggal dan pekerjaan. Pada tahun 1909 Sanders bertemu dengan Josephine dan menikah. Tidak banyak perubahan signifikan dalam pekerjaan Sanders. Beliau sempat bekerja sebagai pemadam api diperusahaan kereta bermesin uap, peternakan hingga agen asuransi.

Pada tahun 1920, Sanders dan beberapa orang kawan mendirikan perusahaan kapal feri yang beroperasi di Sungai Ohio (antara Jeffersonville dan Louisville). Bisnis kapal ferinya berkembang pesat dalam waktu yang relatif singkat. Sanders ditarik sebagai sekretaris di Kamar dagang, Columbus Indiana. Ternyata Sanders merasa tidak cocok dengan pekerjaan tersebut. Sanders keluar dari bisnis patungan tersebut dan menggunakan uangnya untuk membuat perusahaan lampu asetelin. Bisnis lampu asetelin tersebut tidak berhasil sukses, karena kalah dengan lampu elektrik.

Sanders pindah ke Winchester, Kentucky dan bekerja sebagai salesman untuk Michelin Tire Company. Beliau kehilangan pekerjaannya pada tahun 1924 ketika Michelin menutup pabrik New Jersey. Pada tahun 1924, Sanders bertemu dengan manajer Standard Oil of Kentucky. Sang manajer meminta Sanders untuk menjalankan stasiun layanan di Nicholasville. Pada tahun 1930, stasiun ditutup akibat Depresi Ekonomi yang parah.

Pada tahun 1930, Shell Oil Company menawarkan kesepakaatan dengan Sanders untuk menjalankan bisnis di stasiun pompa bensin di North Corbin , Kentucky. Mereka menawarkan dengan konsep bagi hasil dengan Sanders. Sanders mulai menyajikan masakan klasik Selatan kepada wisatawan. Lokasi menjadi terkenal karena makanannya, dan Sanders akhirnya merenovasi pompa bensin stasiun dan mengubah lokasi menjadi restoran lengkap. Harland Sanders sangat suka ayam goreng, hanya saja tidak memakai cara klasik, yaitu dengan memakai minyak yang tidak bisa menghasilkan rasa seperti yang diinginkannya.

Pada tahun 1939, Harland Sanders menemukan cara jitu untuk menggoreng ayam. Salah satu hal yang membantu penemuan barunya tersebut adalah penemuan pressure cooker atau panci bertekanan yang dapat menghasilkan ayam lezat dan segar dalam waktu sepuluh detik dengan cara dikukus di atas uap, tanpa menghilangkan rasa dan bau serta tidak menggunakan minyak. Setiap tahun, Harland Sanders selalu melakukan percobaan hingga menemukan resep spesial yang terdiri dari rempah – rempah dan bumbu – bumbu. Sanders sempat diberi penghargaan sebagai Kolonel Kentucky pada tahun 1935 oleh Gubernur Kentucky Ruby Laffoon. Popularitas lokal nya tumbuh dan pada tahun 1939, kritikus makanan Duncan Hines mengunjungi restoran Sanders. Nama restoran Sanders masuk dalam Adventures in Good Eating dan panduan restoran di seluruh Amerika Serikat.

Pada Juli 1939, Sanders membeli sebuah motel untuk dijadikan rumah makan. Sayangnya pada bulan November 1939, tempat tersebut mengalami kebakaran. Oleh sebab itu Sanders harus membangun kembali rumah makannya, dengan jumlah kursi yang makin banyak. Pada tahun 1940 Colonel Sanders telah berhasil menyelesaikan resep rahasianya, untuk menggoreng ayam. Namun pada Desember 1942 terjadi perang dunia ke II dan terjadi kekacauan. Sanders sempat menutup rumah makannya dan beberapa kali pindah pekerjaan dibidang resto dan rumah makan.

Colonel Sanders sempat mengalami titik akhir dalam hidupnya, ketika Beliau harus berpisah dengan istrinya. Pada usia menjelang 60 tahunan. Harland Sanders turun ke pasar – pasar untuk mempromosikan ide penjualan ayam KFC-nya, meski sudah tua dan terserang penyakit rematik. Beliau tetap membangun rumah makan dan menawarkan resep rahasianya untuk diwaralabakan.

“There’s no reason to be the richest man in the cemetery. You can’t do any business from there.” - Harland Sanders.

Beliau mulai menawarkan resep itu ke restoran-restoran. Akan tetapi, banyak orang yang menertawakan dan menolaknya. Berapa kali Kolonel Sanders ditolak? Ia pernah ditolak 1009 kali! Ia berjuang selama 2 tahun menjelajahi Amerika dengan mobil tuanya. Tidur di mobil, dan bangun di pagi hari dengan kondisi siap untuk menawarkan resepnya pada restoran baru. Setelah menjalani perjalanan yang panjang dan banyak penolakan, dan akhirnya idenya diterima dengan sukses besar. Ia telah mendengar 1009 kata “Tidak” sebelum akhirnya Ia mendengar kata “Ya”. Pada tahun 1952, Colonel Sanders berhasil menjual pertama kali waralaba Kentucky Fried Chicken kepada temannya Pete Harman (pemilik restoran) dari South Lake Utah. Dengan imbalan royalti 4 sen pada setiap ayam yang terjual. Setelah menjadi barang terlaris, Sanders membuat kesepakatan yang sama dengan beberapa restoran lokal lainnya.

“One has to remember that every failure can be a stepping stone to something better.” - Harland Sanders

Sanders melakukan perjalanan ke seluruh negara dan mengunjungi restoran yang berbeda-beda. Ketika usia kolonel Harland Sanders menginjak usia 70 tahun, jumlah rumah makan yang menjadi bagian dari franchise KFC-nya mencapai 200 tempat, di USA dan Kanada. Pada tahun 1963, jumlah rumah makan yang berada di bawah franchise KFC-nya mencapai enam 600jt tempat. Jumlah tersebut terlalu banyak dan tidak mungkin dia memikulnya sendiri. Tahun 1964 bisnis tersebut sukses besar, namun Sanders tidak mampu menjalankan bisnisnya akhirnya bisnis tersebut dijual kepada grup investor Jhon Brown Junior dan seorang milyuner Jack Mass seharga 2 juta USD dan 40.000 USD untuk gaji pekerja tiap bulannya(kemudian mengalami kenaikan menjadi tujuh puluh lima ribu dolar) sebagai ganti dari peranannya sebagai konsultan iklan yang telah dia publikasikan, dan jabatannya sebagai direktur utama perusahaan.

Sanders membuat Bisnis Restoran Baru, Sanders merasa tidak menyukai lagi menu makanan KFC setelah lepas dari tangannya. Akhirnya Sander membuka restoran baru sebagai pesaing KFC dengan nama The Colonel Lady. Merasa bisnis baru Sanders tersebut sebagai plagiat akhirnya pihak pemilik KFC menggugat Sanders dan memenangkan kasus tersebut, Sanders membayar denda sebesar 1 juta USD kepada pihak KFC.

Pada Juni tahun 1980 Sanders didiagnosa mengidap penyakit leukemia akut dan komplikasi radang paru-paru. Sanders kemudian meninggal pada 16 desember 1980 di Jewish Hospital Louisville dalam usia 90 tahun.


PELAJARAN DARI KISAH SUKSES HARLAND SANDERS

Banyak hal yang kita pelajari dari kisah hidup Colonel Sanders. Ternyata banyak sekali kejadian-kejadian yang tidak mengenakan, terlebih pada masa-masa tuanya. Meskipun begitu ada pelajaran seperti pantang menyerah walau sudah berkali-kali jatuh, optimis, memiliki keinginan besar untuk sukses, kreatif dalam membangun model bisnis, tidak meremehkan pendapat ahli, memiliki motivasi untuk jauh lebih baik, memiliki inovasi dan kreatifitas untuk menciptakan suatu hal yang baru, dan tidak pernah takut untuk mencoba suatu hal yang baru. Umur bukan halangan untuk terus berjuang. Sukses itu bukan mimpi, tapi proses harus dijalani. Tanpa proses dan ketekunan tidak akan bisa meraih kesuksesan.

Tampilkan ciri khas dalam setiap pesan yang disampaikan kepada publik, itulah yang dilakukan Kolonel Sanders dalam mencitrakan diri dalam berpakaian, unik adalah harus dalam setiap hal termasuk dalam diri sendiri atau usaha. Pemenang bukanlah orang yang tidak pernah gagal, melainkan mereka tidak pernah menyerah.

Sumber

http://www.businessinsider.com/how-kfc-founder-colonel-sanders-achieved-success-in-his-60s-2015-6/?IR=T ( Diakses pada tanggal 10 September 2017 )
https://www.finansialku.com/kisah-sukses-colonel-sanders-pendiri-kfc/ ( Diakses pada tanggal 10 September 2017 )

image

Harland David “Colonel” Sanders merupakan seorang pebisnis berkebangsaan Amerika Serikat yang ikut mendirikan Kentucky Fried Chicken. Dia mulai aktif dalam mewaralabakan bisnis ayamnya pada usia 65 tahun. Beliau adalah Pendiri KFC, sedangkan KFC adalah merek dagang produk makanan cepat saji, yang sering kita sebut Fried Chicken. KFC sendiri adalah singkatan dari Kentucky Fried Chicken.

RIWAYAT HIDUP

Harland Sanders lahir pada tanggal 9 September 1890 dari pasangan Wilbur David dan Maragaret Ann. Ayahnya meninggal dunia saat dia masih berusia lima tahun lebih tepatnya Pada tahun 1895, yang membuat Ibunya terpaksa memikul tanggung jawab lebih untuk menafkahi keluarga. Pada tahun 1902, Ibu Sanders memutuskan untuk menikah kembali dengan pria bernama William Broaddus dan pindah ke Greenwood Indiana. Sanders sendiri tidak memiliki hubungan yang baik dengan ayah tirinya. Pada tahun 1903, Sanders terpaksa harus keluar dari sekolah saat kelas 7 dan kembali bekerja di peternakan. Pada usia 13 tahun, Dia meninggalkan rumah dan bekerja sebagai tukang cat kereta kuda. Kemudian pada usia 14 tahun, Harland Sanders pindah ke Indiana, AS dan bekerja di lahan pertanian.

Pada tahun 1906 Harland Sanders bersama Pamannya menuju ke New Albany Indiana. Pamannya bekerja diperusahaan trem dan Sanders dijadikan sebagai konduktor. Pada tahun 1906, Sanders bergabung di Tentara Amerika Serikat. Beliau mendapat tugas di kuba dan setahun kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri. Setelah mundur dari tentara AS, Sanders lalu pindah ke tempat tinggal pamannya di Sheffield Alabama.
Pada tahun 1909 Sanders menikah dengan wanita bernama Josephine. Namun walau sudah menikah, Tidak banyak perubahan signifikan dalam pekerjaan Sanders. Beliau pernah bekerja sebagai pemadam api diperusahaan kereta mesin uap, peternakan hingga agen asuransi.

Pada tahun 1920, Sanders dan beberapa orang kawan mendirikan perusahaan kapal feri yang beroperasi di Sungai Ohio, AS. Bisnis kapal ferinya berkembang pesat dalam waktu yang relatif singkat. Namun Ternyata Sanders merasa tidak cocok dengan pekerjaan tersebut. Sanders keluar dan mendirikan usaha sendiri dalam bidang lampu asetelin menggunakan uangnya sendiri. Tapi bisnis tersebut gagal karena kalah bersaing dengan lampu elektrik

Kemudian Sanders pindah ke Winchester, Kentucky dan bekerja di Michelin Tire Company sebagai salesman dan kehilangan pekerjaan tersebut pada tahun 1924 ketika perusahan Michelin memutuskan untuk menutup pabriknya. kemudian Sanders pun bertemu dengan manager perusahaan Standard Oil of Kentucky dan memintanya untuk menjalankan sebuah statiun layanan. Namunada tahun 1930, stasiun tersebut harus ditutup akibat ekonomi yang goyah.

AWAL KARIER

image

Pada tahun 1930, Sanders dan Shell Oil Company bersepakat untuk menjalankan bisnis di statiun bensin di North Corbin , Kentucky, dengan kesepakatan bagi hasil. lalu Sanders kemudian mulai mempromosikan masakan ayam goreng dan makanan lainnya. Pada tahun 1935, Sanders diberi gelar kehormatan colonel dari Gubernur Kentucky bernama Ruby Laffoon. Hal ini membuat popularitas Sanders semakin meningkat, dan pada akhirnya salah satu seorang yang berprofesi sebagai seorang penilaian makanan bernama Duncan Hines mengunjungi restoran Sanders.Dan akhirnya restoran tersebut diberi gelar Adventures in Good Eating di seluruh Amerika Serikat

Dengan pertumbuhan pelanggannya, Sanders akhirnya merasa membutuhkan sebuah tempat untuk mengembangkan bisnisnya. Pada Juli 1939, Sanders membeli sebuah motel untuk dijadikan rumah makan. namun rumah makan tersebut mengalami musibah kebakaran. Kemudian Sanders membangun rumah makannya kembali yang mempunyai tempat kursi yang lebih banyak.

Horland Sanders sangat menyukai ayam goreng, setiap saat ia melakukan eksperimen untuk menghasilkan ayam yang lezat namun praktis dibuat. Akhirnya ia menemukan resep spesial ayam goreng yang terdiri dari rempah – rempah dan bumbu-bumbu yang dikenal dengan 'Sebelas bumbu rahasia KFC. Hingga sekarang, resep tersebut tidak diketahui kecuali segelintir orang yang tidak melebihi jumlah jari tangan.

PUNCAK KESUKSESAN

image

Pada tahun 1963, jumlah rumah makan mencapai enam ratus tempat. Jumlah tersebut terlalu banyak dan tidak mungkin dia memikulnya sendiri. Oleh karena itu, Harland Sanders memutuskan untuk menjual bisnis waralaba KFC-nya kepada Jhon Brown Junior dan seorang milyuner Jack Mass seharga $2 juta. Selain itu, sanders juga mendapatkan gaji bulanan sebagai ganti usaha dan kerja keras nya selama ini.

Kolonel Harland Sanders meninggal pada tahun 1980 dan dimakamkan di Louisville. Pada tahun 1982, bisnis waralaba KFC menjadi bagian dari anak perusahaan Reynolds dan pada tahun 1986, KFC dibeli oleh perusahaan Pepsi Cola dengan harga $840 juta. Sekarang KFC berada dibawah perusahaan induk bernama Yumi Brands Inc yang juga membawahi Pizza Hut. Pada tahun 2010, KFC mempunyai 450.000 karyawan, dan pada tahun 2012, KFC sudah mempunyai cabang sebanyak 17.000 tersebar diseluruh dunia.

QUOTES

I’ve only had two rules: Do all you can and do it the best you can. It’s the only way you ever get that feeling of accomplishing something.

To me, my recipes are priceless.

I’m against retiring. The thing that keeps a man alive is having something to do. Colonel Sanders

Hal yang dapat dipelajari

  1. Tidak mudah menyerah

  2. Lakukan apapun yang kau bisa dan lakukan yang terbaik

  3. Keberhasilan tidak datang semudah itu tanpa adanya perjuangan

  4. Jangan pernah menyiakan kesempatan pun

image

SUMBER