Harimau Tasmania diburu karena dianggap sebagai ancaman?

harimau tasmania
Kisah hidup Harimau Tasmania menjadi salah satu yang menyedihkan dalam kehidupan hewan di dunia. Untuk waktu yang lama, harimau Tasmania dianggap sebagai salah satu marsupial (mamalia yang memiliki kantong di perut untuk membawa bayinya) karnivora terbesar. Benarkah harimau tasmania diburu karena dianggap sebagai ancaman?

Keberadaan hewan yang memiliki garis di punggungnya ini dianggap sebagai ancaman karena kerap memakan hewan ternak penduduk. Oleh karena itu, keberadaan mereka tidak diinginkan. Para pendatang dari Eropa berusaha memusnahkan harimau berekor panjang itu secara sistematis dari alam liar di Australia.
Untuk memusnahkan hewan ini, penduduk bahkan memberikan hadiah kepada orang-orang yang dapat membunuhnya. Perburuan secara besar-besaran pun dilakukan hingga membuat jumlah harimau Tasmania semakin mengkhawatirkan. Binatang yang berasal dari Australia dan Papua Nugini itu mulai punah pada abad ke-19.
Sebenarnya, kehidupan harimau Tasmania di daratan Australia sudah masuk kategori punah sejak ribuan tahun lalu, jauh sebelum bangsa Eropa datang ke wilayah Negeri Kanguru. Sementara di Papua sendiri, spesies ini diperkirakan telah punah jauh sebelum Australia.