Hans Vestberg : CEO Ericcson dan Verizon

Hans Vestberg

hans

Profil


Nama : Hands Erik Westberg
Lahir : 23 Juni 1965, Hudiksvall, Swedia
Pendidikan : Universitas Uppsala
Gelar : Bachelor of Business Administration
Pekerjaan : Executive Vice President dan President of Network and Technology (Verizon’s)
Riwayat Pekerjaan : Presiden dan CEO Ericsson

Biografi


Hans Erik Westberg lahir di Hudiksvall sebagai putra Berit Westberg, dipekerjakan oleh Swedish Tax Agency, dan Jan-erik Westbreg sebagai polisi dan pelatih bola tangan saat waktu luang. Setelah lulus di bidang administrasi bisnis di Universitas Uppsala pada tahun 1991, Hans Vestbreg bekerja di Ericsson Cables di Hudiksvall. Sejak itu dia memegang berbagai posisi untuk perusahaan Ericsson di China, Swedia, Cile dan Brazil.

Kehidupan Pribadi


Vestberg tinggal di Stockholm Bersama istri dan kedua anaknya, hobi nya adalah menikmati kegiatan outdor dan bermain golf.

Perjalanan Karir


Hans Vestberg pernah menjabat sebagai presiden dan CEO Ericcson 6 tahun yang lalu sebelum bergabung dengan Verizon’s pada bulan april tahun 2017, Erricson adalah perusahaan multinasilonal jaringan, dan peralatan telekomonukasi. Perusahaan yang berkantor pusat di swedia ini menyediakan 35 persen infrastruktur jaringan seluler di dunia seperti 2G, 3G, dan 4G. Selama lebih dari sepuluh tahun bergabung dengan Ericsson pada tahun 1991 Hans memperoleh pengalaman internasional yang luas dengan posisi kepemimpinan di tiga benua. Setelah itu ia berperan besar dalam mengembangkan organisasi industri terkemuka Ericcson dalam manajemennya layanan Ericcson tumbuh tiga kali lipat selama lima tahun. Pada tahun 2007 ia menjadi pejabat keuangan Ericsson, dan dia diangkat menjadi CEO di tahun 2009. Sebagai CEO, Hans memimpin lebih dari 150.000 karyawan sebagai perusahaan yang berubah dari fokus pada perangkat keras ke perangkat lunak dan layanan.

Ternyata Hans adalah anggota pendiri dari komisi Broadband International Telecommunications Union (ITU) untuk pengembangan Digital. Beliau juga merupakan anggota dewan pimpinan perserikatan bangsa Sustainable Development solusi Network. Sejak tahun 2015 Hans juga menjadi anggota Dewan UN Foundation dan Whitaker perdamaian & pengembangan inisiatif. Hands adalah suara terkemuka di industry konferesi termasuk Mobile World Congress, kode Mobile Consumer Electronics Show. Pada tahun 2014, dia menempati peringkat 10 Global Telecoms Business dari daftar 100 orang yang paling kuat di industry telekomunikasi.

Sumber:



http://www.verizon.com/about/our-company/hans-vestberg

Hans Vestberg


Lahir di hudksval, Swedia, Vestberg mendapat gelar S1 di administrasi bisnis dari universitas uppsala, swedia pada tahun 1991Hans vestberg merupakan wakil president dan president dari network dan teknologi, dengan tanggung jawab untuk lebih lanjut mengembakangkan arsitektur untuk jaringan Verizon fiber-centric. Sebelum bergabung dengan Verizon pada april 2017, Vestberg menjadi president dan CEO dari Ericsson selama enam tahun.

Ericsson adalah perusahaan telekomunikasi multinasional besar dari swedia, yang pada dasarnya menyediakan perangkat lunak dan infrastruktur di komunikasi dan teknologi informasi yang melayani 35% 2G,3G dan 4G infrastruktur layanan mobile di seluruh dunia. Leif Johanson merupakan ketua dari Ericsson dan Hans Vestberg merukan President dan CEO. Dengan internet mengambil alih di tahun 1990, Ericsson mengambil kesempatan untuk melakukan inovative tecnologi. Walaupun mengetahui potensialnya pesusahaan melakukan project di 1995 untuk mengembangkan teknologi dan product yang memiliki compatibility dengan internet. Dari tiga main area yaitu services, mobile telephones dan terminals. pada tahun 1999, Ericsson berkerja sama dengan Microsoft agar teknologi mobile-internetnya bekerja sama dengan layanan web browsing termuktahir.

Pada tahun 2001, Ericsson membeli sisa saham dari Hewlett Packard dalam usaha EHPT-nya. Ini membuat Ericsson menjadi pemilik 60% dan HP 40% dari EHPT. Kemudian pada tahun 2002, Ericsson menjual unit mikroelektronikanya ke Infineon Technologies AG dalam sebuah kesepakatan dengan biaya $ 400 juta USD yang mengejutkan. Baru-baru ini, pada bulan September 2014, juga mengambil alih kendali mayoritas saham dalam Apcera’s cloud policy venture. Ericsson telah masuk dalam daftar 500 perusahaan Fortune dan telah memenangkan banyak penghargaan dan penghargaan untuk layanannya ke sektor telekomunikasi. Ericsson meluaskan operasinya dan memenuhin kebutuhan dari clientsnya di seluruh dunia.

Untuk lebih dari sepuluh tahun setelah bergabung dengan Ericsson di 1991 Vestberg mendapatkan banyak pengelaman internasional dengan posisi menjadi pemimpin di tiga benua. Di tahun 2007 Vestberg menajdi Ericsson chief financial offcier dan menjadi CEO pada 2009. Sebagai CEO, ia memimpin lebih dari 150,000 pegawai sesudah perusahaanya berubah fokus dari fokus pada perangkat keras menjadi perangkat lunak dan layanan. Vestberg merupakan member dari penemu International Telecommunications Union Broadband Commission untuk pengembangan digital, dimana dia memimpin iklim perubahan.

Vestberg juga member dari Leadership Council of the united nation’s Sustainable development solutions Network. Dari tahun 2015 Vestberg juga telah menjadi member dari UN foundation dan the Whitaker peace & Development Initiative. Vestberg memimpin suara di pertemuan industry, termasuk mobile worl Congress, Code/Mobile dan the Consumer Electronic Show. Pada tahun 2014 Vestberg dinobatkan menjadi peringkat ke 10 pada bisnis telecomunikasi global di antara 100 orang terkuat di telecomunikasi industry.

Sumber:

Berhentinya Presiden dan CEO Ericsson Hans Vestberg hari ini mengejutkan banyak pengamat industri. Beberapa tahun yang lalu, Vestberg dianggap sebagai bintang yang bersinar di industri teknologi dan bahkan dikabarkan akan mendapatkan pekerjaan terbaik di Microsoft untuk menggantikan CEO Steve Ballmer yang akan pergi.namun, setelah beberapa perempat tahun berjuang, dipantau oleh penurunan laba bersih 24 per kuartal kedua 2016, Ericsson mengumumkan bahwa Vestberg segera mengundurkan diri dan sementara diganti oleh Chief Financial Officer Jan Frykhammar sampai CEO tetap ditemukan.

Vestberg dianggap oleh eksekutif telekomunikasi lainnya, khususnya mitra operator perusahaan. Dia melejitkan perusahaan untuk lebih menonjol dengan melakukan pidato utama di beberapa acara industri profil tinggi seperti Consumer Electronics Show dan Mobile World Congress.Vestberg juga menempatkan dirinya sebagai visioner di bidang telekomunikasi dengan mengadvokasi apa yang dia sebut sebagai “Jaringan Masyarakat”. Masyarakat Jaringan adalah konsep bahwa pengembangan bahan bakar konektivitas dan bahwa mobile broadband dapat membantu mengatasi beberapa tantangan terbesar di dunia seperti kemiskinan, kesehatan , pendidikan, dan perubahan iklim.

Tapi menjadi seorang visioner tidak cukup, terutama di iklim telekomunikasi yang menantang saat ini. Inilah perjalanan karir yang ditempuh Hans Vetsberg dari beberapa kemenangan dan kerugian kunci selama di Ericsson :

  • 1 Januari 2010: Hans Vestberg menjadi CEO Ericsson, menggantikan Carl-Henric Svanberg, yang meninggalkan perusahaan tersebut untuk menjadi ketua BP. Vestberg adalah veteran Ericsson 19 tahun.

  • 28 Oktober 2010: Sony Corp setuju untuk membeli 50 persen saham Ericsson di pembuat handset Sony Ericsson seharga $ 1,46 miliar.

  • 4 Juni 2011: Ericsson mengumumkan rencana untuk mengakuisisi perusahaan OSS / BSS Telcordia seharga $ 1,15 miliar. Kesepakatan itu konon memberi lebih banyak dukungan pada perangkat lunak dan layanan Ericsson.

  • 2 April 2012: Ericsson membeli spesialis perlengkapan jaringan WiFi BelAir Networks, memberikan akses ke teknologi WiFi kelas carrier.

  • 8 April 2013: Ericsson mengumumkan rencana untuk membeli unit Mediaroom Microsoft dengan harga yang tidak diungkapkan, memberi perusahaan kemampuan untuk mengirimkan layanan TV melalui jaringan broadband.

  • 16 Juni 2014: Bloomberg melaporkan bahwa dewan Microsoft mempertimbangkan Vestberg sebagai pengganti potensial untuk meninggalkan CEO Steve Ballmer.

  • 14 November 2014: Ericsson mengumumkan akan menerapkan rencana efisiensi yang akan mengurangi biaya dan mengkonsolidasikan portofolio TI-nya. Program ini diharapkan menghasilkan penghematan sebesar $ 1,2 miliar pada tahun 2017 dan mencakup pemangkasan kerja sekitar 2.200 di seluruh dunia.

  • 9 November 2015: Ericsson dan Cisco mengumumkan kemitraan strategis di mana mereka akan membagikan paten, mengembangkan produk bersama, dan menyelaraskan layanan pelanggan di basis pelanggan yang luas. Perusahaan mengatakan bahwa kemitraan tersebut akan menghasilkan pendapatan $ 1 miliar untuk setiap sisi pada tahun 2018.

  • 21 Desember 2015: Ericsson menandatangani perjanjian lisensi silang tujuh tahun dengan Apple, yang mengakhiri peluru paten multi-tahun yang telah mengganggu hubungan mereka.

  • 13 April 2016: Pada pertemuan umum tahunan Ericsson, Vestberg mengumumkan Ericsson memiliki 21 operator 5G.

  • 21 April 2016: Vestberg mengguncang struktur perusahaan di tengah penurunan penjualan. Beberapa eksekutif meninggalkan perusahaan tersebut termasuk Jan Wäreby, kepala penjualan; Anders Thulin, petugas informasi utama; dan kepala wilayah Asia Pasifik, Mats Olsson.

  • 19 Juli 2016: Ericsson mengumumkan akan menghapus lebih banyak pekerjaan dan mengurangi anggaran penelitian dan pengembangan untuk mengkompensasi penurunan 24 persen pada laba bersih kuartal kedua.

  • 20 Juli 2016: Harian bisnis Swedia Dagens Industri melaporkan bahwa dua pemegang saham Ericsson yang terbesar mendorong CEO Vestberg menggulingkannya.

  • 25 Juli 2016: Ericsson mengumumkan Hans Vestberg segera meninggalkan perusahaan tersebut.

Source :

https://www.sdxcentral.com/articles/news/hans-vestbergs-rise-fall-ericssons-ceo-lost-shine/2016/07/


Hans Vestberg tumbuh dengan memiliki mimpi untuk menjadi pemain olahraga handball atau bola tangan professional. Ia tidak pernah sekalipun bermimpi untuk menjadi seseorang yang bekerja di kantoran atau menjadi bagian dari sebuah perusahaan, apalagi bermimpi untuk menjadi CEO ternama. Dirinya sangat suka bermain olahraga handball, bahkan juga mengikuti latihan bersama sebuah tim yang berlaga pada liga nasional di swedia. Walaupun dengan kecintaannya dengan olahraga tersebut begitu besar, Verstberg memilih untuk tidak terlalu fokus berkarir pada olahraga tersebut, karena kalah bersaing dalam tim atau dalam kata lain kemampuan yang ia miliki tidak begitu meyakinkan.

Sebagai gantinya, Verstberg mendapatkan kesuksesan besar yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan hobi yang ia miliki, yaitu dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang begitu menantang persaingannya.

Verstberg dibesarkan pada sebuah kota kecil bernama Hudiksvall atau disebut juga Glada Hudik yang berpenduduk sekitar 15000 orang terletak di bagian timur laut Swedia. Kota kecil yang dekat dengan laut tersebut lebih terkenal dengan sejarah perdagangannya daripada reputasinya dalam melahirkan CEO perusahaan multinasional. Verstberg yang besar sekitar tahun 1960an sampai 70an di kota itu, memiliki keinginan terpendam untuk bekerja pada departemen keuangan di pabrik Ericsson di sekitar kota itu. Ambisi itu muncul ketika mimpi untuk menjadi atlet olahraga handball tidak dapat terwujud.

Ambisi untuk bekerja di Ericsson segera terwujud setelah ia lulus dai Uppsala University di bidang administrasi bisnis dan ekonomi pada tahun 1991. Ia menjadi bagian terdepan dalam revolusi teknologi komunikasi mobile. Ericsson yang dibangun pada tahun 1876 oleh pendirinya L.M. Ericsson, melakukan kerjasama dengan Nordic yang merupakan rivalnya, sehingga menciptakan Nordic Mobile Telephony (NMT) ketika Verstberg telah bergabung bersama Ericsson. Ericsson yang ketika itu telah mencapai umur perusahaan sekitar 70an, mengembangkan telpon mobile pertama kali di dunia.

Verstberg yang menjadi CEO Ericsson tahun 2010 disaat perusahaan dalam keadaan sulit setelah mendapati profit warning mulai tahun 2001 sehingga diperlukan program restukturisasi dan pemotongan biaya produksi yang dimulai tahun 2009. Karena kesulitan tersebut Ericsson memangkas karyawan dari 107.000 menjadi 55.000 dalam beberapa tahun. Verstberg yang telah menempati posisi strategis Ericsson di berbagai tempat dan negara sama sekali tidak merasa menyesal ketika ditunjuk sebagai pimpinan tertinggi perusahaan walaupun dalam keadaan sulit. Karena kecakapannya dalam komunikasi, pemikiran yang tajam, dan optimisme yang tinggi, Verstberg mulai menampakkan kembali sukses jangka panjang yang dapat diraih.

Dibawah kendali Verstberg, Ericsson mulai berkembang lagi dan fokus pada pengembangan jaringan, pelayanan global, dan multimedia. Perusahaan mengembangkan kualitas dan efisiensi jaringan terkhusus pada solusi mobile broadband. Ericsson dibawah kepemimpinan Verstberg merupakan pelopor dan pendorong terciptanya teknologi jaringan LTE.

Versberg menyebutkan terdapat tiga hal untuk mencapai kesuksesan yang dapat dipelajari dari latihan tim olahraga berusia remaja. Yang pertama adalah bagaimana pelatih memberikan instruksi kepada setiap pemain sebagai invidu bukan instruksi terhadap seluruh anggota tim, hal ini karena setiap individu memiliki perspektif dan pemahaman berbeda. Setiap pemain juga memiliki kemampuan dan kekuatan berbeda. Kemudian yang kedua adalah adanya dorongan lebih daripada kritikan. Ketika seorang pemain hanya disebutkan kesalahan yang ia lakukan, maka pada kesempatan berikutnya ia kemungkinan besar akan mengulangi kesalahan tersebut, sebagai pelatih harusnya dapat menyeimbangkan antara dorogan motivasi dan kritikan. Kemudian yang terakhir adalah keinginan untuk membangun kesenangan. Dalam hal ini seseorang harus memiliki dorongan untuk terus berkembang dengan keinginan yang positif dan dukungan dari rekan timnya.


Sumber: