Hama dan penyakit apa saja yang biasa menyerang tanaman Kencur, dan bagaimana menanggulanginya?

Kencur

Kencur (Kaempferia galanga L.) merupakan salah satu jenis empon-empon atau tanaman obat, dimana tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Kencur termasuk bahan baku penting dalam industri seperti obat.

Sampai saat ini masih belum banyak dilaporkan gangguan hama pada tanaman kencur yang bersifat fatal. Kalaupun ada masih terbatas pada serangan hama ulat daun dan belalang. Pengendalian yang perlu diperhatikan dalam budidaya kencur adalah serangan penyakit, walaupun tingkat serangannya masih rendah.

Penyakit yang sudah ditemukan di areal pertanaman kencur adalah busuk rimpang dan bercak daun. Busuk rimpang disebabkan oleh bakteri layu seperti pada jahe (Ralstonia solanacearum). Tanaman yang terinfeksi menunjukkan gejala daun layu, berwarna kekuningan dan menggulung. Apabila serangan sudah berlanjut, rimpang tanamantersebut bila dicabut akan tampak gejala pangkal batang membusuk.

Didalam rimpang kencur yang terinfeksi penyakit, memungkinkan berkembang biaknya telur dan larva serangga hama seperti lalat rimpang (Mimegrallacoeruleifrons) dan belatung (Eumerus figurans) yang memakan daging rimpang bagian dalam. Pengendalian penyakit busuk rimpang bisa dilakukan dengan cara mencabut dan membuang tanaman yang terserang.

Sumber : www.harianmerapi.com

1 Like