Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Mendaki Gunung

Untuk para pecinta alam, terutama yang sudah sering mendaki gunung, tentunya tahu peraturan wajib tak tertulis yang harus dipatuhi pada saat pendakian. Tapi, bagaimana dengan kita yang belum pernah mendaki? Mungkin untuk sebagian orang mendaki gunung adalah hal keren dan menjadikan salah satu momen untuk dipamerkan di Social Media mereka.

Salah satunya adalah Jangan menyepelekan medan pendakian. Hal ini sering sekali dilakukan oleh para pendaki karena menyepelekan medan pendakian. Banyak yang merasa memiliki fisik yang cukup kuat untuk bisa mendaki sampai ke puncak gunung.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu kondisi medan pendakian yang akan kamu datangi nanti. Kamu bisa mencari referensi dari internet atau beberapa blog para traveller Indonesia, hal yang paling gampang kamu bisa cari tahu dari teman kamu yang sudah sering mendaki gunung.

Bawa perlengkapan sendiri, Bawalah perlengkapan yang lengkap dan jangan pernah mengandalakan teman kamu. Orang yang sedang melakukan pendakian gunung akan merasakan hal yang sama dengan kamu. Hmm, nggak mau kan? Kamu malah dinilai jelek ketika sedang mendaki gunung karena malah menyusahkan orang-orang. Salah satu alasan orang mendaki gunung adalah untuk belajar mandiri, jadi kamu juga harus mempersiapkan semuanya secara mandiri dan jangan sampai ada yang tertinggal ya, karena akan berakibat fatal.

Dilarang buang sampah sembarangan, Masih sering buang sampah sembarangan, tapi ngaku pecinta alam? Nggak hanya di gunung, tapi kamu dilarang membuang sampah sembarangan dimana pun saat mendaki. Kalau kamu benar-benar mencintai alam, kamu tidak akan meninggalkan sampah bawaan kamu di gunung, sebaliknya kamu akan membawa sampah bawaan kamu sampai ke bawah. Selain merusak pemandangan di gunung, sampah inilah yang membuat udara dan sekitar gunung menjadi tercemar. So, pelajari terlebih dahulu ya dan jangan pernah meninggalkan sampah apapun jika kamu sedang berada di gunung.