Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengambil Keputusan

1. Tanyakan pada Diri Anda Apa yang Sebenarnya Anda Inginkan

Apakah karir perusahaan terdengar seperti pekerjaan impian Anda atau apakah Anda lebih suka meluncurkan startup Anda sendiri? Apakah Anda ingin menikah dan memiliki anak atau apakah Anda lebih suka menghabiskan waktu mencari jiwa dan berkeliling dunia? Ada begitu banyak jalan yang dapat Anda ambil dalam hidup Anda, jadi itu membantu untuk mengetahui apa yang sebenarnya Anda inginkan sebelum membuat keputusan besar.

2. Meminta nasihat
Jangan takut untuk meminta saran; itu bukan tanda kelemahan, Anda hanya mendapatkan sudut pandang yang berbeda pada suatu situasi dan seseorang dapat memberi titik terang yang tidak Anda pikirkan.

3. Pertanyaan Motif Anda
Bertanyalah pada diri Anda sendiri pertanyaan-pertanyaan sulit sangat sulit tetapi itu membantu untuk membawa Anda ke tempat yang seharusnya.

4. Timbang Pro & Kontra
Anda dapat mempertimbangkan pro dan kontra dari pilihan masa depan Anda dengan membicarakannya dengan seseorang atau secara harfiah mencatatnya di atas kertas, di komputer Anda, atau telepon sehingga Anda dapat melihatnya dalam warna hitam dan putih.

5. Tanyakan Diri Anda Jika Anda Akan Menyakiti Diri Anda Atau Orang Lain Dengan Keputusan Anda di Masa Depan
Meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya, setiap keputusan yang kami buat sekecil apa pun, berdampak pada orang lain. Anda mungkin memutuskan apakah akan tetap dalam pekerjaan yang menuntut yang memberi Anda sedikit atau tidak ada downtime untuk kenaikan besar.

6. Lihatlah Pilihan Potensi Anda
Sangat bagus untuk bersikap optimis, tetapi tidak boleh membiarkan optimisme Anda membutakan Anda pada hal-hal negatif dari keputusan yang berpotensi mengubah hidup.

7. Bayangkan Apa yang Dimaksud dengan Hidup Impian Anda & Lihat Jika Pilihan Pilihan Anda Cocok Untuk Ini
Itu membuat proses pengambilan keputusan Anda tidak perlu berpikir jika pilihan potensial Anda memungkinkan Anda menjalani kehidupan impian Anda.

source :

Postingan ini sangat bermanfaat, karena memang ketika sebelum mengambil keputusan, kita haruslah memikirkan segala risiko yang mungkin terjadi terhadap keputusan tersebut. Kita harus benar-benar memikirkannya dengan matang agar ketika kita melakukan keputusan tersebut kita telah siap dengan hal-hal yang terjadi ketika kita mengidentifikasikan risikonya.