Hal yang Harus Dilakukan Untuk Menyelesaikan Masalah

1. Apakah ada masalah?
Sebagai langkah awal, penting untuk disadari bahwa ada masalah. Karena masalah bisa menimbulkan kegelisahan, banyak orang akan berusaha menghindari, mengabaikan atau menunda-nunda saat menghadapi masalah sulit dalam hidup mereka. Jadi, bagaimana Anda bisa mengenali masalah sejak dini?

  • Buat daftar. Biasakan menulis daftar masalah dalam hidup Anda. Lebih mudah untuk mengerjakan suatu masalah jika Anda telah menuliskannya.
  • Gunakan perasaanmu. Kita sering membuat kesalahan dengan berpikir bahwa emosi negatif kita adalah masalahnya. Ini salah. Misalnya, Anda mungkin berpikir, “masalahnya adalah saya selalu stres di tempat kerja.” Di mana lebih tepat untuk mengatakan ada masalah di tempat kerja (seperti kesulitan dengan rekan kerja atau beban kerja yang besar), yang membuat Anda Merasa stres.
  • Temukan tantangannya. Hambatan besar bagi kebanyakan orang adalah cara negatif bahwa mereka melihat masalah: jika Anda berpikir bahwa masalah benar-benar mengancam, atau bahwa memiliki itu adalah tanda kelemahan atau kegagalan, dan Anda menganggap diri Anda sebagai pemecah masalah yang buruk.

2. Apa masalahnya ?
Sebelum mencoba memecahkan masalah, Anda harus terlebih dahulu mendefinisikannya. Berikut ini beberapa kiat tentang cara menentukan dengan tepat apa masalah Anda:

  • Fokus pada masalah itu sendiri.Anda kemudian bisa memasukkan masalah Anda ke dalam sebuah kalimat.
  • Hanya fakta: Berhati-hatilah untuk tidak memasukkan pendapat atau asumsi ke dalam definisi Anda.
  • Jadilah spesifik dan konkret: Jika Anda terlalu samar ketika mendefinisikan masalah Anda, akan sulit untuk mengetahui bagaimana bahkan mulai memecahkannya.

3. Apa tujuan saya untuk masalah ini?
Berikut adalah beberapa tip untuk menetapkan tujuan :

  • Bersikaplah realistis: Pastikan bahwa tujuan Anda tercapai; Jika mereka tidak realistis, Anda mungkin tidak akan sampai pada mereka dan Anda akan merasa buruk.
  • Jadilah spesifik: Jika tujuan Anda tidak jelas, Anda tidak akan tahu kapan Anda mencapainya.
  • Mulailah dengan tujuan jangka pendek: Jika Anda menetapkan sasaran yang dapat dicapai relatif cepat, Anda lebih mungkin untuk mengatasi masalah Anda.

4. Memikirkan solusi
Kesalahan terbesar yang kita lakukan ketika mencari solusi untuk masalah kita adalah memikirkan solusi lama yang sama. Namun, jika solusi lama itu berhasil, masalahnya tidak akan tetap ada. Untuk mendapatkan solusi baru, Anda dapat mengikuti aturan brainstorming:

  • Rancang banyak solusi: Anda lebih mungkin menemukan solusi yang baik jika Anda memiliki banyak solusi untuk dipilih.
  • Jangan menilai solusi Anda: Ingat bahwa Anda belum memilih solusi, Anda hanya mencoba memikirkan sebanyak mungkin pilihan; jadi jangan menilai mereka Bahkan solusi konyol, aneh atau ekstrim adalah yang bagus pada tahap ini.
  • Memiliki berbagai solusi: Pastikan solusi Anda berbeda satu sama lain.

5. Memutuskan sebuah solusi
Jika Anda berjuang dengan kecemasan, sebenarnya memilih solusi untuk masalah Anda seringkali bisa terlihat cukup sulit. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak memecahkan masalah dapat menyebabkan lebih banyak kecemasan daripada mencoba menyelesaikannya, tidak peduli seberapa cemas perasaan Anda.

  • Apakah solusi ini akan memperbaiki masalah saya dan membantu saya mencapai tujuan saya?
  • Berapa banyak waktu dan usaha yang melibatkan solusi ini?
  • Bagaimana perasaan saya jika saya memilih solusi ini?
  • Berapa biaya dan manfaat dari solusi ini untuk diri saya dan orang lain, sekarang dan dalam jangka panjang?

6. Melaksanakan solusi
Ini sering merupakan langkah tersulit karena Anda sekarang harus benar-benar mulai menjalankan solusi yang Anda pilih. Kebanyakan orang takut bahwa mereka mungkin telah memilih solusi yang salah, atau mungkin ada solusi yang lebih baik jika mereka hanya memikirkan masalahnya. Ini tidak membantu berpikir: lebih baik bertindak daripada tidak melakukan apapun sama sekali.

7. Memeriksa masalah Anda
Sekarang Anda telah melakukan solusi Anda, Anda perlu memastikan bahwa itu berfungsi. Terkadang rencana yang paling baik tidak selalu berjalan dengan sempurna, jadi ide yang baik adalah memiliki penanda yang memungkinkan Anda mengetahui apakah Anda berada di jalur yang benar.

source :
https://www.anxietybc.com/adults/how-solve-daily-life-problems

Ketika kita berjumpa dengan masalah, maka janganlah panik. Hal yang harus kita lakukan yaitu adalah menenangkan pikiran dan hati kita terlebih dahulu. Kemudian setelah itu cobalah untuk mencari berbagai alternatif solusi. Alternatif ini bisa saja didapatkan dari orang lain dengan cara kita meminta pendapatnya terkait masalah yang kita alami. Setelah mendapatkan solusi, maka pikirkanlah dampak dari setiap solusi tersebut, kemudian pilihlah solusi terbaik menurutmu.