Hal yang harus dilakukan kalau ingin jadi Beauty Blogger

Segala hobi sekarang bisa jadi. Apa kamu termasuk wanita yang gemar berganti produk kecantikan? Kalau iya, kenapa kamu nggak menjajal ‘karir’ sebagai beauty blogger saja? Percayalah, profesi yang satu ini memiliki prospek yang cukup bagus. Lalu, bagaimana ya caranya?

Tunjukkan Keunikan Kamu
Langkah pertama yang wajib kamu terapkan adalah menemukan hal unik sebagai ciri khas kamu sebagai beauty blogger. Dengan banyaknya jumlah beauty blogger yang ada saat ini, mungkin kamu merasa agak sulit untuk menemukan ciri khas yang belum ditampilkan oleh siapapun. Coba deh, pikirin dulu satu hal yang paling kamu suka dari diri kamu. Kalau kamu suka sama rambut hitammu yang lebat, kamu bisa bikin hair tutorial. Kalau kamu suka kosmetik, nggak masalah untuk ‘bersaing’ dengan yang lainnya, tapi kamu bisa menyajikannya dengan cara lain.

Tentukan Audience Kamu
Selanjutnya, tentukan kalangan yang menjadi sasaran blog kamu. Misalnya, kalau blog kamu ingin menyasar ke kalangan remaja, kamu bisa bikin konten yang isinya tutorial dengan makeup yang harganya affordable. Selain isi konten yang di-share, videografi, fotografi, dan mood warna pada blog kamu juga harus sesuai dengan audience tersebut.

Harus Bersabar dan Berkomitmen
Blogging mungkin terlihat mudah, tapi kenyataannya nggak semudah itu, lho! Memiliki ribuan follower, tentu menjadi apresiasi bagi seorang blogger, dan untuk mendapatkan hal ini caranya nggak instan. Kamu butuh kesabaran dan komitmen terhadap blog kamu. Untuk menghasilkan sebuah posting yang bagus, kadang-kadang dibutuhkan waktu berjam-jam. Jadi, pastikan kamu punya waktu khusus untuk focus sama blog kamu, entah itu setelah kuliah atau sepanjang weekend. Untuk mempertahankan komitmen tersebut, kamu bisa terus menyimak postingan beauty blogger lain, supaya kamu terus termotivasi.

Kualitas, Bukan Kuantitas
Poin yang satu ini penting banget untuk selalu diingat. Akan jauh lebih baik jika kamu meng-upload satu post yang insightful setiap satu kali setiap dua minggu, daripada meng-upload setiap hari, hasilnya seadanya alias nggak detail.

Perhatikan Teknik Blogging
Punya alamat blog dengan domain nama kamu sendiri kenyataannya memengaruhi kredibilitas kamu sebagai blogger, lho! Untuk membuat domain sendiri nggak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam (kamu bisa Googling harga domain di masing-masing platform). Cara lain untuk bikin blog kamu lebih banyak dikenal adalah dengan memanfaatkan advertising space, seperti Google Ads yang (bisa langsung sign up!).

Lakukan Kolaborasi
Ada beberapa cara untuk berkolaborasi dengan brand. Kamu bisa minta dikirimin barang dari suatu, lalu kamu review dengan detail (jangan lupa share dan promote hasil review-nya ya!). Selain itu, kalau blog kamu sudah cukup terkenal, brand akan mengirimkan langsung ke kamu produk-produk terbaru mereka. Kalau kamu di-reject sama suatu, jangan sedih ya! Karena kamu perlu memaklumi banyaknya permintaan serupa kepada brand tersebut.

Networking
Jangan menyepelekan the power of networking! Networking punya impact yang sangat besar terhadap blog kamu. Hal ini bisa meningkatkan jumlah follower dan pembaca kamu. Langkah mudah untuk memperluas networking sebagai blogger adalah dengan memiliki seenggaknya dua akun media sosial yang aktif (sebaiknya Instagram dan Twitter). Lalu, kamu perlu menjadi pengguna yang aktif dengan selalu memberi komentar dan berdiskusi tentang beauty product di kolom komentar blogger lain.

Sumber: