Hal Yang Harus Diketahui Tentang Analisis Risiko Kualitatif

Sebelum membahas cara kerja Analisis Risiko Kualitaif, lebih baik mengenal dasarnya terlebih dahulu, apa itu , kapan kita memakainya, bagaimana melakukannya ??

Analisis risiko kualitatif adalah teknik yang digunakan untuk mengukur risiko yang terkait dengan bahaya tertentu. Penilaian risiko digunakan untuk peristiwa yang tidak pasti yang dapat memiliki banyak hasil dan yang dapat menimbulkan konsekuensi yang signifikan. Probabilitas mengacu pada kemungkinan bahwa suatu bahaya akan terjadi.

Analisis risiko kualitatif memprioritaskan risiko proyek yang diidentifikasi menggunakan skala peringkat yang ditentukan sebelumnya. Risiko akan dinilai berdasarkan probabilitas atau kemungkinan terjadinya dan dampaknya pada tujuan proyek jika terjadi.

Probabilitas / kemungkinan umumnya diperingkatkan pada skala nol hingga satu (misalnya, 0,3 menyamakan dengan probabilitas 30% dari peristiwa risiko yang terjadi).

Skala dampak didefinisikan secara organisasi (misalnya, skala satu hingga lima, dengan lima sebagai dampak tertinggi pada tujuan proyek - seperti anggaran, jadwal, atau kualitas).

Analisis risiko kualitatif juga akan mencakup kategorisasi risiko yang tepat, baik berbasis sumber atau berbasis efek.

Referensi

https://www.pmlearningsolutions.com/blog/qualitative-risk-analysis-vs-quantitative-risk-analysis-pmp-concept-1