Hal penting apa yang harus kita lakukan di umur 20an ?

capaian pada Umur 20

Umur 20 adalah transisi yang penting dalam kehidupan, pilihan yang kita buat akan menjadi fondasi untuk puluhan tahun kedepan. Di rentang usia ini kamu akan diperhadapkan pada banyak sekali kesempatan yang bisa membawa kamu kepada kesuksesan. Tapi sayangnya, masih banyak orang yang melewatkan kesempatan itu dan masa-masa umur 20an yang banyak peluang ini terbuang sia-sia.

Hal apa saja yang harus kita lakukan di umur 20an agar masa depan kita sukses ?

Umur 20 memang umur yang menurut saya sangatlah menentukan masa depan kita nantinya. Banyak orang mengatakan umur 20an adalah waktu bereksperimen, berpesta, dan waktu kebebasan dalam menikmati hidup. Memang benar hal - hal tersebut, tetapi dilain sisi, umur 20an adalah waktu yang paling penuh akan tekanan dan itu dapat membebani pikiran kita.

Menurut psikolog yang bernama Meg Jay dijelaskan dalam bukunya yang berjudul The Defining Decade, dalam umur 20an anda dapat merasakan tanggung jawab dan kebebasan di waktu yang sama dan pilihan yang anda ambil dapat menentukan jalan hidup anda kedepannya. Jadi bagaimana cara anda agar dapat menikmati masa - masa kebebasan eksplorasi diri ini tetapi juga dapat membuat hidup anda kedepannya sukses dan penuh kebahagiaan? Berikut akan saya paparkan kunci penting dari pendapat para wirausahawan muda dan orang sukses lainnya:

  1. Lakukan Perjalanan ke Negeri Orang atau Travelling
    Banyak sekali orang sukses di dunia ini yang memulai hidupnya di umur 20an dengan melakukan pencarian jati diri ke negara lain. Jangan lakukan perjalanan di dalam kota atau hanya di kota - kota terdekat, pergilah ke luar negeri walaupun hanya dilakukan dengan modal seminimal mungkin. Habiskan awal - awal umur 20 anda dengan mencari pengalaman bertahan hidup di negara lain, dengan hambatan budaya, bahasa, dan adat istiadat sehingga pemikiran anda akan menjadi lebih luas dan terbuka.

  2. Jadikan Uang sebagai Hasil, bukan Sebagai Tujuan dan Menabunglah
    "Jangan tertekan dengan (memikirkan) uang, uang akan datang dengan sendirinya" Hal tersebut dikatakan oleh Patrick Gant, seorang penulis. Jadi apa yang harus kita fokuskan dalam pikiran kita? Umur 20an merupakan umur dimana anda belum mempunyai tanggung jawab yang sangat besar, ikuti mimpi anda, ambilah resiko dan jangan terpengaruh oleh keuntungan jangka pendek. Jangan lupa juga untuk menabung, sisihkan sebagian gaji anda dan uang yang anda dapat untuk investasi masa depan.

  3. Mulailah Menjaga Kesehatan Anda
    Pada usia 20an, anda harus sudah memulai untuk menjaga kesehatan anda sendiri. Jaga pola makan anda, sesekali lakukan olahraga ringan dan berat agar kesehatan anda tetap terjaga hingga usia tua nanti.

  4. Maafkan Kesalahan Diri Anda dan Orang Lain
    Jangan terus menerus terjebak di masa lalu, maafkan orang yang pernah membuat kesalahan kepada anda dulu. Tetapi yang lebih penting disini adalah maafkan diri anda sendiri. Sebelum kita memaafkan diri kita sendiri, coba pahami dan terima kesalahan tersebut, renungkan dalam - dalam dan terima bahwa itu adalah kesalahan yang anda perbuat. Jangan pernah lari dari kesalahan anda sendiri, setelah anda paham, barulah anda maafkan diri sendiri dan jadikan itu pengalaman di masa depan.

  5. Jauhkan Diri Anda Dari Drama Sosial
    Anda tidak butuh terhadap orang - orang bermasalah yang nantinya akan membuat kita mengalami kemunduran pola pikir. Carilah orang yang benar - benar butuh anda dan yang hanya ingin butuh kita disaat tertentu. Jauhi orang yang dapat menghabiskan waktu anda sia - sia.

Selain hal - hal tersebut, beberapa hal lain yang sama pentingnya anda lakukan di umur 20an adalah manfaatkan teknologi sebaik mungkin, pahami diri anda sendiri, dan yang terpenting jangan tergesa - gesa. Nikmati hidup anda sebaik mungkin, umur 20an adalah masa krusial, tetapi jangan lupa untuk bersenang - senang.

Sumber:

1 Like

Umur 20an adalah hal yang menyenangkan karena kita bisa bebas melakukan apa saja yang kita mau,supaya hidup lebih mudah kita harus melakukan 5 hal berikut.

1.Belajar menabung

Tidak punya banyak uang bukan berarti kita tidak bisa menabung,kita bisa menyisihkan uang sedikit demi sedikit dan jadikan itu sebagai kebiasaan,jika tidak dibiasakan maka di masa yang akan datang kita jadi malas untuk menabung.

2.Menjaga tubuh tetap sehat

Jangan malas untuk olahraga karena semakin tua metabolisme kita semakin rendah,jaga pola makan kita.Dan jangan lupa untuk menggosok gigi supaya gigi tetap sehat.

3.Travelling

Pergi keluar negeri untuk mencari jati diri carilah pengalaman yang sebanyak-banyaknya,karena umur 20an adalah masa dimana kita untuk bersenang-senang

4.Belajar manajemen waktu

Dari perspektif pribadi dan bisnis, ada sedikit kemampuan yang berguna seperti manajemen waktu jika kita bisa menguasai bentuk perencanaan seni yang rumit di masa depan, menganggarkan waktu dan mempraktekkan ketergantungan sejak dini, kita akan mengurangi beban stres akibat perjalanan hidup kita.

5.Prioritaskan pengembangan pekerjaan

Jangan mengambil pekerjaan yang tidak kita sukai,karena semakin lama semakin kita menyesal di masa yang akan datang carilah pekerjaan impian kita supaya tidak menyesal.

Ada begitu banyak peraturan yang dihadapi di usia 20an. Lakukan ini, jangan lakukan itu.
Yang benar adalah beberapa peraturan dimaksudkan untuk tidak di patuhi dan ada juga yang tidak. Kita akan menikmati pengalaman hidup yang lebih kaya jika kita belajar mengenali yang mana yang sedang lombakan dan mana yang tidak.

Sumber :

Masa muda berlalu tanpa kita sadari, apakah kita harus khawatir apa yang akan terjadi di masa depan? dan apa yang harus kita lakukan sekarang? Selagi masih muda kita harus menghabiskan waktu dengan kegiatan yang bermanfaat dan berguna untuk masa depan kita. Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya dilakukan ketika mendekati umur 20 tahun :

  1. Koneksi
    Jika kamu mengenal banyak orang, terbukalah kesempatan untuk menggali potensi di masa depan. Di dunia kerja kamu membutuhkan banyak koneksi, bukan hanya dunia kerja saja tapi koneksi juga penting dalam pergaulan. Ketika kamu sedang kesusahan, temanmu akan menolong. Itulah gunanya koneksi.

  2. Banyak membaca
    Tidak ada hal yang lebih produktif selain membaca. Bacalah apa saja yang kamu sukai.
    Entah itu berita, novel, komik, biografi, semua bacaan sebaiknya kamu baca. Membaca membuka jendela dunia, dengan membaca wawasan bertambah luas dan kamu menjadi tahu bagaiman orang-orang disekitarmu.

  3. Menjaga kesehatan
    Sehat adalah aspek terpenting yang kita miliki saat hidup, rajin berolahraga dan menjaga kesehatan akan membuatmu merasa nyaman ketika tua nanti. Dengan berolahraga kita akan terhidar dari penyakit saat tua nanti. Mulailah dari hal kecil seperti mencuci tangan sebelum makan, membasuh muka setelah berpergian, dsb. Seberepa kaya pun manusia tidak akan bisa menukar atau membeli tubuh. Karena umur masih berkisar 20 tahun, sebaiknya menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

  4. Gunakan waktu dan uang untuk pendidikan
    Pendidikan adalah aset berharga yang tak bisa ditukar dengan uang. Namun uang bisa ditukar dengan pendidikan, dan dengan pendidikan itulah kita bisa mendapat uang yang lebih banyak. Pendidikan akan memperluas pengetahuan, dan ketika berumur sekitar 20 tahunlah kita bisa menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini.

  5. Perhatikan sikap mental
    Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga penting. Mengatur pikiran dan pola pikir adalah hal yang harus dilakukan saat masih muda. Ini agar kita menjadi pribadi yang berkarakter dan berpikiran positif. Pikiranmu akan menggambarkan kepribadianmu.

  6. Pelajari keterampilan baru dan menguasainya
    Ikutilah minatmu, masih banyak waktu untuk mempelajari hal baru. Tidak perlu ragu untuk mencoba, ketika tua nanti keterampilan sangatlah dibutuhkan.

  7. Buatlah kebiasaan baik
    Membiasakan diri melakukan hal-hal baik akan membuatmu terbiasa hingga tua nanti. Suatu saat kamu akan merasakan manfaat dari melakukan hal-hal baik.

  8. Bangunlah hubungan yang baik
    Luangkanlah waktu untuk bergaul, memiliki teman baik akan membuatmu bahagia dan aura positif akan terpancar dari dalam dirimu.

  9. Makan teratur
    Menjaga pola makan akan berpengaruh pada tingkat kesehatan. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi junk food.

  10. Rencanakan keuangan
    Menghabiskan uang adalah perkara yang mudah, namun bagaimana jika menabungnya? Menabung adalah kegiatan yang postif, ketika tua nanti kamu tak perlu risau dari mana biaya kamu untuk hidup karena kamu telah memiliki tabungan.

  11. Berpergian
    Mengunjungi tempat baru akan membuatmu bertambah pengalaman dan merasakan kesenangan.

  12. Berkomunikasi dengan orang terkasih, dan

  13. Tentukan apa yang ingin kamu lakukan dalam kehidupan ini

Sumber :