Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kulit sensitif

Memiliki kulit sensitif tidak boleh sembarangan saat menggunakan produk. Apa hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kulit sensitif?

1 Like
  • Gunakan shaving gel atau cream

Bagi pemilik kulit sensitif, penting untuk menggunakan shaving gel atau cream yang berguna untuk melembapkan kulit.

  • Mencukur rambut dengan air hangat

Air yang terlalu panas tidak terlalu baik digunakan untuk mencukur rambut. Sebagai gantinya, cukur rambut menggunakan air suam-suam kuku, lalu bilas dengan air dingin untuk membuat kulit terasa nyaman dan mencegah rambut tumbuh ke dalam.

  • Aplikasikan pelembap atau losion

Setelah selesai mencukur rambut, oleskan losion tanpa mengandung alkohol atau pelembap yang berguna untuk menjaga kulit tetap halus dan tidak iritasi.

Sumber:

Serba-serbi kulit sensitif


Misery, dkk (2016) menjelaskan bahwa kulit cenderung sensitif terhadap berbagai benda asing yang datang dari luar tubuh. Keadaan tersebut menjadikan manusia memiliki keharusan agar senantiasa menjaga dan memelihara kesehatan kulit. Inamadar (2013) memberikan pemaparan bahwa kulit pada wajah merupakan bagian tubuh yang paling sering mendapat perhatian utama. Menjaga dan memelihara kesehatan kulit wajah bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Seiring berkembangnya zaman, menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah dengan menggunakan produk perawatan tertentu telah menjadi pilihan utama bagi sebagian besar orang. Terlebih saat ini semakin banyak produk produk perawatan kulit wajah yang diciptakan dan seolah-olah menjanjikan hal terbaik untuk kulit wajah (Iswandi, 2019)

kulit
Sumber: newsmedia.co.id

Pemilihan dalam penggunaan produk perawatan kulit wajah tidak dapat dilakukan secara sembarangan, perlu didasari dengan pengetahuan dan pemahaman tentang jenis kulit yang dimiliki. Oleh karena itu, sangat diperlukan analisis pengetahuan kulit wajah untuk menentukan jenis kulit serta produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit wajah tersebut. Kulit wajah yang kering atau xerosis biasanya lebih sensitif dibandingkan jenis kulit wajah yang lainnya. Sehingga umumnya jenis kulit wajah yang kering cenderung berkaitan dengan jenis kulit wajah yang sensitif. Jenis kulit sensitif saat ini menjadi jenis kulit wajah yang paling sering dikeluhkan pada populasi umum (Iswandi, 2019).

Menurut metode Delphi, kulit sensitif didefinisikan sebagai timbulnya gejala pada kulit sebagai reaksi terhadap rangsangan yang pada keadaan normal tidak menimbulkan gejala seperti itu. Gejala yang dimaksud meliputi rasa terbakar, nyeri, gatal, dan kesemutan. Pada beberapa penderita, gejala yang timbul diikuti dengan eritema atau kemerahan, kulit yang menjadi sangat kering, bahkan iritasi. Kulit sensitif juga bisa didefinisikan sebagai menurunnya batas toleransi kulit terhadap sesuatu sehingga menimbulkan reaksi tidak normal seperti kulit yang terasa kencang, menyengat, terbakar, kesemutan, nyeri, dan gatal. Persepsi subjektif ini didasarkan dari pengamatan yang cepat dan mudah oleh seseorang setelah pemakaian produk kosmetik atau perawatan tertentu baik itu secara langsung maupun setelah beberapa menit, jam atau hari. Sedangkan persepsi objektif dari kulit sensitif didasarkan pada pengamatan fisik oleh seorang dokter atau ahli (Iswandi, 2019).

Referensi
  1. Inamadar AC, Palit A. (2013). Sensitive skin: An overview. Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprololgy, 79(1):9–16. https://doi.org/10.4103/0378-6323.104664

  2. Misery, L., Loser, K., & Ständer, S. (2016). Sensitive skin. Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, 30: 2–8. https://doi.org/10.1111/jdv.13532