Hal-hal yang dapat merusak bulu mata

Setiap wanita pasti menginginkan memiliki bulu mata yang lentik dan bagus. Namun adakah hal-hal atau kebiasaan yang dapat membuat bulu mata menjadi rusak?

  • Memperlakukan Bulu Mata dengan Kasar
    Bulu mata jauh lebih rapuh dibandingkan dengan rambut yang ada di kepala kita. Jadi, jangan samakan perlakuan terhadap keduanya ya! Karena setiap helainya lebih tipis, kalau kamu memperlakukannya dengan kasar, bulu mata pun akan rusak dan rontok. Berilah perhatian khusus terhadapnya, seperti menyisirnya secara lembut setiap hari dengan sisir bulu mata dan sebelum tidur, pastikan bulu mata kamu benar-benar bebas makeup.

  • Tidak Mengganti Maskara
    Umumnya, maskara akan memasuki masa kadaluarsa setelah dua atau tiga tahun. Akan tetapi, kamu sebaiknya nggak mempertahankan maskara kamu selama itu. Proses menarik keluar dan mendorong masuk aplikator maskara memicu bakteri untuk berkumpul di areanya. Jadi, kalau kamu termasuk cewek yang sering pakai maskara, gantilah maskara kamu seenggaknya setiap tiga bulan untuk menghindari penumpukan bakteri yang berpindah ke bulu mata.

  • Mengucek-ngucek Mata
    Mengucek-ngucek mata bisa memicu iritasi. Selain itu, hal ini juga bisa merusak bulu mata kamu. Jadi, coba deh ubah kebiasaan buruk ini. Daripada mengucek-ngucek mata, sebaiknya percikanlah air dingin yang bersih ke area mata saar mata terkena debu atau kelilipan, dan jangan lupa untuk mengistirahatkan mata kamu dari layar komputer atau handphone setiap 30 menit.

  • Menjepit Bulu Mata dengan Terlalu Kencang
    Sebagian cewek menjepit bulu mata mereka dengan penjepit bulu mata dengan terlalu kencang. Padahal, cara ini salah banget dan justru bisa bikin bulu mata rusak. Jadi, kalau kamu ingin menggunakan penjepit bulu mata, pakailah secara perlahan.

  • Menggunakan Sembarang Produk
    Satu yang wajib kamu terapkan untuk penggunan alat kecantikan: kualitas di atas kuantitas. Jangan sampai kamu selalu terpancing dengan harga produk kecantikan yang murah, tapi hasilnya malah merusak bagian wajah atau tubuh kamu. Termasuk untuk bagian bulu mata. Daripada beli maskara dengan harga yang murah, tapi merk dan kualitasnya diragukan, lebih baik nabung sedikit lagi utnuk beli maskara yang lebih berkualitas.

sumber: