Hal-hal Penting apa yang Perlu Diperhatikan ketika Mendengarkan Orang dalam Komunikasi?

komunikasi antarpribadi

Komunikasi adalah suatu proses atau kegiatan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Ketika melakukan komunikasi dengan seseorang kita juga harus memperhatikan hal - hal penting yang nantinya bisa mempengaruhi lawan bicara kita. Tidak hanya itu kita sebagai pendengar juga mempunyai hal-hal penting yang harus dilakukan.

Hal - Hal penting apa yang perlu diperhatikan ketika mendengarkan orang dalam komunikasi?

Ketika mendengarkan orang dalam komunikasi hal penting yang peru diperhatikan adalah :

  • Buat Kontak Mata : Kontak mata adalah sangat penting karena hal ini menunjukkan kepada orang yang bicara bahwa kita terlibat. Ini membuat kita tetap memusatkan perhatian serta mengurangi gangguan-gangguan.

  • Mengakui : Tanda yang sederhana seperti menganggukkan kepala atau mengucapkan sepatah kata dari kita menandakan bahwa kita sedang mendengarkan. Hal ini menandakan kepada orang yang sedang berbicara itu bahwa kita sedang mendengarkan dengan aktif.

  • Bertanya : Bertanyalah sebagai kelanjutan dari apa yang orang itu katakan. Tapi berhati-hatilah jangan sampai memotong poembicaraan dia. Bertanya akan menunjukkan bahwa kita menaruh perhatian terhadap apa yang dia katakan.

  • Peduli : Biarkan orang yang bicara itu tahu bahwa Anda peduli dengan apa yang dia sedang katakan dan gunakan banyak kata “saya.” Misalnya, Anda katakan “Saya mengerti apa yang Anda rasakan” atau “Saya yakin itu membuat Anda marah.”

  • Jangan Pernah Memotong Pembicaraan : Jangan memotong pembicaraan orang tersebut. Jika kita perlu mengatakan sesuatu, tunggu ketika ada kesempatan. Juga jangan terfokus pada apa yang kita ingin katakan karena hal ini dapat mengganggu konsentrasi kita dalam mendengarkan orang tersebut.

  • Menyimak : menyimak adalah hal yang sangat pentng dilakukan ketika mendengarkan orang dalam komunikasi. Karena ketika menyimak terjadi proses transfer of knowldege. Jadi kita diharapkan bisa membuka pikiran saat mendengar dan memahami dulu apa maksud orang, yg kadang tersembunyi. Supaya bisa merespon dgn baik.