Hal-hal apa saja yang wajib dilakukan oleh seorang Product Manager?

Tips-On-How-To-Get-Hired-As-Product-Manager

Seorang Product Manager (PM) adalah mereka yang memiliki obsesi cukup besar terhadap pelanggan dan kendala serta kesulitan yang mereka alami. Tanggung jawab sebagai seorang Product Manager adalah menampung semua feedback pelanggan dan membawanya ke tim untuk diolah sehingga menghasilkan sebuah solusi yang tepat dan berfungsi dengan baik. Seorang PM wajib memiliki kepekaan terhadap kesulitan serta kritikan dari pelanggan. Dengan demikian, hal-hal apa saja yang wajib dilakukan oleh seorang Product Manager?

Hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang Product Manager (PM) antara lain :

  1. Eksekusi
    Seorang PM harus bisa menyelesaikan pekerjaan yang paling sederhana hingga yang paling rumit. Jangan pernah menjadikan alasan untuk menunda pekerjaan atau enggan untuk menyelesaikan dengan alasan apa pun.

  2. Menciptakan Hubungan Baik dengan Tim
    Salah satu hal yang menentukan apakah seorang PM dikatakan baik atau bukan adalah, kemampuan PM untuk berkolaborasi dengan tim yang ada. PM harus bisa menciptakan hubungan yang baik, posistif dan sarat dengan kreativitas untuk membantu anggota tim lainnya menghasilkan produk yang tepat.

  3. Memiliki Visi dan Disiplin
    Hal terpenting yang wajib dipahami oleh seorang PM adalah mengerti dengan baik masalah yang paling penting untuk diselesaikan, siapa orang yang ingin dibantu untuk memberikan solusi terbaik, mengapa solusi tersebut berharga untuk orang tersebut, dan seperti apa seorang PM mengukur kesuksesan yang ada.

Sebagai seorang PM wajib mengumpulkan data dan hipotesis agar bisa menghasilkan solusi yang terbaik untuk target pengguna. PM wajib fokus kepada masalah yang paling tepat, bekerja dengan tim yang solid, sekaligus mencari cara untuk menghasilkan produk yang terbaik berdasarkan analitik dan consumer behavior.

Referensi :