Hal-hal apa saja yang tidak Boleh dilakukan ketika Berkomunikasi di dalam Rapat?

Rapat merupakan pertemuan atau berkumpulnya minimal dua orang atau lebih untuk memutuskan suatu tujuan. Rapat juga dapat dijadikan sebagai media untuk berkomunikasi antar manusia atau pimpinan kantor dengan staffnya.

Hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika berkomunikasi di dalam rapat ?

Rapat merupakan media komunikasi kelompok, yang pada prinsipnya untuk mendapatkan saling
pengertian.

Dari pihak pemimpin, rapat bertujuan memberikan kesempatan kepada bawahan untuk
menyampaikan pendapat, saran, ide-ide langsung kepada pemimpin.

Dari pihak bawahan, rapat merupakan kesempatan baik untuk bertatap muka dengan pimpinan sekaligus dengan para staf lainnya.

Agar tujuan rapat sesuai dengan yang diharapkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam rapat.
Rapat dikatakan baik apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut :

rapat yang buruk

  1. Pimpinan rapat yang baik adalah : seorang yang aktif, berwawasan luas, cakap, dapat memberikan bimbingan dan pengarahan pada saat rapat berlangsung.

    Dapat berbicara dengan jelas, bersikap tegas, tidak mendominasi pembicaraan, tidak otoriter, memberikan kesempatan yang sama pada setiap anggota untuk memberikan suaranya.

    Check list berikut dapat membantu seorang pimpinan rapat/ pertemuan :

    • Menjelaskan sasaran dan tujuan?
    • Menetapkan prioritas
    • Mendorong proses pembuatan keputusan
    • Mengarahkan orang-orang pada kemampuan terbaik mereka : berkomunikasi dengan baik dg peserta, melempar
    • pertanyaan-pertanyaan, mendorong peserta membuat asumsi, mendengar, menjelaskan persoalan, memotivasi
    • pertemuan untuk mencapai tujuan utama rapat/ pertemuan, menangkap agenda-agenda pribadi yang tersembunyi dari
    • para peserta, dan mengendalikannya
    • Merangsang hal-hal terbaik dari peserta
    • Mengatur waktu dengan baik
    • Menyimpulkan dengan dibantu oleh seorang Notulis [lihat tentang notulis]
  2. Suasana rapat terbuka
    Artinya tidak ada hal-hal yang disembunyikan. Tiap anggota rapat berbicara secara terbuka, obyektif sehingga tidak
    menimbulkan prasangka yang negatif terhadap peserta rapat yang lain.

rapat yang buruk

  1. Tiap peserta rapat berpartisipasi aktif dan hindari terjadinya monopoli pembicaraan

  2. Selalu mendapat bimbingan dan pengawasan
    Pimpinan rapat berfungsi sebagai pemberi bimbingan, pengarahan, kemudahan terhadap para peserta rapat. Pemimpin harus mampu mengadakan pengawasan terhadap jalannya rapat, pengawasan terhadap para peserta rapat, baik secara kelompok, maupun secara individu, agar pembicaraan tidak menyimpang dari tujuan rapat.

  3. Hindari perdebatan
    Suatu rapat tidak efektif apabila terjadi debat yang berkepanjangan tanpa arah, sehingga menghabiskan waktu dan tujuan rapat tidak tercapai.

  4. Pertanyaan singkat dan jelas

Bagaimana dengan pertanyaan, Hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika berkomunikasi di dalam rapat?

Jawabannya adalah anda melakukan kebalikan dari apa yang seharusnya dilakukan, seperti yang ditulis diatas, agar rapat dapat berjalan dengan baik,