Hal-hal apa saja yang perlu diketahui dalam membangun sebuah jaringan komputer

Pada zaman ini jaringan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan IT, contohnya adalah jaringan internet, jaringan wifi, dan jaringan LAN. Dan untuk membuat jaringan tersebut kalian harus mengerti dasar-dasar dalam pembuatannya

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMBANGUN SEBUAH JARINGAN KOMPUTER

Seperti yang kita ketahui bahwa jaringan komputer adalah kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi atau data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.

Dalam membangun sebuah jaringan komputer ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena membangun suatu infrastruktur jaringan komputer tidak semudah menghubungkan dua atau lebih komputer menggunakan peer-to-peer atau ad-hoc, apalagi membangun jaringan komputer untuk suatu organisasi besar.

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat subuah jaringan komputer yang baik :

1. FAULT TOLERANCE
Fault tolerance atau toleransi kesalahan adalah sebuah pemahaman dimana didalam membangun sebuah jaringan kita harus meminimalisir terjadinya sebuah gangguan dan memastikan seluruh infrastruktur yang dibangun dapat terus berjalan dengan baik dan sempurna. Fault tolerance dilakukan dengan melakukan redundancy terhadap jaringan yang akan kita bangun. Redudansi dapat dilakukan dengan cara menduplikasi jalur yang digunakan untuk mentransmisikan informasi baik secara physical maupun logical.

Fault tolerance juga berkaitan dengan failover cluster dan load balancing. Secara sederhana, failover cluster merupakan kumpulan dari device (misalnya server) yang saling terhubung dimana apabila ada satu jaringan yang sedang rusak atau ada masalah diharapkan jaringan yang lainnya bisa menggantikan posisi yang rusak tersebut sehingga jaringan masih bisa terus bekerja tanpa adanya sebuah kendala atau gangguan.

2. SCALABILITY
Scalability adalah bagaimana menjaga perfoma dari jaringan komputer agar tidak berkurang ketika akan melakukan ekspansi jaringan (penambahan user dan network). Hal ini yang sering dialami oleh service provider dimana walaupun pengguna ISP bertambah banyak, ISP harus tetap dapat menjaga performa dari jaringan yang dibangun.

3. QUALITY OF SERVICE
Quality of Service adalah bagaimana cara kita bisa membagi-bagi jatah resource sesuai dengan kriteria yang ditentukan dalam suatu organisasi, misalnya pada sebuah organisasi berdasarkan posisi jabatan atau departemen.

Diasumsikan suatu perusahaan memiliki 3 layanan yang convergence, yaitu voice, financial transaction, dan web page. Ketika ketiga layanan ini digunakan secara bersama-sama dengan user yang sangat sedikit atau saling bergantian, maka performa dari jaringan akan seperti biasa, bahkan mungkin lebih cepat ketika kita sendirian yang menggunakannya.

Jika tidak menerapkan QoS, maka mungkin tidak jelas layanan mana yang akan terkena imbasnya. Namun, dengan menerapkan QoS berarti kita menerapkan prioritas.

4. SECURITY
Keamanan dari jaringan yang akan kita buat harus selalu menjadi perhatian yang dibilang cukup penting. Dalam membuat jaringan komputer intinya adalah bagaimana membuat jaringan komputer yang kita bangun itu aman, baik dari internal maupun eksternal.

Disini kita harus memperhatikan bagaimana kerahasiaan dari informasi dan komunikasi bisa terjaga dan hanya user yang asli dapat mengaksesnya. Bagaimana integritas dari suatu informasi dan komunikasi dapat dipertanggung jawabkan dan dipercaya. Dan bagaimana suatu informasi dan komunika dapat selalu tersedia walaupun terjadi sebuah masalah.


Pada zaman sekarang, semua pekerjaan sering menggunakan komputer untuk mempermudah setiap kegiatan. Mulai dari perkantoran hingga perindustrian sudah menggunakan komputer dalam memperlancar kegiatan mereka. Pada dasarnya semua komputer yang digunakan untuk membantu mengerjakan mereka menggunakan sebuah jaringan yang bernamakan jaringan komputer.

Jaringan komputer adalah sebuah jaringan yang berguna untuk pertukaran informasi antar komputer dengan media yaitu sebuah data. Istilah dari jaringan komputer sendiri saja sudah membuat jaringan komputer ini menjadi sangat vital dari sebuah perusahaan. Bayangkan saja bila jaringan komputer yang dibuat kurang bagus. Perusahaan tersebut menjadi lambat dalam mendapatkan informasi, setelah itu akan berimbas pada proses produksinya yang mendapat banyak gangguan, dan bila proses produksi terganggu maka pendapatan dari perusahaan tersebut akan terganggu. Lantas hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sebuah jaringan komputer untuk bisa mendapatkan jaringan komputer yang bagus?

  1. INTERFACES JARINGAN
    Semua komputer memiliki interface masing – masing yang digunakan untuk saling terhubung ke jaringan. Interface tersebut biasanya dimiliki komputer dalam bentuk NIC (Network Interface Card). Selain komputer, ada beberapa devices yang memiliki NIC juga, seperti HUB, Switch, dan Router. Dari interface jaringan ini yang perlu dilihat adalah jenis slot, Kecepatan yang dimiliki NIC, dan kompatibilitas dari NIC.

  2. MEDIA TRANSMISI
    Media transmisi adalah suatu alat penghubung antar komputer dengan perangkat jaringan lain. Media transmisi yang digunakan saat ini masih ada 2 macam, yaitu dengan kabel dan nirkabel. Untuk kabel terdapat 4 jenis, yaitu :

    1. UTP (Unshielded Twisted Pair),
    2. STP (Shielded Twisted Pair)
    3. Coaxial
    4. Fiber Optik.

    Untuk jenis kabel yang perlu diperhatikan untuk membuat suatu jaringan komputer yang bagus adalah kecepatan transfer, panjang maksimum dari kabel tersebut, dan jenis konektor yang digunakan.

  3. NOS ( Network Operating System)
    NOS berguna untuk menunjang kinerja dari jaringan komputer, termasuk dalam pendukung system keamanan, sharing, dan juga client server. Beberapa OS yang berguna untuk keamana jaringan yaitu Linux, sedangkan untuk server yaitu Windows 2003, 2008, dan 2012, dan untuk client dapat menggunakan windows XP dan versi yang lebih bagus dari XP.

  4. NETWORK DEVICE
    Network device adalah sebuah peralatan yang digunakan untuk penunjang system jaringan. Contoh alat network device adalah Switch, Hub, Repeater, Router, dan Modem.

  5. NETWORK PROTOCOL
    Network protocol adalah aturan – aturan yang digunakan sebuah jaringan komputer untuk setiap kompone – komponen dari jaringan komputer tersebut untuk harus berkomunikasi. Protocol sendiri pada dasarnya dibedakan menjadi 3 sesuai dengan kegunaannya, yaitu :

    1. Communication protocol (IP, IPX, dan Netbeui)
    2. Transport protocol (TCP dan UDP)
    3. Applications protocol (FTP, HTTP, HTTPS, dan lain sebagainya)

Kelima hal tersebut adalah sebuah dasar yang sangat penting untuk membangun jaringan komputer yang baik. Bila dasarnya saja tidak diberikan hal yang bagus, maka keluarannya juga akan menjadi tidak bagus.

Referensi :

manfaat jaringan komputer

Jaringan komputer adalah adalah suatu jaringan yang menghubungkan komputer - komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data. Dalam membangun jaringan komputer, kita harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah masalah seperti apa jaringan yang akan kita buat, bagaimana toleransi kesalahan, dan berapa biayanya. Toleransi kesalahan adalah bagaimana suatu jaringan tanpa ada gangguan dan meskipun ada suatu gangguan, system tetap dapat berjalan sebagaimana semestinya. Dan juga jangan sampai dalam membuat jaringan memakan biaya yang sangat besar namun hanya untuk ruang lingkup client yang kecil.

  2. Kedua adalah keamanan, hal ini sangat penting dalam suatu jaringan. Ancaman keamanan tidak datang dari luar saja, akan tetapi juga dari sesama pemakai komputer yang ada dalam jaringan. File-file yang dibagikan dalam sebuah jaringan merupakan masalah keamanan yang mesti dipikirkan bagaimana cara perlindungannya. Virus dan pembatasan akses terhadap file-file penting yang dibagikan merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan.

  3. Yang ketiga adalah bagaimana perawatannya nanti juga bisa menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Perawatan jaringan komputer tidak hanya berhubungan dengan troubleshooting, tetapi juga menyiapkan cadangan perangkat jika terjadi kerusakan pada perangkat jaringan yang sedang dipakai. Troubleshooting dan perawatan masalah jaringan sangat beragam terutama yang terkait dengan ketersedian koneksi yang cepat dan stabil.

  4. Yang keempat adalah bagaimana cara agar performa suatu jaringan tetap stabil meskipun kita melakukan expansi jaringan atau penambahan user dan network.

Sumber :

http://www.norisanto.com/solusi-praktis/kendala-yang-dihadapi-saat-membangun-jaringan-komputer/

http://rizky.ilearning.me/tugas-membangun-jaringan-jarkom/

Membangun sebuah jaringan computer bukanlah suatu permasalahan yang sederhana, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Dalam membangun jaringan computer diperlukan perencanaan yang matang baik dari segi implementasinya maupun kebutuhan fisik. Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan diantaranya :

  1. Topologi.
    Mengapa topologi perlu diperhatikan? Karena topologi erat kaitanya dengan biaya instalasi, biaya komunikasi, serta ketersediaan jaringan atau sampai sejauh mana data dapat diakses.
  2. Upgradability
    Jaringan yang baik harus memlunyai sifat upgradable, maksudnya jaringan tersebut bisa ditingkatkan kemampuannya, baik dari sisi kapasitas, kecepatan, dan fleksibilitas, tanpa perlu melakukan perombakan secara total.
  3. Auto configuration
    Komponen jaringan yang baru haruslah dapat diintegrasikan ke jaringan yang ada sebelumnya dengan mudah.
  4. Keamanan
    Dalam merancang suatu jaringan computer aspek keamanan sangat perlu untuk diperhatikan, agar jaringan tidak mudah diakses oleh orang luar, sehingga keamanan data terjamin.

Sumber :
http://dnakreatif.com/network/beberapa-hal-penting-dalam-membangun-sebuah-jaringan/
http://gam.kabeh-ngerti.com/astromoiya/11538/index.html