© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Hal-hal apa saja yang mempengaruhi kesuksesan sebuah startup?

Kesuksesan sebuah stratup mempunyai definisi yang luas, baik dari sisi finasnisal maupun dari sisi valuenya. Hal-hal apa saja yang mempengaruhi kesuksesan den kegagalan sebuah startup ?

Startup dapat dikatakan sukses dan berhasil menurut pakar bidang bisnis teknologi digital, Andy Zain terdapat 4 faktor yang mempengaruhi, yaitu :

1. Risiko Bisnis Model
Andy menyarankan dalam membangun sebuah startup sebaiknya menjalankan bisnis model yang jelas, mudah dibuat, dan telah terbukti di negara lain untuk dapat meminimalisir tingkat risiko dalam bisnis model. Andy juga mengatakan bahwa untuk tidak mudah terpengaruh denga trend yang sedang terjadi. Kemudian dalam mencari investor menurut Andy, sebaiknya disesuaikan dengan industri bisnis yang dikembangkan.

2. Risiko Pasar
Startup dapat dikatakan gagal atau berhasil dikarenakan ukuran pasar yang digunakan. Menurut Andy, untuk menjalankan bisnis yang bisa sustainable adalah dengan masuk ke pasar besar dan juga potensial.

3. Risiko Eksekusi
Andy juga mengatakan bahwa dalam membangun startup, tentu ada risko dalam eksekusi produk di pasaran. Untuk dapat meminimalisir risiko dalam eksekusi produk, maka perlu dibangun tim yang kompeten dalam bidangnya masing-masing.

4. Risiko Teknologi
Dalam membangun startup, untuk menunjang kesuksesan dapat mengadaptasi teknologi dari perusahaan yang berhasil dalam menerapakannya.

Kemudian menurut Bill Gross, juga terdapat 5 faktor yang menentukan keberhasilan startup, yaitu :

1. Timing
2. Team / Execution
3. Idea
4. Business Model
5. Funding

Dari kelima faktor tersebut Bill Gross melakukan analasis terhadap 200 startup yang berhasil dan gagal. Dari 200 startup tersebut, didapatkan bahwa 42% kesuksesan dipengaruhi oleh faktor timing yang tepat, kemudian sebanyak 32% faktor team/execution, 28% faktor idea, 24% faktor business model, dan 14% faktor funding. Bill Gross juga memberikan contoh bagaimana timing dapat menentukan keberhasilan sebuah startup, yaitu UBER. Bill Gross mengungkapkan bahwa UBER muncul ketika kebutuhan akan transportasi sangat tinggi, ditambah faktor supir yang ingin mendapatkan pendapatan tambahan.

References

https://www.wartaekonomi.co.id/read158451/4-faktor-penentu-kegagalan-dan-kesuksesan-startup.html

https://id.techinasia.com/faktor-sukses-startup-bill-gross

Dari yang saya lihat dari berbagai sumber, Setiap orang memiliki kriteria atau parameter tersendiri untuk mengatakan sebuah Startup itu Sukses. Terdapat 11 kriteria yang saya ambil dari sebuah referensi bagaimana startup dapat dikatakan sukses dan bisa berkembang menjadi Established Company :

  1. Visi
    Visi yang terdefinisi dengan baik adalah sesuatu yang paling dibutuhkan setiap pemimpin perusahaan untuk mencapai sebuah tujuan. Ini akan menjadi kekuatan utama di balik kesuksesan seorang pengusaha dan akan menjadi petunjuk di masa-masa sulit. Sebuah startup perlu membayangkan bagaimana menguangkan uang dari awal. Jumlah dolar pertama, terutama bagi calon investor.

  2. Cepat Tanggap
    Menyelesaikan sesuatu dengan cepat adalah salah satu dari banyak alasan mengapa para pemula dapat mencapai tujuan mereka. Hal ini menjadi pembeda saat startup mampu diluncurkan tepat waktu atau saat itu mampu bergerak lebih cepat daripada pesaing. Startup yang sukses tidak akan pernah menunda proses menyelesaikan pekerjaan, dan harus bekerja sebanyak yang dibutuhkan sampai ada yang selesai. Orang yang paling produktif adalah orang-orang yang memanfaatkan waktunya. Soal kecepatan, memiliki orang-orang yang memiliki pengetahuan di bidangnya benar-benar membuat perbedaan. Saya percaya bahwa semakin cepat Anda bisa membuat kesalahan, belajar dari mereka dan memperbaiki penawaran Anda, semakin baik.

  3. Budget Masters
    Sebuah startup yang sukses efisien dalam mengelola keuangannya dan mampu beroperasi sangat ramping. Setiap sudut harus memiliki anggaran sendiri yang ditetapkan dan biaya yang tidak perlu harus dihindari. Penting untuk mengetahui apa yang dibutuhkan perusahaan agar bisa mencapai tonggak dan anggaran yang sesuai. Bila sumber daya terbatas, dan waktu adalah esensi, perusahaan perlu menguasai keterampilan melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit.

  4. Social Skills
    Jaringan adalah alasan lain untuk kesuksesan startup. Sebuah tim pendiri yang mengenal orang-orang berpengaruh dan berpengaruh dalam bisnis ini benar-benar tak ternilai harganya dan dapat membuka pintu bagi kemitraan dan untuk menemukan investor malaikat di New York. Startups hebat memiliki CEO yang hebat yang mampu bekerja dalam organisasi mereka. Di sisi lain, pemimpin startup perlu menginspirasi orang dan memberi mereka alasan untuk mengikuti mereka melalui perjalanan yang tidak pasti, seringkali di mana anggota tim diminta untuk melakukan banyak pengorbanan seperti pekerjaan / keseimbangan kehidupan, pemotongan gaji, asuransi kesehatan yang terbatas atau tidak, dan sebagainya

  5. Disiplin
    Disiplin dimulai dengan pengendalian diri dan merupakan produk dari standar pribadi yang dipaksakan sendiri. Tanpa disiplin, startups gagal sukses dalam bisnis meski berada di ekonomi terbaik. Disiplin diri mengarah pada etika kerja yang positif, dan etos kerja mengarah pada menyelesaikan sesuatu secara efektif dan efisien. Sangat penting untuk membuat semua anggota tim selaras dan bekerja sama untuk mencapai garis finish.

  6. Determination
    Penentuan kuat selalu diperlukan agar sukses bisa berlangsung. Sebuah startup yang sukses menekankan pentingnya penentuan saat membangun bisnis dan tidak pernah berhenti, terutama saat jalan menjadi bergelombang dan menyeramkan. Ada banyak tantangan yang akan timbul dan tim startup membutuhkan tekad untuk mengatasi tantangan tersebut.Sama seperti buku dari Jim Collins “Good To Great”, jika orang yang tepat duduk di kursi bus yang tepat, startup pada akhirnya akan menemukan arahannya menuju kesuksesan. Penentuan dan ketekunan merupakan komponen kunci untuk mewujudkannya.

  7. Kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan
    Startups terbaik selalu bisa beradaptasi dengan teknologi baru. Beradaptasi terhadap perubahan dapat menghasilkan terobosan besar. Selama tahun-tahun awal, startup perlu mengulangi produk berkali-kali sampai mereka dapat menemukan metode rahasia dan melakukannya dengan benar.

  8. Fundraising Skills
    Arus kas adalah garis darah dari bisnis apa pun. Ini berarti bisnis bisa hancur dengan modal yang tidak memadai. Startup yang sukses adalah perusahaan yang memiliki modal cukup untuk menjalankan operasi bisnis mereka. Tugas utama seorang CEO startup adalah bisa melakukan penggalangan dana awal. Cara yang baik untuk mengumpulkan uang secara online adalah platform seperti 1000 Angels, karena memungkinkan dana untuk mengumpulkan dana, dalam beberapa kasus, hanya dalam waktu 60 hari dari investor terakreditasi. Ini menghilangkan kebutuhan melakukan road show 8 bulan yang melelahkan dan pada akhirnya sangat tidak produktif untuk bisnis itu sendiri.

  9. Keyakinan yang Kuat
    Kesuksesan setiap bisnis berkisar mengambil risiko. Startup yang sukses siap mengambil risiko. Seperti yang mereka katakan, investasi yang paling menguntungkan biasanya membutuhkan risiko tinggi. Namun, keputusan semacam itu perlu dilakukan uji kelayakan yang baik agar terhindar dari kemungkinan jatuhnya jika tidak terjadi seperti yang diharapkan, yang sering terjadi.

  10. Menguasai Manajemen Waktu yang Baik
    Startup’s life bisa menjadi sulit, di antara banyak hal yang harus dilakukan, diiringi keterbatasan staf dan sumber daya, kesuksesan perusahaan bergantung pada produktivitas dan efektivitas tim untuk berbuat lebih banyak dengan lebih sedikit waktu. Yang menjadi masalah bukan apa yang harus dilakukan tapi memilih fokus dan prioritas yang akan dilakukan terlebih dahulu untuk tantangan bisnis kedepan.

  11. Eksekusi/Implementasi
    Terakhir, memiliki ide hanyalah awal dan sungguh, eksekusi 98% dalam menentukan kesuksesan setiap bisnis. Untuk bagian ini, pengalaman tim sangat penting karena latar belakang mereka akan membantu menghasilkan keputusan yang lebih baik

Referensi

https://www.forbes.com/sites/tanyaprive/2013/03/29/top-11-reasons-startups-succeed/#bea551b2ab7a