Hal-hal apa saja yang membuat pori-pori membesar?

Hal-yang-Bisa-Bikin-Pori-Pori-Membesar-2

Pori-pori wajah memang nggak bisa membesar dan mengecil. Namun, yang membuat pori-pori terlihat membesar adalah kekurangan elastisitas dan kolagen pada kulit kita. Karena itu, penting banget untuk melakukan basic skincare, yaitu double cleansing, exfoliating, sunscreen dan juga menggunakan pelembap.

  1. Sering Lupa Pakai Sunscreen
    Pori-pori yang terlihat membesar diakibatkan oleh hilangnya elastisitas kulit. Nah, elastisitas kulit kita bergantung pada produksi kolagen yang dapat diperlemah oleh sinar matahari (apalagi sinar matahari pada pukul 10:00 ke atas). Kalau kamu masih sering lupa (atau bahkan malas) pakai sunscreen, jangan heran kalau kamu melihat pori-pori kulitmu terlihat semakin terbuka! Lesson learned, sekarang jangan lupa gunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar rumah, ya!

  2. Kurang Melakukan Exfoliation
    Exfoliating dengan face scrub adalah proses penting yang nggak boleh kamu lewatkan. Dengan pemilihan face scrub yang tepat, exfoliating nggak hanya mengangkat kulit mati, kotoran, dan minyak, tapi juga akan membersihkan sampai ke dalam pori. Pori-pori yang dipenuhi kotoran dan tersumbat tentu akan membuatnya tampak membesar. Ew! Untuk selalu menjaga pori-pori agar tetap bersih, exfoliate seminggu sekali.

  3. Salah melakukan Proses Ekstraksi
    Untuk yang belum tahu apa itu proses ekstraksi, proses ekstraksi adalah prosedur yang lazim dilakukan saat facial di klinik kecantikan. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan jerawat dan komedo yang ada pada wajah. Jika dilakukan dengan benar, kita akan mendapatkan wajah yang bersih dan terawat. Tapi, jika dilakukan dengan cara yang tidak tepat (apalagi kalau dilakukan sendiri tanpa bantuan dokter), proses ekstraksi justru akan menghasilkan trauma pada kulit dan menimbulkan luka yang membuat pori-pori terlihat membesar. Nggak jarang, luka akibat trauma kulit akan meninggalkan bekas permanen. Untuk menghindari trauma pada kulitmu, jangan mencoba mengeluarkan komedo dan jerawat sendiri! Tangan yang belum tentu bersih dan peralatan yang nggak memadai akan berdampak buruk pada kulitmu.

Sumber: