Hal-hal apa saja yang membuat pemrograman menjadi lebih mudah?

Programming adalah sebuah proses untuk membuat suatu program. Dalam kegiatan programming biasanya para programmer dibuat stress dengan codingan-codingannya, sehingga mereka menganggap bahwa programming itu susah.

Dalam melakukan pekerjaannya, para programmer biasanya mengalami kesusahan dalam melakukan programming. Kesusahan yang dialami oleh para programmer membuat mood para programmer menjadi rusak dan mengakibatkan rasa malas ketika programming. Untuk mencegah perusakkan mood tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Memahami bahasa pemrograman yang digunakan
    Untuk hal yang harus dilakukan pertama adalah harus memahami atau master dalam bahasa program yang akan dipakai. Jika para programmer sudah paham bahasa program yang akan digunakan maka mereka akan merasa lebih mudah dalam programming.

  2. Sebelum melakukan programming, manjakan diri sendiri
    Ini adalah kunci utama dalam pembuatan mood bahagia sebelum melakukan programming. Sebelum melakukan kegiatan programming alangkah baiknya mood yang ada dalam tubuh menjadi bahagia. Cara untuk membuat mood yang berada dalam diri sendiri adalah dengan memanjakan diri anda. Seperti, sebelum melakukan kegiata programming anda meminum sebangkir cokelat panas, atau berjalan-jalan ke sekitaran kompleks.

  3. Sabar dan tabah dalam menghadapi kesalahan
    Selain memperbaiki mood sebelum melakukan programming, anda harus yakin dan percaya bahwa diri anda bisa untuk melakukan programming tersebut. Hal yang sering dilaliakan oleh seorang programmer adalah mereka merasa bosan akan kegagalan-kegagalan yang mereka dapat sehingga membuat mereka muncul rasa malas dari kegagalan-kegagalan tersebut.

Itu adalah beberapa hal yang bisa membuat mood para programmer menjadi lebih baik. Dan dari mood yang baik akan membuat programming menjadi lebih menyenangkan

Referensi :

http://lifestyle.kompas.com/read/2013/07/16/2232426/16.Trik.Mengubah.Mood.Jadi.Positif.

Salah satu profesi yang mengandalkan hardskill yang saat ini cukup potensial adalah profesi sebagai programmer. Bagaimana tidak, selain karena sering kali profesi programmer ini biasanya memiliki gaji yang relatif tinggi juga kebutuhan akan profesi ini di industri tergolong tinggi. Sehingga hampir bisa dikatakan jika kita punya skill yang cukup baik dalam profesi ini, hampir mustahil untuk menganggur atau tidak memiliki pekerjaan.

Namun, didalam proses pembelajaran tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam mempelajari sebuah program. Sehingga menjadikan mereka ganpang untuk putus asa dan mulai malas untuk mempelajarinya lebih dalam lagi. Sebenarnya terdapat beberapa hal yang bisa kita pelajari untuk bisa membantu kita mengubah pola pikir kita bahwa progamming itu tidak sesulit yang kita bayangkan.

1. Kita harus bisa tertarik dan mulai penasar terlebih dahulu dengan programming. Karena dengan kita tertarik dengan sesuatu hal pasti akan membuat kita menjadi lebih bersemangat dalam mempelajarinya. Semua itu pasti akan membuat kita merasa lebih mudah untuk belajar.

2. Tentukan minat apa yang sebenarnya ingin kita buat dalam belajar pemrograman. Dengan itu akan memudahkan kita untuk mengetahui bahasa pemrograman yang seperti apa yang harus kita pelajari.

3. Mempelajari kkonsep dasar. Setelah memillih bahasa yang kita pelajari, pelajarilah konsep dasar dari bahasa pemrograman pilihan kita.

4. Selalu berlatih untuk membuat program. Cobalah untuk berfokus pada satu konsep dalam setiap waktu kita mencoba untuk membuat suatu progam sampai kita benar-benar paham dengan program tersebut.

5. Cobalah untuk membuat pemrograman setiap hari. Menguasai bahasa pemrograman memerlukan banyak waktu. Dengan berlatih setiap hari pasti akan memudahkan kita untuk terbiasa dengan masalah yang ada dalam sebuah pemrograman.

6. Berdiskusilah dengan orang lain dan bacalah program lain. Ada banyak komunitas pemrograman yang dikhususkan untuk disiplin atau bahasa tertentu. Menemukan dan berpartisipasi ke komunitas tersebut akan mempermudah proses belajar. Kita akan mendapat akses ke berbagai jenis contoh dan peralatan yang akan membantu proses belajar. Membaca kode dari pemrogram lain akan memberi inspirasi dan membantu kita untuk lebih memahami konsep yang belum kita kuasai.

7. Tantanglah diri sendiri agar proses belajar tetap menyenangkan. Cobalah melakukan hal yang belum kita ketahui caranya. Cari tahu cara melakukan suatu hal dan implementasikan pada programyang kita buat. Janganlah puas dengan program yang bekerja; lakukan apa pun untuk memastikan seluruh aspek program berjalan sempurna.

Dengan membiasakan diri untuk berlatih dan membuat diri agar selalu penasaran dan tentantang dengan programming akan membuat kita bisa lebih mudah dalam mempeljarinya.


Bagi sebagian orang programming merupakan hal yang menyenangkan, namun tidak sedikit pula yang mersa kesulitan dalam melakukannya. Khususnya bagi pemula yang tidak pernah tahu seperti apa caranya membuat program, dan belum mengenal bahasa pemrograman sama sekali. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar proses programming lebih mudah untuk dipelajari, diantaranya :

  • Belajar menyukai programming
    Hal pertama yang harus dilakukan sebagai pemula dalam programming adalah belajar untuk menyukai kegiatan tersebut, bukan sekedar melakukan programming karena tuntutan atau alasan tertentu. dengan menyukainya kita akan menaruh minat lebih untuk berusaha menguasainya, sehingga kita akan enjoy saat belajar. Anggaplah bahasa pemrograman seperti bahasa komunikasi pada umumnya hanya saja objek komunikasinya adalah computer.

  • Belajar dari dasar
    Tahapan belajar pemrograman juga perlu diperhatikan, pastikan untuk menguasai hal-hal dasar terlebih dahulu sebelum menuju ke sesuatu yang lebih kompleks. Pahami setiap langkah dan konsep dasar pada pemrograman apapun jenisnya. Belajar secara bertahap akan membantu untuk memperoleh pemahaman secara matang.

  • Sabar
    Ketika melakukan coding dan kita terus menerus melakukan kesalahan tentunya akan membuat rasa frustasi muncul. Saat itu terjadi tetaplah bersabar klasik memang namun, kesabaran sangat dibutuhkan apalagi dalam learning process. Istirahatlah sejenak dari kegiatan programming untuk merenungi dan menganalisi bagian yang terdapat kesalahan.

  • Membangun logika yang kuat
    Karena pemrograman merupakan kegiatan komunikasi dengan computer, dimana computer hanya bisa mengerti sesuatu yang bersifat logis dan analitis, maka sangat penting bagi seorang programmer untuk memiliki logika yang kuat. Logika yang kuat akan memudahkan dalam membuat program computer.

  • Ingatlah kamu tidak sendirian
    Sangat lumrah bagi seorang programmer merasa kesulitan khususnya bagi pemula, untuk itu tidak perlu merasa minder atau putus asa karena diluar sana banyak orang yang mengalami hal serupa, merasa programming itu susah, dan sering gagal. Namun, jangan karena banyak yang mengalami hal serupa malah membuat kita meremehkan untuk mempelajarinya lagi dan lagi, jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk tidak menyerah dan tetap berusaha.

Sumber :


https://www.quora.com/How-to-make-programming-language-easier-to-learn


Programming bisa dibilang mudah namun juga bisa dibilang sulit. Dalam melakukan programming kita seringkali mengalami kesulitan, khususnya bagi pemula. Untuk membuat programming terasa lebih mudah, kita bisa melakukan beberapa hal berikut yaitu :

  1. Kita harus mengerti apa programming itu sendiri.
    Kalau kita sudah mengerti apa itu programming dan apa fungsinya, maka kita akan lebih merasa terpacu untuk melakukan programming.

  2. Memilih bahasa pemrograman yang sesuai minat.
    Kamu bisa saja mempelajari semua bahasa pemrograman, namun alangkah lebih baiknya jika kamu memilih satu dulu bahasa pemrograman dan kuasailah secara mendalam.

  3. Bacalah buku panduan.
    Dalam programming akan ada bahasa yang belum kamu mengerti atau belum pernah kamu tahu sebelumnya, maka bacalah buku panduan agar kamu lebih mudah dalam belajar.

  4. Belajar menulis kode dan run kode tersebut.
    Mulailah belajar dengan membuat program sederhana seperti tulisan “Hello World” dan lain-lain.

  5. Cobalah kode sampel.
    Cobalah kode-kode sampel yang pernah dibuat oleh orang lain namun tulislah dengan caramu sendiri sehingga kamu labih mudah memahami.

  6. Carilah kesalahan-kesalahan dan debugging dalam suatu program.
    Dengan mencari masalah dan menyelesaikannya sendiri maka kita akan lebih mengerti tentang programming.

  7. Pelajarilah fundamentalnya.
    Dengan mempelajari fundamental dari suatu bahasa, maka kita tidak akan kaget apabila saat belajar bahasa yang lain nanti.

  8. Sering diskusi.
    Seringlah berdiskusi dengan orang-orang yang berkecimpung di dunia programming bisa membuat kita lebih banyak ilmu dan kita bisa lebih cepat belajar melalui mereka.

  9. Nyalakan passion.
    Tanpa passion kita ibarat belajar dengan terpaksa dan kondisi jiwa yang kosong. Hal ini membuat apa yang kita pelajari menjadi lebih sulit untuk masuk ke otak. Jadi nyalakan passionmu sekarang juga.

Sumber :