Hal-hal apa saja yang layak diketahui seputar galaksi Bima Sakti?

http://sains.me/sainsme/wp-content/uploads/2017/12/galaksi_bima_sakti.jpg

Sejauh yang bisa diteliti dan diukur dengan detail oleh manusia, terdapat tak kurang dari seratus miliar galaksi di alam semesta! Galaksi itu apa ya?

Pengertian sederhana dari galaksi adalah, sekumpulan material luar angkasa yang terdiri dari bintang, gas, debu, dan benda langit lainnya terikat oleh sebuah sistem gravitasi yang sama. Sistem tata surya kita, dengan matahari sebagai pusatnya, merupakan bagian dari sebuah galaksi yang diberi nama Bimasakti (atau Milky Way, dalam bahasa Inggris).

Galaksi Bimasakti, rumah kita

Seperti halnya banyak galaksi lain, Bimasakti berbentuk spiral, dengan dua lengan utama (major arms), dan dua lengan minor (minor arms). Letak tata surya kita, Matahari dan planet-planet pengiringnya terdapat di salah satu lengan minor bernama Orion. Lengan (atau sabuk) Orion ini terletak di antara dua lengan utama yaitu lengan Perseus dan lengan Sagitarius. Bimasakti terdiri dari miliaran bintang yang, banyak di antaranya, lebih besar dan lebih tua dari matahari kita. Diameter Bimasakti adalah 100.000 tahun cahaya dan tebalnya seribu tahun cahaya. Di pusat galaksi ini dipercaya terdapat lubang hitam yang sangat masif, orang-orang menyebutnya dengan “supermassive black hole“.

Apakah galaksi bergerak? Jawabannya adalah iya. Semua galaksi bergerak, baik gerak memutar (spinning), ataupun gerak berjalan melintasi alam semesta. Dalam perjalannya ini diperkirakan galaksi Bimasakti akan menabrak galaksi tetangga terdekatnya bernama Andromeda. Dengan menghitung jarak dan kecepatan laju galaksi, tabrakan besar itu diperkirakan akan terjadi empat miliar tahun yang akan datang. Namun pada masa itu diperkirakan pula matahari telah mengalami evolusi dan membesar menjadi bintang merah raksasa (red giant). Hal ini tentu saja membuat Bumi sudah bukan lagi planet yang bisa ditinggali.

Sumber:
sains.me