Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan selama masa perkuliahan ?

kuliah

Banyak dari kita yang belum membuat planning atau perencanaan yang matang untuk diri kita sendiri pada saat menimba ilmu. Saya sangat mengharapkan saran serta pesan dari kalian semua yang besedia membantu saya dalam hal ini.

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan selama masa perkuliahan ?

Kuliah adalah masa paling potensial yang ada di hidup. Pada masa ini kita bisa melakukan banyak hal untuk mengembangkan diri dan menciptakan banyak prestasi. Kesempatan terbuka begitu lebar dan datang secara tidak terbatas. Dan berikut adalah beberapa rencana saya untuk dapat memanfaatkan waktu kuliah dengan sebaik mungkin :

  1. Menambah Relasi dan Belajar Bekerjasama Dengan Bergabung di Organisasi

    Bergabung dengan organisasi sudah tidak diragukan lagi akan memberikan keuntungan yang sangat banyak. Mulai dari belajar bekerjasama, menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan memperluas jaringan pertemanan. Karena begitu bermanfaatnya, pengalaman dan kemampuan berorganisasi juga menjadi salah satu poin penting yang diperhatikan perusahaan saat memilih calon pekerjanya.

  2. Mulai Banyak Membaca

    Menghadiri kelas setiap hari tadak akan cukup untuk menjadi bekal saat bekerja nanti. Banyak ilmu ilmu penting yang tidak disampaikan di kelas namun masih bisa mendapatkannya dengan membaca buku. Semakin banyak buku referensi yang di baca akan semakin baik karena hal itu akan menambah wawasan.

  3. Mengasah Kemampuan Lain di Luar Bidang Kuliah

    Berkuliah di jurusan Teknik Informatika tentu saja akan mempelajari tentang membuat suatu program. Namun memiliki sklill programmer saja tidaklah cukup. Dunia kerja membutuhkan lebih dari itu, karena itu mengembangkan kemampuan di bidang lain juga sangat penting. misalnya, salah satu kelemahan orang IT adalah mereka tidak terlalu pandai dalam melakukan publik speaking. Oleh karena itu mengembangkan kemampuan public speaking ini sangat penting karena hal ini dapat melancarkan proses negosiasi.

  4. Mencari Pengalaman dari Bekerja Paruh Waktu

    Langsung mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah memang dambaan semua orang. Tapi urusan pekerjaan bukan hanya sekadar IPK tinggi atau keahlian dasar yang dimiliki semua orang. Pengalaman, mental, dan kemampuan mengorganisir yang baik juga memegang peranan yang besar untuk kamu bisa mendapatkan pekerjaan impian. Pengalaman, mental, dan kemampuan mengorganisir tidak bisa didapat dengan instan. Oleh karena itu, salah satu cara supaya bisa mendapatkan keahlian ini adalah dengan mencoba bekerja paruh waktu.

  5. Mulai Berwirausaha

    Saat ini lapangan pekerjaan semakin sempit. Banyak sarjana yang juga masih menjadi pengangguran. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mencoba membuka peluang usaha sendiri. Menjadi mahasiswa bukan menjadi penghalang untuk dapat berwirausaha, jangan menunggu lulus dahulu baru membuka usaha. Menjadi mahasiswa adalah saat-saat dimana ide-ide segar dan unik muncul.

Setelah lulus kuliah, ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum saya memasuki dunia kerja. Dan berikut adalah rencana saya setelah lulus kuliah :

  1. Melanjutkan Wirausaha Sambil Mencari Pekerjaan

    Walaupun sudah lulus dari bangku kuliah, wirausaha tetaplah penting. Mungkin usaha yang dijalankan belum besar tetapi tidak ada salahnya untuk terus berusaha. Selain itu dengan terus mencari pekerjaan baru akan dapat menambah kemampuan kita di bidang bidang lainnya yang tentunya juga akan sangat bermanfaat untuk usaha kita sendiri.

  2. Terus Mencari Relasi Sebanyak Mungkin

    Dalam dunia pekerjaan, mendapatkan relasi sangatlah penting. Karena ketika kita berwirausaha, kita akan membutuhkan relasi untuk membantu usaha kita. Relasi tidak didapatkan dengan mudah, oleh karena itu dengan terus mencari relasi akan sangat berguna untuk perkembangan usaha kita selanjutnya.

  3. Melakukan Investasi

    Setelah menjalankan wirausaha dan mendapat pekerjaan baru, tidak ada salahnya untuk melakukan investasi. Investasi sangat penting karena kita pasti memiliki kebutuhan-kebutuhan maupun keinginan-keinginan yang jumlahnya sangat banyak. Sebagian kebutuhan atau keinginan itu tak akan bisa terpenuhi jika kita hanya mengandalkan arus dana dari gaji saja.

  4. Sekolah Lagi

    Belajar dan terus belajar, belajar itu tak ada batasnya. Jadi tidak ada salahnya kita sekolah kembali.


Sumber:http://akademik.fisipol.ugm.ac.id/akademik/sites/default/files/styles/slide_page_display/public/89wisuda_unri.jpg?itok=ZTpbDufi

Kuliah adalah masa paling potensial yang ada di hidupmu. Pada masa itu, kamu bisa melakukan banyak hal untuk mengembangkan diri dan menciptakan banyak prestasi. Kesempatan terbuka begitu lebar dan datang padamu secara tidak terbatas. Untuk itu, kamu tak boleh membiarkan kesempatan ini lewat begitu saja.

Banyak hal yang harus kita persiapkan pada masa perkuliahan dan setelah masa perkulihan. untuk itu kita tidak bisa bermain main dalam masa kuliah ini. Buang jauh-jauh rasa malasmu. Tinggalkanlah zona nyaman yang selama ini kamu huni. Manfaatkan kesempatan-kesempatan yang ada dan jadikan itu sebagai target yang harus kamu penuhi sebelum status mahasiswamu berakhir. Tidak hanya untuk memenuhi ambisi; ini soal pengayaan diri.

Berikut adalah Beberapa Hal yang harus kamu lakukan sebelum kamu lulus

  1. Belajar Makna Kerjasama, Ketangguhan Tekad, dan Perjuangan Mencari Uang Dengan Bergabung di Organisasi
    Bergabung dengan organisasi sudah tidak diragukan lagi akan memberikan keuntungan yang banyak untukmu. Dari mulai melatihmu dalam bekerja secara tim, menumbuhkan jiwa kepempinan, mengasahmu untuk menjadi lebih peka dan kritis dengan keadaan, hingga memperluas jaringan pertemanan. Begitu bermanfaatnya, pengalaman dan kemampuan berorganisasi menjadi salah satu poin penting yang diperhatikan oleh banyak perusahaan dari para calon pekerjanya.

  2. Fasih Berbahasa Asing di Luar Bahasa Inggris.
    Mampu berbahasa Inggris dengan baik sudah tidak lagi menjadi hal yang mengagumkan saat ini. Hampir seluruh orang mempelajarinya. Walaupun kemampuanmu nyaris menyamai sang pemiliki bahasa, tidak ada yang membuatmu berbeda.Saat ini, sudah banyak orang yang menambah kemampuan berbahasanya dengan mempelajari bahasa lain selain Inggris. Kamu juga jangan sampai ketinggalan. Pelajari bahasa asing lain yang dapat memperkaya kemampuan dirimu.

  3. Membaca Tidak Lagi Hanya Kewajiban yang Harus Dijalani, Melainkan Juga Hobi Pribadi
    Saat kuliah, kamu dipaksa untuk membaca puluhan diktat dan jurnal kuliah. Mau tidak mau kamu harus membacanya karena kalau tidak, bisa jadi kamu tidak akan paham materi yang sedang dipelajari. Awalnya memang memuakkan, membaca materi kuliah yang begitu banyak dan menumpuk. Tapi jika dilakukan dengan perasaan yang berat dan terpaksa, membaca akan semakin sulit untuk dilakukan.

  4. Mengasah Kemampuan Lain di Luar Bidang Kuliah
    Berkuliah di jurusan Teknik Elektro, tentulah kamu ahli tentang konsep sirkuit. Kamu yang berkuliah di jurusan Ekonomi, sudah pasti kamu cermat dan pandai dalam urusan keuangan. Berkuliah di jurusan yang kamu tekuni memang memberikan keahlian khusus tersendiri, yang pastinya berhubungan dengan bidang peminantanmu. Tapi kalau hanya keahlian itu saja yang kamu miliki, tidak ada ciri khas yang akan membuatmu menjadi berbeda di antara teman-teman satu jurusanmu.
    Untuk itu, keahlian lain di luar bidang peminatan kuliahmu perlu untuk kamu miliki, yang tentu saja bisa kamu aplikasikan pada bidangmu. Misalnya, kamu yang mempelajari marketing perlu untuk menambah kemampuan public speaking demi melancarkan proses negosiasi.

  5. Rajin Datang ke Seminar atau Kuliah Umum
    Pelajaran, baik mengenai bidang kuliah maupun bidang umum, tidak hanya bisa kamu dapatkan di dalam kelas saja. Bahkan seringnya, belajar di dalam kelas tidaklah cukup. Kamu perlu untuk mencari wadah lain untuk menggali banyak pengetahuan, salah satunya dengan mengikuti seminar atau kuliah umum dari para praktisi.

  6. Menjajal Pengalaman dari Bekerja Paruh Waktu
    Pengalaman, mental, dan kemampuan mengorganisir tidak bisa didapat dengan instan. Salah satu cara supaya kamu bisa mendapatkan keahlian ini adalah dengan menjajal pekerjaan paruh waktu selama masih menjadi mahasiswa. Memang tidak harus berhubungan dengan bidangmu, tapi jika mendapatkan yang sesuai pasti akan lebih baik lagi. Melalui pekerjaan paruh waktu kamu tidak akan hanya menambah pundi uang dalam tabungan, pengalaman, dan keahlian pendukung lainnya. Kamu juga dapat merasakan bagaimana susahnya orangtuamu dalam mencari nafkah dan akan semakin bijak dalam menggunakan uang bulanan yang dikirimkan oleh mereka.

  7. Menguasai keahlian dibidang peminatan kuliah
    Penting sekali bagi kita untuk menguasai keahlian dan berbagai kemampuan dari program studi atau peminatan yang kita tempuh saat kuliah, karena sejatinya itulah yang akan menjadi dasar dari diri kita dalam dunia pekerjaan.

Setelah masa perkuliahan selesai akan banyak pilihan yang akan datang kepadamu. mulai dari

  • memburu pekerjaan

  • menjadi freelancer

  • menikah

  • membuka usaha sendiri

  • melanjutkan studi

Semuanya adalah pilihan dirimu sendiri. hanya andalah yang mengetahui jalan terbaik mana yang harus anda tempuh. ketahuilah bahwa setiap tindakan memiliki kekurangan dan kelebihan , maka dari itu putuskan lah masa depanmu dengan baik. Masa Perkuliahan begitu singkat. waktu dapat berjalan cepat sekali . ketika kita tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik - baiknya maka yang akan terjadi hanyalah penyesalan saja. maka dari itu manfaatkan lah waktumu selam kuliah sehingga niscaya engkau akan menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat bagi semua orang.

image
Sumber: https://www.teachervision.com/sites/default/files/collection-item/inspirational-education-quotes-slide-1.jpg

Daftar Pustaka :