Hal-hal apa saja yang harus diketahui selama wisata dengan kapal pesiar?

kapal pesiar

Liburan menggunakan kapal pesiar sangatlah menyenangkan. Tapi hal-hal apa saja yang harus diketahui selama dalam pelayaran di dalam kapal pesiar?

Hal-hal yang harus kamu tahu selama dalam pelayaran di dalam kapal pesiar.

1. Check In
Tentunya hari ini, adalah hari yang sangat kamu tunggu kan? Yes! Kamu akan memulai jalan-jalanmu dengan Kapal Pesiar. Jadwal check in kapal pesiar dibuka 6 jam sebelum keberangkatan. Jadi, kalau kamu tidak ingin ketinggalan kapal pesiarnya atau tidak mau antri terlalu di urutan paling belakang, maka kamu harus memperhitungkan waktu supaya bisa stand by di port keberangkatan, sebelum jam check in dibuka. Penumpang bisa ribuan jumlahnya. Jadi, yang sabar ya!

2. Luggage Tag
Di dalam pintu keberangkatan, ada petugas yang akan memeriksa passport, tiket, dan barang bawaan atau koper kamu. Segera setelah mendapatkan luggage tag, pasanglah pada kopermu, karena setelah itu koper-koper itu akan diserahkan kepada petugas bag drop. Nantinya, koper-koper itu akan diantar ke kamar masing-masing penumpang sesuai dengan nama dan nomor kamar di luggage tag-nya. Tapi, kalau kopermu kecil, kamu bisa membawanya sendiri, kok!

3. Onboard Access Card
Setelah proses check in dan penitipan bagasi, maka kamu akan melewati pemeriksaan x-ray di bagian Imigrasi. Di pemeriksaan ini, paspor kamu akan ditukar dengan Onboard Access Card. Kartu ini adalah “kartu sakti” selama kamu di dalam kapal pesiar. Mengapa? Karena kartu ini akan kamu gunakan untuk akses keluar masuk kapal, sebagai kunci kamar, dan alat bayar ketika melakukan transaksi di kapal. Kartu itu tidak boleh sampai hilang, karena pada waktu check out harus ditukar kembali dengan passport aslimu.

4. Stateroom
Setelah proses check in yang sangat panjang dan melelahkan karena lama dan harus sabar bergantian dengan sekian ribu penumpang, akhirnya kamu menginjakkan kaki di dalam kapal pesiar yaitu di stateroom (kamar) yang kamu pesan. Ada banyak pilihan kamar, dan semuanya tergantung budget kamu. Ada kamar inside stateroom, ocean view stateroom, balcony stateroom, dan bahkan yang paling mewah di suite stateroom. Masing-masing kamar memiliki spesifikasi dan fasilitas yang berbeda. Sembari beristirahat di dalam kamar, maka kamu dapat membaca buku panduan yang dibagikan oleh petugas di depan pintu masuk kapal pesiar tadi.

5. Buku Panduan
Baca buku panduan dengan seksama, karena disana ada informasi yang perlu kamu tahu tentang beberapa hal penting yaitu :

Sumber: